Thursday, November 15, 2018
BloggerHobbiesOther hobbies

Definisi Menulis, Tips-Tips Menulis, Dan Waktu Yang Tepat Untuk Menulis

Menjadi produktif tidak hanya melalui suara saja yang dapat didengar oleh orang banyak, tetapi kita bisa menjadi kreatif dengan menulis juga. Menulis merupakan hal yang sangat penting dan melalui tulisan seseorang  dapat membagi ilmunya. Tulisan memiliki berbagai macam jenis seperti tulisan survey, penelitian, tinjauan buku, tinjauan film, cerita pribadi, cerpen, hasil percobaan dan kisah nyata yang biasanya dituangkan kedalam novel.  Penulis dapat memilih jenis tulisan sesuai dengan keinginannya. Namun demikian, semua jenis tulisan yang disebutkan memiliki format yang berbeda-beda.

Hal yang paling penting dalam menulis adalah memperhatikan konteks dan tujuannya, kemudian penulis merancang strategi kebahasaan dalam penulisan sesuai dengan konteks dan tujuan. Didalam tulisan saya ini, saya tidak akan membahas satu atau beberapa jenis tulisan tetapi focus kepada gambaran umum mengenai menulis. Sebelum anda memulai menulis anda seharusnya mengetahui terlebih dahulu definisi menulis.

Definisi Menulis Menurut Para Ahli

Menurut Daniels dan Bright (1996) dan Coulmas (1999) menulis adalah sistem merepresentasikan bahasa yang berisikan pesan untuk disampaikan kepada pembaca yang mengetahui bahasa tersebut. Menulis dilakukan dengan menggoreskan dari huruf menjadi kata, kata disusun menjadi kalimat, kalimat disusun menjadi paragraf dan paragraf menjadi teks. Menulis tidak hanya menggoreskan semua ide-ide seserdahana itu saja tetapi strukturnya juga yang harus diperhatikan sebab menulis dapat mengkomunikasikan ide atau pengetahuan kepada pembaca tanpa ada nada maupun intonasi. Oleh sebab itu, tulisan harus disusun secara sistematis agar pembaca mendapatkan pesan dari tulisan tersebut.

Selain itu, bahasa sangat berperan penting dalam karya tulis. Bahasa tentunya harus sesuai dengan target pembaca misalnya jika target pembaca berasal dari Indonesia maka gunakan bahasa Indonesia. Jika target pembaca berasal manca negara lain seperti spanyol maka pakailah bahasa spanyol. Disamping itu, settingan pola bahasa juga harus diperhatikan. Jika target pembaca adalah orang yang berpendidikan tinggi maka gunakanlah bahasa yang formal. Jika target adalah orang yang latar pendidikannya kurang maka pakailah bahasa yang sederhana dengan kata-kata yang tidak asing bagi mereka.

Dari segi praktek Barnett (1992) mengatakan menulis sebagai sebuah proses dimana untuk menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas maka penulis harus melewati proses selama menulis. Proses tersebut berupa pencarian referensi, struktur bahasa yang sesuai konteks dan revisi yang mungkin dilakukan berulang-ulang hingga mencapai kualitas tulisan yang memuaskan penulis.

Manfaat Menulis

Setelah kita memahami definisi tulisan, hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah manfaat menulis itu sendiri. Karya tulis mendistribusikan banyak manfaat kepada target pembaca salah satunya adalah ilmu pengetahuan. Wawasan yang luas adalah salah satu garansi jika sering menulis, karena menulis akan menuntut penulis untuk membaca.  Smith dari universitas Northern Illinois percaya bahwa menulis membantu setiap orang untuk berpikir. Ong(1982) meneliti bahwa menulis membantu manusia mencapai potensi otak tertinggi. Writing in America’s Schools and Colleges (2003, hal. 3) juga mengemukakan bahwa menulis memperkokoh pikiran abstrak dan menghubungkan antara satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya.

Selain itu, seperti yang ditulis oleh Pennebaker (2004) didalam karya tulis nya bahwa menulis dapat menyembuhkan cidera emosi. Hal ini dibuktikan oleh Pennebaker dengan memberikan sejumlah individu yang mengalami cidera emosi tugas menulis. Hasilnya adalah setelah selesai menulis mereka merasa lebih bahagia dan berpikir lebih positif dari pada sebelum menulis. Oleh karena itu, jika mengalami kekhawatiran, kegalauan, keresahan dan kesedihan, menulis adalah salah satu strategi untuk menghilangkan semua masalah mental tersebut. Hal ini lebih baik dilakukan dari pada mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia yang kemngkinan akan berpengaruh buruk pada organ dalam tubuh anda.

Sebagian orang menganggap menulis adalah salah satu hal yang sulit. Bagi sebagian lainnya menganggap menulis merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Menulis memerlukan keahlian analisis dan berpikir yang kuat sebab banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menulis seperti diksi, struktur kalimat, kesatuan dan konteks. Semua itu menentukan kualitas sebuah tulisan. Menulis akan menjadi mudah jika sering dilakukan. Keahlian menulis juga melalui proses perbaikan. Jika proses ini sudah mengalami proses ini maka menulis akan menjadi lebih mudah.

Kapan waktu yang tepat untuk menulis

Menulis tidak dilakukan pada sembarang waktu. Waktu yang sangat tepat untuk menulis adalah pada malam hari sebelum larut dan di pagi hari ketika pikiran dan badan anda masih segar. Kondisi ini merupakan sumber untuk ide-ide yang cemerlang. Anda dapat menulis di malam dan pagi hari sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat. Otak manusia sulit berkontsentrasi untuk suatu hal jika sedang kondisi pikiran tidak tenang. Jika anda memaksakan menulis pada kondisi seperti ini maka hasil tulisan akan menjadi kacau.

Darimana dapat menemukan sumber untuk menulis

Sumber tulisan menjadi hal yang harus diprioritaskan dalam menulis. Misalnya, jika anda menyatakan sesuatu seperti pendapat anda maka kuatkan dengan bukti dari sumber seperti buku, jurnal penelitian, survey, observasi, berita, dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membuat tulisan anda lebih mudah dipercaya dan berkualitas. Akan banyak orang yang membaca dan mengapresiasi tulisan anda.

Nah itu dia sepintas tentang definisi menulis, manfaat menulis dan juga kapan waktu yang tepat untuk menulis. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menulis. Tetap semangat untuk menulis.

Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER