Friday, 22 March 2019
HobbiesInspirasiLife Style

6 Cara Untuk Tampil Percaya Diri Di Depan Publik

Tips Menuju Rasa Percaya Diri

Percaya diri sangat penting untuk setiap orang yang sering tampil didepan publik seperti presiden, politisi, ilmuwan, peneliti, artis dan lain sebagainya. Mereka butuh rasa percaya diri yang sangat tinggi agar dapat tampil maksimal didepan umum dan menarik perhatian publik. Rasa percaya diri juga sering digerogoti oleh kegugupan, akibatnya banyak kesalahan yang diahadapi misalnya lupa poin-poin yang seharusnya dibicarakan dalam pidato padahal latihan sudah sangat maksimal sebelum penampilan dilakukan. Jika anda ingin tampil percaya diri dihadapan umum maka ikuti 6 Cara Untuk Tampil Percaya Diri di bawah ini :

1. Berdo’a

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum tampil dimuka umum adalah berdo’a. Berdo’alah sesuai dengan kepercayaan anda masing-masing. Setelah anada berdo’a yakinlah Tuhan akan memberi pertolongan agar anda diberikan kemudahan untuk memberikan tampilan terbaik. Salah satu keajaiban dari do’a adalah anda mendapatkan pikiran yang positif.

2. Berpikir positif

Berpikir positif sangat membantu anda berhasil dalam menajalani segala hal dalam kehidupan anda. Misalnya, ketika anda sedang mengikuti tes atau ujian tertentu, jika anda mensugestikan diri anda bahwa anda akan berhasil dalam ujian tersebut maka anda memiliki peluang untuk berhasil selama anda telah melakukan banyak persiapan sebelum hari ujian. Jika anda memiliki rasa kurang percaya diri saat tampil didepan umum maka bangunlah sebesar mungkin pikiran positif anda bahwa anda orang terbaik dalam bidang anda. Kemudian, jangan pernah anda memikirkan kesalahan yang kemungkinan anda lakukan.

3. Persiapkan diri anda

Sebuah penampilan dihadapan umum harus dilengkapi dengan persiapan diri. Semakin kurang anda mempersiapkan diri anda maka semakin tinggi pula rasa percaya diri anda akan kesalahan yang akan anda lakukan didepan umum. Rasa percaya diri sangat sulit dibentuk apabila tidak ada persiapan. Persiapan akan menghilangkan rasa takut karena seseorang sudah mengetahui apa yang harus dia lakukan pada saat berhadapan dengan orang banyak.

Baca Juga :  5 Fakta Gunung Krakatau: Pemicu Tsunami Selat Sunda

4. Tatap mata penonton

Jika anda berpidato, bernyanyi, membaca puisi, presentasi dan lain sebagainya, jangan pernah anda menundukkan kepala anda kebawah. Penonton akan merasa aneh dengan anda dan tidak merasa tertarik dengan apa yang anda lakukan dihadapan mereka. Pandangan kepada penonton berarti seseorang tersebut berinteraksi dengan penonton. Memandang penonton tidak hanya untuk berinteraksi tetapi juga untuk menyesuaikan diri dengan situasi. Dengan memberi pandangan kepada penonton, anda bisa berpikir bahwa anda lebih ahli dari pada mereka.

5. Anda Yang Benar

Merasalah anda yang paling pintar dan paling benar saat anda berbicara karena tidak ada seorang pun yang berani menghentikan saat anda sedang berbicara. Mungkin ada sebagian orang yang kritis berkomentar dibelakang panggung apa yang telah anda tampilkan. Dalam hal ini anda dapat mengeluarkan argument anda untuk membantah komentar orang tersebut. Merasa seorang diri benar akan meningkatkan rasa percaya diri. Profesor, Doctor, Ahli Bahasa dan ahli-ahli yang lain adalah contoh orang yang sangat percaya diri saat berbicara didepan umum. Hal ini terjadi pada mereka sebab mereka merasa benar apa yang mereka katakana dan merasa pintar.

6. Santai

Jika anda merasa santai saat anda tampil didepan umum maka saraf anda juga tidak akan tegang, oleh karena itu anda akan berhasil menghadapi situasi-situasi tertentu. Jika anda berpidato berbicaralah dengan tidak terburu-buru agar. Dengan tidak terburu-buru pidato anda akan lebih teratur dan mudah dimengerti oleh penonton. Jika anda bernyanyi maka ikutilah simfoni lagu, bernyayilah sesuai dengan irama dan jangan dilebihkan iramanya sebab kemungkinan akan terdengar tidak cocok.

Percayalah dan yakinlah tampil percaya diri adalah hal yang mudah, membuat diri anda lebih sempurna akan mengundang rasa percaya diri yang lebih baik.

Nah itu dia artikel 6 Cara Untuk Tampil Percaya Diri Di Depan Publik yang saya sajikan. Semoga memberikan banyak manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :  Cara Menghapus Error Struktur Data pada Webmaster Tools
Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER