Jumat, 23 Agustus 2019
Bisnis

Peluang Bisnis Perumahan Syariah Yang Menjanjikan Bagi Anda Developer

Foto: Pexels.com

Perumahan syariah merupakan impian bagi setiap Muslim. Bagaimana tidak, hidup dilingkungan yang nyaman, aman, dan membawa kemashlahatan/ kesejahteraan bagi penghuninya merupakan keinginan yang harus tercapai bagi semua orang. Sekarang perumahan syariah tidak hanya sebagai wacana namun sudah menjadi fenomena. Perumahan Syariah akan tumbuh beriringan dengan tumbuhnya bisnis ril syariah dalam sistem Ekonomi Islam, fenomena ini akan menjadi trend dan boming karena kecendrungan dorongan dan kesadaran umat muslim untuk berIslam secara kaffah.

DEFINISI PERUMAHAN SYARIAH

Foto: Pexels.com
Apa itu perumahan syariah? dan bagaimana konsep perumahan atau hunian Islami ? Banyak yang mendefinisikan tentang perumahan syariah yaitu; perumahan syariah adalah perumahan yang dihuni seluruhnya oleh orang Muslim, dan jika rumah tersebut dijual ke tangan ke dua atau disewakan oleh pemilikinya, mereka sudah menyepakati perjanjian bahwa pihak kedua baik pembeli maupun penyewa harus berstatus Muslim. Jadi dapat kita pahami bahwa perumahan syariah ini sangat eksklusif.
Ketika kita ingin membeli rumah, tidak hanya mempertimbangkan lokasi, desain rumah, dan harga rumah. Tetapi kita juga bertanya siapakah yang akan menjadi tetangga dan lebih nyaman jika tetangga kita seiman. ada pula yang menjelaskan bahwa perumahan syariah adalah perumahan yang memiliki mushalla didalamnya, WC yang tidak menghadap kiblat, dinding yang bertabur kaligrafi, ada keran wudhu, dan desain rumah yang melindungi aurat penghuninya (tamu tidak bisa melihat ruang-ruang privat).
Dalam fikiran penulis, komplek perumahan syariah akan menyediakan mesjid atau musholla, taman pendidikan Al-Qur’an, adanya majlis-majlis ta’lim, dan kolam renang yang memisahkan laki-laki dan perempuan. Dan jika disekitaran ada non muslim yang bermukim maka tidak membuat kebaktian dirumahnya serta tidak memelihara anjing. Perumahan syariah mengisi nilai-nilai Islam tegak didalamnya, tidak ada peredaran atau pemakai narkoba/minuman keras, tidak ada seks bebas, tidak ada kemaksiatan lainnya.

ARSITEKTUR DAN KONSEP PERUMAHAN SYARIAH

Foto: Pexels.com
Tidak kalah menariknya, perumahan syariah memiliki arsitektur yang berkonsep from follow function yang artinya bentuk mengikuti fungsi. Fokus pada fungsi rumah dalam kehidupan, tidak larut dalam perkembangan seni arsitektur Barat tidak juga berkiblat pada arsitektur Timur Tengah.
Tetapi dalam mebangun rumah harus didesain sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan oleh penghuninya.  Konsep perumahan syariah mensyaratkan aqad penjualan dan pembelian ( murabahah ) harus menggunakan akad-akad syariah. otomatis yang mengambil peran untuk menggandeng developer adalah bank-bank yang berlabel syariah.

RUMAH FISIK, ROHANI, DAN SOSIAL

Rumah fisik adalah bangunan rumah yang sejatinya mencerminkan tegaknya nilai-nilai syariat Islam. Tidak berarti mewah, tidak pula cukup sederhana tetapi rumah yang wajar dan nyaman bagi penghuninya. Adapaun rumah rohani adalah rumah yang dapat memenuhi spiritual penghuninya. Rumah yang didalamnya ada kasih sayang, kedamaian, ketentraman, saling menghargai, saling menjaga kebersihan dan penting untuk saling mengembangkan potensi.
Perumahan syariah
Foto: Pexels.com
Jadi rumah ruhani itu tidak ada didalamnya penghuni yang tersiksa atau tertindas. Seperti yang kita sering dengar baiti jannati rumahku adalah surgaku. Rumah yang penghuninya saling mendekatkan diri pada Allah dan saling mendampingi ke syurga.
Sedangkan rumah sosial adalah rumah yang memberi kemashlahatan/ kesejahteraan bagi orang-orang yang berada disekitarnya. Siapa saja yang datang berkunjung akan merasakan nyaman, rumah yang siapa saja yang datang dengan perut lapar maka keluar dengan perut kenyang, datang  dengan air mata, kembali dengan keadaan senyum.
Rumah yang suasananya hangat dan menginspirasi siapa saja yang berkunjung. Lingkungan perumahan syariah tinggi akan kepedulian sosial. Kemudian ada lembaga keuangan syariah seperti BMT (bait al-mal wa tamwil) yang bisa memberdayakan ekonomi masyarakat lemah. Terdapat pelayanan kesehatan bagi orang yang tidak mampu dan juga fasilitas pendidikan yang bernuansa Islami tanpa membedakan suku, agama, dan ras.
Sehingga terwujudlah kemashlahatan dalam bingkai rahmatan li al’alamin. Yang terkahir, perumahan syariah harus berpihak kepada alam, maksudnya adalah perumahan yang ramah lingkungan, tidak menyebabkan banjir dan kehadirnya tidak merusak ekosistem disekitarnya.

Perumahan Syariah Merupakan Peluang Bisnis Menjanjikan.

Perumahan syariah bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan karena jika dilihat dari mayoritas penduduk muslim di Indonesia dan dorongan atau keinginan untuk bermukin di dalam perumahan syariah lebih besar. Seperti yang penulis katakan diatas, pertumbuhan bank syariah menjadi seirama dengan menjamurnya pembangunan perumahan syariah, para pebisnis muda / entrepreneurship bisa bekerjasama dengan bank-bank syariah dalam memudahkan nasabah Muslim untuk memiliki rumah hunian Islami tersebut.

Baca Juga :  11 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet 2018
Jika Muslim tidak dapat membeli rumah dengan cash pada pembuat perumahan maka bisa melalui bank syariah. Jadi developer atau pembuat rumah menjual kepada bank kemudian bank membeli dan menjual pada kita dengan kredit. Bank syariah akan mengambil keuntungan dari penjualan rumah dengan menentukan margin di awal dan menjelaskannya pada nasabah dengan detail.

Kesimpulannya, pengusaha Muslim di Indonesia harus jeli terhadap peluang ini jangan sampai diambil alih oleh pengusaha non Muslim atau yang berwarganegara bukan Indonesia. Maka sangat disayangkan jika hal itu terjadi. Penulis yakin bahwa bisnis perumahan syariah ini akan menjadi trend kedepan dan terus akan tumbuh asalkan tetap mempertahankan keIslamian dalam hunian tersebut.

Ref: Tarigan, Azhari Akmal. Dari Etika Ke Spiritualitas Bisnis. Medan: Perdana Mulya Sarana. 2014

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer