Friday, 22 March 2019
BudayaInspirasi

3 Cara Untuk Tetap Terjaga Ketika Sedang Belajar

Sering diantara kita sebagai pelajar saat belajar akan mengantuk dalam hitungan menit. Menguap berkali-kali, hingga tertidur saat belajar. Belajar adalah sebuah pekerjaan yang sangat sulit di dunia. Namun pernahkah kamu menanyakan bagaimana cara untuk tetap terjaga saat kita sedang belajar, atau mungkin setidaknya kita mencari tau bagaimana cara agar tetap fokus saat belajar. Apapun itu jawaban nya belajar dengan giat itu sangat penting. dan di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar tetap terjaga saat sedang belajar.

Sepintas agar kamu tetap terbangun ketika sedang belajar adalah dengan cara makan makanan yang sehat, minum air putih yang cukup, dan minum kopi jika kamu suka. Atau kamu juga bisa mencoba dengan rutintas tidur siang yang cukup, olah raga yang cukup dan tentukan waktu belajar yang kamu sukai sehingga hal tersebut akan membantu kamu fokus saat belajar.

Berikut akan saya jabarkan lagi bagaimana cara kita bisa tetap terbangun atau terjaga saat sedang belajar sehingga kita bisa fokus belajar.

1. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Saat Belajar

Sumber photo: pixabay.com

Untuk tetap fokus saat belajar, mungkin kamu bisa mengunyah permen karet atau sejenis permen. Dengan mengunyah permen karet atau permen akan membuat otak kita tetap bekerja. Selain itu kita juga bisa mengunyak kacang-kacangan dikarenakan tinggi akan protein sehingga bisa menambah energy kamu saat belajar. Makanan kaya protein akan lama di olah oleh tubuh, makanya kacang-kacangan atau daging cocok untuk pelajar seperti kamu.

Minum air putih setiap sejam atau dua jam sekali. Dengan meminum air putih segelas penuh setiap satu jam atau dua jam sekali akan melancarkan peredaran darah kamu ke otak dan akan membuat kamu tetap bersemangat. Hindari minuman ber-alkohol atau minuman ber-karbonate (soft drink). Minuman-minuman yang mengandung alkohol dan soda membuat otak kita tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Download e-book Akademik dan Novel Secara Gratis

Sebagai gantinya mungkin kamu bisa minum kopi atau teh saat belajar. Kedua minuman tersebut mengandung kafein yang mampu membuat kami terbangun / terjaga saat belajar. Satu gelas / mug kopi atau teh bisa menjadi teman setia mu saat belajar. Apakah kamu perlu rekomendasi kopi? coba kopi Gayo dari Aceh.

2. Mengatur Jadwal Belajar Agar Tetap Fokus

Sumber photo: pexels.com

Belajar selama 25 menit dan break (istirahat) selama 5 menit jika kamu suka dan melanjutkannya lagi. Ulang  interval kegiatan itu selama yang kamu suka / sanggup. Saat break 5 menit, kamu bisa melakukan hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran yang sedang kamu pelajari, misalnya menonton video lucu di You Tube.

Istirahatlah selama 30 menit jika kamu sudah belajar hingga 2 jam. Dan jika kamu sudah belajar hingga 5 jam, ada baiknya kamu beristirahat, karena apapun yang kamu pelajari setelah itu mungkin tidak mudah kamu tangkap (ingat) lagi karena sudah sangat kelelahan.

Jika kamu benar-benar kecapaian, cobalah untuk tidur selama 10 atau 20 menit-an. Pastikan kamu juga cukup tidur saat malam, 7 atau 8 jam untuk tidur malam sangat di anjurkan. Selain tidur yang cukup, berolahraga setiap hari selama 15 hingga 20 menit akan membuat darah di tubuh mu mengalir hingga ke bagian kepala. Olahraga kecil seperti berjalan-jalan atau yoga mungkin bisa dilakukan, namun jika kamu memiliki waktu lebih, maka sangat dianjurkan berolahraga di luar rumah.

3. Membuat Lingkungan Belajar Yang Baik

Sumber photo: pixabay.com

Mendengarkan musik dengan nada yang cepat, contoh seperti musik beat yang mengebu-gebu atau musik dansa. Musik Pop juga boleh asalkan jangan mendengar musik slow atau sedih, karena akan membuat mood kamu jatuh dan tidak bersemangat.

Baca Juga :  6 Hal Penting yang Wajib Diingat Kaum Wanita

Hidupkan lampu yang agak terang jika kamu belajar di tengah malam. Dengan menghidupkan lampu yang terang di kamar belajar akan membuat kamu berfikir bahwa itu masih keadaan pagi atau siang hari.

Hilangkan atau jauhkan semua hal yang menggangu kamu belajar. Seperti smartphone, social media – terutama instagram dan Facebook. Matikan HP kamu atau silent dan letakkan jauh dari dirimu, misalnya di kamar sebelah.

Ganti spot kamu belajar setiap hari, misalnya: hari pertama kamu belajar di kedai kopi, hari kedua di rumah – di dapur, hari ketiga di pustaka, dan seterusnya. Tujuan daripada gonta ganti spot belajar adalah untuk meningkatkan konsentrasi mu untuk menyimpan informasi apapun yang sedang kamu pelajari. Pilih spot (tempat) belajar yang sesuai dengan kepribadian mu. Mungkin kamu suka tempat yang senyap, carilah pustaka yang senyap yang jauh dari Penjaga Pustaka yang suka ngerumpi. Atau bagi kamu yang suka degan suara bising, mungkin kedai kopi cocok bagimu.

Jika kamu bosan atau capek belajar sendiri, kenapa tidak membuat group belajar. Diskusikan beberapa topik dengan teman sekelas, atau sekedar bermain kuis dengan teman belajar agar suasana belajar lebih menantang dan menyenangkan.

Nah, itu dia beberapa tips bagaimana cara tetap fokus saat belajar. Sehingga apapun yang ingin kamu gapai, pastilah akan tercapai. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan sangkiranya sangat bermanfaat bagi teman-teman yang lainnya, jangan sungkan untuk di share artikel ini.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Admin & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.