Kamis, 16 Juli 2020
Budaya

7 Fakta yang Harus diketahui Tentang Yahudi

Image by MoneyforCoffee from Pixabay

Banyak agama di dunia dengan berbagai macam cara mereka menyembah Tuhan. Namun, hanya ada beberapa agama didunia ini yang sangat berpengaruh di dunia dan sangat penting untuk mencari pengetahuan lebih dalam tentang agama tersebut mengapa ia lebih kuat atau berpengaruh. Agama yang dimaksud adalah Yahudi, bahkan Islam sekalipun mengakui bahwa di era sekarang ini kekuatan agama Yahudi hampir merangkul dunia. Berkaitan dengan hal ini, ada 7 fakta yang harus kita ketahui tentang Yahudi.

1. Hanya satu Tuhan sama seperti Islam.

Yahudi percaya bahwasanya hanya ada satu Tuhan di dunia ini yang menciptakan Surga dan Bumi. Tuhan mereka tidak memiliki anak dan tidak pula membutuhkan pertolongan. Jika melihat dari perbandingan dengan agama Islam, Islam juga memiliki prinsip yang sama akan kepercayaan Tuhan.

Dialah pencipta segalanya termasuk surga dan bumi. Yahudi percaya tidak ada yang terlepas dari kendali Tuhan, semuanya bekerja sesuai aturan yang telah Tuhan tetapkan bahkan SATAN (malaikat Yahudi) memiliki deskripsi pekerjaan khusus. Sama seperti Islam, Tuhan dalam agama Yahudi memiliki nama lebih dari satu. Islam juga memiliki nama Tuhan sebanyak 99.

Yahudi juga menyebutkan nama Tuhan mereka tetapi dalam bahasa sehari hari mereka tidak menyebutkan nama tuhan seperti yang disebutkan didalam salat tetapi disebutkan dengan nama Hashem dalam bahasa Ibrani ‘Nama’. Kesamaan ini kuat sama seperti Islam dalam cara mengingat Tuhan.

2. Mitzvahs merupakan cara bagaimana orang Yahudi hidup sejalan dengan ajaran Yahudi.

Orang Yahudi diharuskan untuk hidup sesuai dengan perintah atau ajaran mereka. Ada 613 perintah Tuhan yang harus mereka patuhi dan jalani dikehidupan mereka sehari-hari. Mitzvahs maknanya instruksi atau perintah. Perintah ini sangat bermakna bagi orang Yahudi, sebab jika mereka mematuhi perintah ini maka hidup mereka berada pada jalan yang benar. Bagi penganut agama yahudi, perintah ini bukanlah nasihat atau hanya cara yang baik untuk memperoleh kebaikan Tuhan. Mitzvahs menurut mereka adalah bagian dari hidup seperti makan dan minum, jika tidak ada keduanya maka akan mati. Perintah ini juga cara untuk menghubungkan diri dengan Tuhan.

Baca Juga :  Tari Saman: Dari Sejarah Hingga Tari Saman Yang Diakui UNESCO

3. Orang Yahudi berawal dari …

Cerita orang Yahudi menjadi Budak terjadi di zaman Fir’aun menurut tulisan di Kitab Exodus. Fir’aun yang saat itu menjadi raja penguasa Mesir menjadikan para Bani Israil untuk menjadi Budak baginya. Apapun yang terjadi dia tidak akan melepaskan mereka dari perbudakan karena dia mengatakan bahwa masyarakat Bani Israil lebih murah dan pekerjaan pun cepat selesai.

Singkat cerita, lahir lah seorang utusan Tuhan yang bernama Musa yang ketika beliau dewasa ingin membebaskan semua budak Bani Israil. Tetapi Fir’aun tetap ingkar janji untuk membebaskan mereka walaupun bencana besar dari Tuhan terus-menerus terjadi karena permintaan Musa. Akhirnya Musa pun melarikan budak tersebut dengan cara membohongi Fir’aun. Dari sejarah perbudakan yang dialami oleh yahudi ini mengajarkan mereka untuk bersedekah (tzedakah) sesuai dengan ajaran Taurat. Oleh karena itu, mereka di perintahkan untuk bersedekah dan berempati kepada orang yang lebih lemah dalam kehidupan sosial.

4. Shabbat: Hadiah dari Tuhan untuk para penganut agama Yahudi

Untuk para penganut agama Yahudi, mereka percaya bahwasanya hari minggu atau weekend dimana orang-orang beristirahat setelah bekerja sepanjang hari adalah hadiah dari Tuhan. Akhir pekan ini berawal dari masyarakat Yahudi.

Setelah Bani Israil berpindah dari Mesir, Tuhan memerintahkan mereka untuk beristirahat dari pekerjaan kreatif mereka. Karena disebut Shabbat, maka hari tersebut dijadikan sebagai hari dimana mereka bersembahyang, makan bersama keluarga atau teman dan beristirahat. Dihari Shabbat, diketahui oleh penganut Yahudi bahwa Tuhan menciptakan dunia dalam 6 hari dan beristirahat dihari ketujuh.

5. Candi dan Synagogue

Pada masa milenial pertama dalam sejarah Yahudi, ada sebuah candi suci yang digunakan orang Yahudi untuk membawa yang mereka korbankan misalnya binatang. Mereka datang ke tempat tersebut untuk beribahah paling sedikit 3 kali dalam setahun. Setelah candi suci kedua di Yerusalem dihancurkan oleh masyarakat Romawi pada abad pertama, Yahudi berpindah ke Synagogue dimana komunitas Yahudi berkumpul untuk beribadah bersama-sama.

Baca Juga :  5 Nama Tempat dan Desa Terpanjang di Dunia

6. Rabbi yang patut dicontoh

Rabbi dalam bahasa Yahudi yaitu Guru. Rabbi adalah guru yang contoh yang membimbing penganut Yahudi lain untuk mengikuti perintah yang ada didalam Taurat seperti perintah Tuhan dan pemberian Tuhan. Rabbi menterjemahkan dan menjalankan tradisi dan prinsip Judaisme seperti yang diterima dari Rabbi sebelumnya.

7. Wanita adalah Ratu

Didalam agama Yahudi dikatakan bahwa wanita adalah ratu. Judaisme merupakan tradisi yang disalurakan dari generasi ke generasi. Mereka mengatakan wanita merupakan arteri yang menurunkan tradisi ke generasi selanjutnya. Ketika Tuhan menurunkan Torah di Sinai, Tuhan berinteraksi dengan wanita terlebih dahulu.

Diseleksi, diterjemahkan dan dielaborasi dari “14 Facts About Jews and Judaism That Every Person Should Know” yang ditulis oleh Menachem Posner di dalam Chabad.org.

Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER