Jumat, 22 November 2019
HobbiesLife Style

Manfaat Belajar Bahasa Asing di Era Globalisasi

Kemampuan bahasa asing mengubah kondisi hidup anda di era globalisasi

Bahasa merupakan salah satu aspek yang memberi pengaruh pada perkembangan era globalisasi. Dikutip dari Shieffield (2013) bahwa proses politik, ekonomi, geografis, ekologi, social, budaya, etnis, agama dan sejarah dianalisis. Semua proses ini memberikan pengaruh tunggal dan timbal balik terhadap globalisasi. Semua elemen yang disebutkan diatas sangat berpengaruh dengan bahasa sebagai alat komunikasi. Elemen-elemen ini yang menghubungkan satu negara dengan negara lain melalui bahasa. Contoh yang paling dekat yang membuktikan bahwa negara didunia ini saling terhubung adalah dengan adanya hubungan internasional dimana setiap negara yang berafiliasi akan bekerja sama untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tertentu seperti politik, ekonomi dan pendidikan. Hubungan ini tercipta karena adanya bahasa. Dalam hal ini bahasa berperan penting di era globalisasi dan memiliki manfaat bagi mereka yang meningkatkan kuantitas dan kualitas bahasa mereka. Berikut ini manfaat belajar bahasa asing di era globalisasi :

1. Bahasa untuk mendapatkan ilmu baru

Bahasa untuk mendapatkan ilmu baru
Image : Pixabay

Di era globalisasi banyak karya tulis yang diproduksikan melalui bahasa inggris dan juga bahasa lainnya tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja. Oleh sebab itu, sangat beruntung jika seseorang yang dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris mendapatkan ilmu dari karya tulis dalam bahasa inggris. Penggunaan bahasa yang berbeda dalam produksi karya tulis juga memunculkan sudut pandang yang berbeda dikarenakan berasal dari ideologi yang berbeda pula. Dalam kasus ini, penikmat karya tulis dalam variasi bahasa dapat membandingkan beberapa pandangan yang berbeda dalam satu persoalan yang sama.

2. Pertukaran potensi ekonomi

Pertukaran potensi ekonomi
Image : Pixabay

Negara yang memiliki daya lebih kuat mampu mempengaruhi negara yang lemah untuk mempelajari bahasa dari negera yang lebih kuat tersebut. Akibatnya, dua negara ini dapat bertukar potensi ekonomi. Misalnya seperti dikutip dari TheglobalReview.com bahwa mayoritas saham tambang emas di Indonesia dikuasai oleh Amerika Serikat. Hasil tambang tersebut juga memberikan keuntungan kepada Indonesia. Dalam kondisi ini, bahasa inggris sangat berperan penting untuk tetap terjalinnya hubungan harmonis antara Indonesia dan negara adi kuasa tersebut. Kemudian, jika kita menguasai bahasa asing maka akan mudah melakukan kerja sama dalam hal bisnis. Contohnya seorang Pembisnis sukses melakukan penjualannya ke negara lain seperti spanyol, perancis, jerman dan amerika. Maka sangat beruntung jika anda menjalankan bisnis anda dengan menguasai bahasa asing.

Baca Juga :  Nafsu VS Cinta ; 7 Tanda Mengetahui Laki-Laki Menyukaimu karena Cinta atau Nafsu

3. Pendidikan international

Manfaat Belajar Bahasa Asing di Era Globalisasi
Image : Pixabay

Pendidikan merupakan aspek yang paling penting didalam kehidupan manusia di zaman globalisasi ini karena Chomsky mengatakan bahwa adanya pendidikan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Maka dengan adanya kemampuan menggunakan bahasa asing, seseorang mampu mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas di negara lain. Misalnya, dengan mirisnya kualitas pendidikan Indonesia maka pelajar Indonesia yang ingin belajar dengan system pendidikan yang lebih berkualitas di negara lain, mereka harus memiliki kemampuan berbahasa asing atau bahasa yang menjadi syarat untuk belajar di negara tertentu.

4. Pekerjaan yang bergengsi

Pekerjaan yang bergengsi
Image : Pixabay

Pekerjaan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap manusia yang ingin memenuhi kebutuhannya baik itu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Setiap orang tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan primernya saja tetapi juga kebutuhan sekunder dan tersier. Oleh karena itu, seseorang harus melakukan pekerjaan yang bisa memperoleh gaji tinggi. Dengan mempelajari bahasa asing dapat mempermudah seseorang mendapatkan pekejaan yang bergengsi dengan gaji yang memuaskan. Misalnya bekerja di perusahaan asing baik itu yang ada didalam maupun diluar negeri seperti perusahaan tambang emas, minyak bumi, batu bara dan perusahaan besar lainnya. Kemampuan berbahasa asing menjadi syarat bagi perusahaan- perusahaan besar sebab banyak istilah yang berasal dari bahasa asing dan juga komunikasi dengan negara lain apabila perusahaan asing tersebut berada didalam negeri.

Di dunia globalisasi ini, banyak keuntungan yang diperoleh jika memiliki kemampuan berbahasa asing. Dengan mempelajari bahasa asing anda memperoleh banyak ilmu, mengubah kondisi ekonomi, mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan pekerjaan yang bergengsi. Mempelajari bahasa asing adalah hal yang sangat mudah karena banyak alat teknologi seperti smartphone dan computer untuk mempermudah anda mempelajari berbagai bahasa.

Baca Juga :  10 Cara Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan
Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER