Thursday, November 15, 2018
Hobbies

Cara Membuat Tempe Kedelai Langkah Demi Langkah

Sebagai Langkah Awal Untuk Memulai Bisnis Tempe

Cara membuat tempe kedelai – Di luaran sana sudah banyak sekali jenis bisnis yang sedang dilakoni oleh orang-orang terutama anak-anak muda. Diantara banyak inspirasi membangun bisnis dari nol, kali ini kita akan sedikit berbagi inspirasi untuk membuat bisnis sendiri, yaitu bisnis tempe kedelai.

Berikut kami uraikan cara membuat tempe dari kacang kedelai.

Pertama-tama anda harus mempersiapkan bahan-bahan di bawah ini:

  • Kedelai : 5 kg
  • Ragi tempe : 2 Butir
  • Daun pisang / kantong plastik

Setelah mempersiapkan ketiga bahan diatas, anda juga memerlukan beberapa peralatan untuk merendam kacang kedelai dan memasaknya.

Untuk cara membuat tempe kedelai, berikut adalah bagaimana proses pembuatan tempe :

1. Persipakan baskom atau ember sedang untuk merendam kacang kedelai. Pertama anda harus mencuci kacang kedelai dan kemudian direndam dalam air panas selama kurang lebih 12 jam. Anda bisa memilih waktu merendam dari jam 5 atau 6 pagi, sehingga sore nya anda bisa mencuci kacang tersebut. Hal ini tujuannya agar tempe kelihatan segar saat di jual pada pagi hari.

2. Kemudian cucilah kacang kedelai hingga bersih dan dikukus sampai masak. Saat anda mencuci kacang kedelai pastikan semua kulit kacang anda kupas hingga bersih dan bagian ini menuntut anda agar lebih sabar.

3. Setelah kacang kedelai masak kemudian kacang tersebut ditebar diatas tampi hingga dingin.

4. Lalu ragi tempe ditumbuk dan ditaburkan pada kacang kedelai tersebut.

5. Campurkan kacang kedelai dan ragi lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang atau dimasukkan ke dalam kantong plastik.

6. Bungkus tempe-tempe tersebut lalu disimpan dalam bakul yang tertutup selama 12 jam.

Nah itu dia proses bagaimana cara membuat tempe dari kacang kedelai. Setelah tempe kacang kedelai sudah siap untuk dipasarkan, anda bisa menjualnya ke pasar. Jika anda masih baru dalam dunia persilatan bisnis tempe, ada baiknya anda melakukan observasi pasar.

Baca Juga :  Tips Menjalankan Puasa Dengan Aktivitas dan Pilihan Makanan Sehat

Dengan melakukan observasi pasar, anda akan melihat siapa-siapa saja juragan yang bisa di ajak kerja sama. Begitu anda mendapatkan orang yang bisa diajak kerja sama, barulah anda bisa menjalin hubungan bisnis tempe ini. Namun sebagian orang ada yang lebih suka menjualnya sendiri di pasar.

Jika anda menjualnya sendiri, pastikan tempe yang anda hasilkan memiliki kualitas baik dan juga memiliki bungkusan menarik. Jangan lupa juga analisis harga di pasar agar tempe yang kita jual tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal, sehingga kita bisa meng-optimalkan keuntungan untuk kita.

Semoga artikel membuat tempe untuk bisnis ini menginspirasi dan membantu anda untuk memulai bisnis tempe. Mulai lah terlebih dahulu, jika memang rezeki anda, maka InsyaAllah akan mendapatkan rezeki dari bisnis tempe yang di jalankan. Semoga tulisan kecil ini bermanfaat untuk semua nya yang membutuhkan info untuk membuat tempe.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Writer
Amateur writer who always love learning about language, culture, photography, Aceh traditional dance and kindness.