Rabu, 22 Mei 2019
BisnisPendidikan

Konsep Manajemen Dalam Perusahaan: Pengertian Motivasi, Proses Motivasi, dan Kepemimpinan

Dalam memanajemen sebuah perusahaan, sorang manajer atau pimpinan harus memiliki motivasi dalam memimpin perusahaaannya. DIsamping itu ia harus memahami karakter pegawai nya agar ia memahami kekuatan dan kelemahan dari setiap pegawainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang definisi motivasi dalam konsep manajemen perusahaan. kemudian kita juga akan membahas tentang apa apa saja proses motivasi dalam perusahaan. dan yang terakhir adalah faktor apa saja yang mempengaruhi kepemimpinan.

DEFINISI MOTIVASI

definisi motivasi
Foto: Pexels.com

Didalam konsep manajemen prilaku, kata motivasi didefinisiskan sebagai semua upaya untuk memunculkan dari dalam semangat orang lain/ bawahan agar mau berkerja keras guna mencapai tujuan organisasi melalui pemberian atau penyediaaan pemuasan kebutuhan mereka.

Seorang manajer harus mengenal konsep motivasi agar bisa memahami bahwa bawahan juga manusia seperti dirinya yang memiliki martabat, harga diri, kepribadian, emosi, keyakinan, kepercayaan, keinginan dan harapan. Jadi manajer akan senantiasa memotivasi diri dan bawahannya, dan menjadikan bawahan sebagai partner kerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan.

PROSES MOTIVASI

Ada tiga unsur dari proses motivasi dasar yaitu yang perlu diketahui;

Pertama yaitu Kebutuhan. Dengan adanya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia secara terus menerus karena kebutuhan yang tidak akan pernah habis, menjadi prioritas dalam kehidupan manusia. Kita juga harus memprioritaskan kebutuhan mana yang harus dicapai terlebih dahulu, sekali kebutuhan terpenuhi maka manusia akan membuat kebutuhan yang baru dan semakin meningkat.

Kedua yaitu Dorongan. Dorongan merupakan keadaan atau keinginan kuat yang ada pada diri seseorang dan menjadi tenaga penggerak dalam sebuah aktivitas manusia serta mengarahkan prilaku individu kearah yang telah ditetapkan. dorongan ini bisa berasal dari internal seperti pemahaman dan pemikiran tentang sesuatu, bisa juga dari eksternal yaitu dorongan yang berasal dari luar diri seseorang. semakin tinggi dorongan maka akan semakin tinggi kinerja dan sinerji seseorang dan begitupula sebaliknya.
Yang ketiga adalah Tujuan. Tujuan akhir dari motivasi adalah tercapainya suatu keinginan sehingga tujuan dapat dijadikan arah dari semua prilaku dan tindakan orang yang berda dalam perusahaan. dengan tercapainya tujuan maka akan tercapailah keseimbangan fisiologis dan psikologis seseorang. ketika tujuan belum tercapai maka setiap orang akan bekerja keras untuk dapat meraih tujuannya.

Manajemen yang efektif perlu mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi prilaku seseorang khususnya di dalam lingkungan kerja. seperti faktor yang melekat pada diri seseorang (prilaku/ karakteristik pribadi) dan faktor lingkungan.

Baca Juga :  Nurana Indah Paramita – Menerangi Pulau dengan Turbin Pembangkit Listrik Arus Laut
Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi kepemimpinan. Kita akan membahasnya di bawah ini:

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN

pemimpin
Foto: Pexels.com

Seorang pemimpin berprilaku tidak sama antara pemimipin yang satu dengan yang lainnya dikarenakan ada berbagai faktor yang mempengaruhi, yaitu;

Sistem Nilai yang Berlaku dan Diyakini. Setiap inidvidu sudah tertanamkan prilaku dari kecil sampai dewasa, ditanamkan berbagai nilai oleh orangtua, keluarga, guru, dan lingkungan sekitar.

Kemampuan Kognisi. Kemampuan kognisi meliputi kecerdasan dan kecekatan di dalam memahami dan menghayati sesuatu.

Latar Belakang Pendidikan. Tahap pendidikan yang dilalui seseorang akan mempengaruhi gaya kepemimpinannya.
Derajat Ketergantungan. Umumnya manajer atau pemimpin sebuah perusahaan bukanlah pemilik bisnis tersebut. jadi ketergantungan pemimpin akan sangat berpengaruh pada gaya kepemimpinan seseorang dalam perusahaan. semakin tergantung seseorang pada perusahaan maka akan semakin hati-hati dalam mengelola perusahaan tersebut.

Kebutuhan dan Dorongan. Kepemimpinan juga dipengaruhi oleh kebutuhan yang ada pada diri pemimpin. Dorongan yang semakin kuat akan berpengaruh kepada gaya dan kinerja seseorang pemimpin.

Kepribadian. Ini berkaitan dengan pembawaan lahir yang dibentuk oleh lingkungan, lingkungan yang kuat akan berpengaruh pada kepribadian seseorang.

Pengaruh Bawahan. Pemimpin yang efektif umumnya akan bertindak berdasarkan pertimbangan situasional, misalnya bawahan yang bandel akan diperlakukan berbeda dengan bawahan yang baik dan disiplin.

Sifat dan Jenis Tugas/ Pekerjaan. Pemimpin yang sering dihadapkan dengan pekerjaan yang sulit dan banyak biasanya akan membentuk tindakan yang proaktif dan cekatan.

Dukungan Manajemen. Manajemen yang menerapkan sistem penghargaan yang baik akan memepengaruhi kinerja pimpinan dan bawahannya.

Budaya perusahaan. Budaya perusahaan yang sehat akan memunculkan pemimpin yang terbuka, cekatan, responsif terhadap lingkungan serta memiliki kinerja yang tinggi. biasanya budaya perusahaan dibentuk oleh para pendidri perusahaan tersebut.
Nah itu dia sedikit penjelasan tentang definisi motivasi dalam perusahaan dan apa saja faktor yang mempengaruhi kepemimpinan. Semoga bermanfaat.
Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer