Rabu, 23 Oktober 2019
Bisnis

Ingin Menjadi Entrepreneur, 7 Pola Pikir Berikut ini Wajib Kamu Miliki

Image: shutterstock

Pada tulisan ini saya akan memaparkan 7 pola pikir yang wajib dimilki calon entrepreneur, bagi kamu yang lagi baca artikel ini ingat-ingat lagi apakah kamu sudah mempunyai ketujuh pola pikir berikut ini, kalau belum! semoga artikel ini bisa mengubah pola pikir kamu dan membuat kamu tambah sukses, yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Selalu Mencari dan Melihat Kesempatan

Seorang entrepreneur tidak boleh malas untuk mencari sesuatu yang lagi tren, seperti contoh ada masanya dimana sneaker dengan design dan bahan tertentu membuat harganya melambung tinggi, nah kalau kalian malas mencari tahu maka sudah pasti kalian tidak mempunyai kesempatan tersebut dan tentu membuat  usaha Kamu begitu-begitu saja tidak ada perkembangan, para pembeli akan lebih memilih toko/penjual yang update tentang produk. Entrepreneur yang rajin membaca dan jeli melihat kesempatan maka memiliki kesempatan untuk sukses cukup besar.

2. Memahami Bahwa Inovasi Adalah Kunci Sukses

Kamu sebagai entrepreneur wajib memiliki poin kedua ini kalau ingin sukses besar, kalau kamu tidak mau memahami inovasi maka sudah bisa dipastikan usaha kamu tidak akan bertahan lama, kecuali kamu bergerak dibidang jasa atau menjual kue dan hal lainnya yang tidak terlalu banyak menuntut inovasi. Tidak usah jauh-jauh, dijaman super canggih seperti sekarang ini coba Kamu lihat dan perhatikan disekeliling kamu pasti mereka mempunyai smartphone yang keren-keren dan harganya sangat mahal, para produsen handphone seperti Samsung, Apple dan lainnya tidak henti-hentinya mengeluarkan produksi model terbaru dengan tambahan fitur-fitur canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai, coba kamu bayangkan seandainya produsen ini tidak ingin berinovasi sudah pasti bangkrut, contohnya saja yang pernah terjadi pada NOKIA, walaupun mereka sekarang sudah mulai bangkit kembali.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Perumahan Syariah Yang Menjanjikan Bagi Anda Developer

3. Selalu Menciptakan Nilai

Saya pribadi tipe orang yang ketika membeli sesuatu seperti pakaian atau handphone sangat mengutamakan kualitas dan harga nomor dua, karena bagi saya kualitas adalah segalanya, ketika membeli sesuatu bisa bertahan lama ada kepuasan batin dan saya merasa sangat diuntungkan dengan produk tersebut. Apalagi kalau Kamu sebagai entrepreneur bisa memberikan kualitas produk yang bagus dan harga bersaing sudah pasti usaha kamu akan sangat maju, karena bagi pelanggan bukan hanya Inovasi tapi kualitas juga sangat penting. Sebagai contoh Hp Iphone kenapa banyak yang membeli walaupun harganya cukup mahal, padahal kalau dibandingkan dengan hp Android cukup banyak diluar sana yang speknya lebih tinggi dan harganya lebih murah dari Iphone tapi mereka tetap memilih Iphone, karena iphone mempunyai nilai seperti OS-nya yang mudah digunakan, Data kita aman, kamera yang sangat bagus, terus siapapun yang menggunakan Iphone dapat menggambarkan kelas sosialnya, karena rata-rata pengguna Iphone masyarakat kelas atas, seperti artis rata-rata menggunakan Iphone.

4. Menerima Diri Apa Adanya

Setiap kita pasti ada kekurangan, seperti mungkin selalu gugup kalau berdiri di depan orang banyak, latah, emosional dan hal lainnya, itu semua kekurangan Kamu yang bisa menjadi kelemahan kamu. Oleh karena itu kamu sebagai entrepreneur harus menerima diri apa adanya, karena semua itu bisa di rubah. Gugup bisa kamu hilangkan dengan sering berlatih dan memberanikan diri berdiri didepan orang rame, termasuk yang lainnya seperti latah dan emosional. Karena hal itu sangat membantu dalam menghadapi rasa takut, khawatir, bahkan menghadapi kegagalan.

5. Membangun Jaringan

Entrepreneur akan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang positif, yang mampu memberi masukan, dukungan, dan menginspirasi. Sebagai entrepreneur kamu harus membangun jaringan kamu seluas luasnya dengan pengusaha atau orang-orang positif lainnya supaya bisnis yang lagi kamu jalankan semakin maju dan dikenal banyak relasi.

Baca Juga :  13 Pantangan dalam Bisnis Yang Tidak Boleh Dilakukan

6. Memiliki Rencana dan Tujuan Jangka Panjang

Bagian ini bisa disebut sebagai cita-cita yang ingin diraih, sebagai entrepreneur Kamu harus punya planning jauh kedepan untuk bisnis yang lagi Kamu jalankan supaya tidak berhenti ditengah jalan, kamu bisa menyusun semua rencana/planning kamu dimana suatu hari nanti akan terwujud, sebagai contoh mungkin kamu ingin lima tahun kedepan usaha kamu punya 100 cabang diseluruh Indonesia dan bahkan mungkin sampai keluar negeri, nah hal itu harus terwujud dengan cara kerja keras.

7. Optimis dan Berani

Kebanyakan orang senang berpikiran negative yang jauh lebih mudah, sementara entrepreneur tidak membiarkan pikiran tersebut memenuhi kepalanya. Ia lebih memilih berpikiran positif yang dapat membangkitkan rasa optimis di dalam dirinya sehingga ia bisa menjalani hidup dan bisnisnya dengan lebih berani, termasuk berani menerima dan menghadapi tantangan, resiko, dan kegagalan, sekaligus mencari solusi untuk mengatasinya.

Itu dia artikel tentang Ingin Menjadi Entrepreneur, 7 Pola Pikir Berikut ini Wajib Kamu Miliki, semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan menambah wawasan kamu, ada tambahan sila di kolom komentar.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Only I can change my life. No one can do it for me.