Jumat, 21 Juni 2019
FashionKesehatan

7 Tips dan Trik Tetap Cantik dan Nyaman Selama Hamil

Foto: pixabay.com

Tetap Tampil Cantik dan Stylish Saat Hamil

Salam bahagia untuk seluruh wanita di dunia terkhusus wanita yang sedang dalam masa kehamilan, tetap semangat dalam beraktifitas ya. Perubahan hormon yang terjadi pada saat hamil menyebabkan banyak permasalahan seperti, perubahan kulit baik wajah atau di bagian lain cenderung hitam, kusam, atau berjerawat, emosi yang tidak stabil kadang senang-sedih-marah, perubahan hormon tersebut juga menyebabkan  ibu hamil merasa lelah, lemas, terlihat kuyu dan tidak bersemangat. Berbagai permasalahan pada masa kehamilan sering kali membuat ibu hamil cuek pada penampilannya dan menyebabkan rasa percaya diripun berkurang. Jangan Sedih ya Bumil ^_^ yukk baca tips dan ikuti beberapa trik di bawah ini;

1. Konsumsi Air Putih Dengan Cukup Sebagai Pengganti Kosmetik

Foto: Pexels.com

Sudah tahukah ibu bahwa pemakaian kosmetik sangat berbahaya bagi janin, beberapa penelitian mengatakan bahwa pemakaian kosmetik dapat menyebabkan bayi lahir dengan kelainan jantung, keguguran di usia janin yang masih muda, mengganggu pertumbuhan sel syaraf otak janin dan lain sebagainya.

Kita harus mengurangi make up dan sebagian ibu hamil bahkan berhenti menggunakan make up atau facial wash mesti dalam promosinya mengatakan produk itu aman bagi ibu hamil. Meski tanpa make up, Ibu hamil tetap bisa cantik dengan tips mengonsumsi air putih yang cukup.

Air putih salah satu elemen penting disamping  perubahan suhu tubuh ibu hamil yang berubah dan mual muntah yang di rasakan, air putih dapat mencegah dehidrasi dan membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih segar. Pastikan mengkonsumsi air putih dengan bertahap agar perut ibu tidak menjadi kembung, bila perlu gunakan wadah  penampung air sampai 2 liter atau lebih kemudian baru tuang ke gelas saat minum supaya ibu tahu jika dalam sehari wadah tersebut kosong berarti bumil sudah mengkonsumsi air putih dengan cukup.

Baca Juga :  Tips Menjalankan Puasa Dengan Aktivitas dan Pilihan Makanan Sehat

2. Perhatikan Asupan Makanan

Foto: Pexels.com

Hindari junk food atau fast food saat hamil karena tidak baik bagi perkembangan janin serta bisa menyebabkan sembelit BAB, apalagi saat hamil pencernaan ibu akan sering terganggu. Mulailah memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral sehingga baik untuk tubuh, kandungan vitamin E dan C dapat membuat kulit tubuh dan wajah ibu menjadi segar dan tidak kering. Gunakan trik mengkonsumsi buah dan sayur secara bertahap, dengan menyajikannya dalam bentuk bervariasi, sayur dapat di tumis, rebus, sop, atu sebagai lalapan, sedangkan buah bisa dengan ngerujak, buat manisan atau salad buah.

3. Lakukan Senam Hamil

Foto: Pexels.com

Ibu hamil zaman sekarang sangat mudah mengakses berbagai video senam hamil melalui internet mulai dari senam hamil trimester 1,2, dan 3 serta bisa memilih  gerakan senam yang ringan dan nyaman sesuai keinginan ibu, jadi tidak harus keluar rumah dan mencari tutor dan tempat senam hamil namun jika ragu sebaiknya ibu konsultasikan ke dokter kandungan. Senam hamil membantu otot-otot Ibu tidak kaku dan mengurangi rasa pegal dan nyeri akibat peregangan tubuh dan berat badan yang drastis naik. Bila tidak sanggup senam hamil dengan waktu yang sudah ditentukan dalam video senam, ibu bisa memulainya dengan senam ringan setiap bangun tidur seperti menggerakkan kepala dan bahu.

4. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Berbahan Adem

Karena Ibu Hamil mengalami perubahan suhu tubuh, sering kepanasan, gerah, dan berkeringat jadi sangat penting untuk memilih pakaian hamil yang longgar sehingga nyaman bergerak saat tidur atau berjalan, pilih juga bahan kain yang adem seperti katun, shantung, linen, viscos, dan lain sebagainya. Tidak perlu membeli pakaian hamil yang mahal karena sekarang banyak juga yang trendi berbahan adem namun murah meriah, atau bisa gunakan trik memakai baju suami (jika badan suami lebih besar) atau baju ibu hamil punya saudara yang tidak di pakai lagi ^_^ intinya ibu hamil harus mengontrol pengeluaran ya, dan mengingat perencanaan keuangan saat persalinan dan pasca persalinan.

Baca Juga :  Makanan Yang Mengandung Antibiotik Alami Terbaik di Dunia

5. Gunakan Baju Dengan Motif Dan Warna Yang Tepat

Pakaian yang ibu hamil gunakan sangat berpengaruh pada penampilan, selain memilih pakaian longgar dan berbahan adem untuk mendapatkan kesan nyaman, kesan cantik bisa di dapatkan dari motif dan warna pakaian. Ibu bisa tetap stylist mesti saat hamil dengan memilih motif berbunga kecil atau bergaris sedang, tapi untuk motif bergaris ibu bisa bisa gunakan motif garis vertikal atau horizontal ketika ingin terlihat lebih langsing saat hamil, banyak yang mengatakan bahwa motif garis lebih tepat untuk ibu hamil namun pilih garis yang sedang ya bu.

Hindari pakaian dengan corak dan motif yang terlalu ramai saat hamil. Untuk warna dress, Ibu hamil bisa memilih warna yang lebih kalem seperti warna pastel atau hitam, abu-abu, dan dongker jadi pilihan warna yang tepat terlihat bisa membuat tampilan lebih elegant.

6. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Sudah tentu para ibu hamil akan lebih nyaman menggunakan sepatu flat shoes daripada menggunakan heels, namun ada juga yang tetap menggunakan heels tapi yang tidak  terlalu tinggi. Selain ingin berkesan nyaman pemilihan sepatu yang tepat juga mempengaruhi kesehatan ibu hamil.

Menggunakan sepatu flat akan menghindari ibu hamil kram otot kaki serta terhindar dari kecelakaan kecil saat berjalan. Sekarang ini flat shoes sudah sangat beragam dengan model-model yang imut dan trendi jadi ibu tetap terlihat stylist dan feminime.

7. Pilih Outer Agar Berkesan Chic

Foto: Pexels.com

Memakai Outer saat keluar rumah bagi ibu hamil adalah salah satu cara bergaya simpel dari pada memakai baju model itu-itu saja. Pilih outer yang cantik, bahan adem  ringan, lembut, dan warna yang kalem seperti dusty, grey, hitam, dongker. Selain dapat menambah kesan stylish, outer juga dapat memberikan kamu kesan lebih ramping ketika hamil.

Baca Juga :  4 Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kita Agar Tetap Sehat

Nah itu dia beberapa tips dan trik agar tetap cantik dan nyaman selama hamil. Semoga bermanfaat ya moms ^_^ jangan lupa di share dan komentar di bawah ini.

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer