Minggu, 15 September 2019
GeneralInspirasi

5 Tips untuk Menghindari Pengangguran

Image: Pixabay

Menjadi pengangguran merupakan satu keadaan yang semua orang hindari. Jika seseorang mengalami pengangguran maka orang tersebut kesulitan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, semua orang didunia ini yang sudah mampu bekerja dan bertanggung jawab merebut pekerjaan untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk memenuhi kehidupan nya sehari-hari. Kebutuhan yang harus dipenuhi adalah kebutuhan primer seperti pakaian atau sandang, makanan atau pangan, dan juga rumah atau papan. Tiga kebutuhan ini wajib terpenuhi dalam kehidupan setiap manusia dengan memiliki uang. Jika seseorang mengalami pengangguran maka ia kesulitan memenuhi kebutuhan tersebut. Akibatnya dari kondisi ini maka akan muncul masalah kelaparan, penyakit, dan kebodohan. Oleh karena itu, setiap orang harus tau bagaimana cara menghindari pengangguran. Berikut beberapa cara yang pasti memotivasi anda untuk tidak menganggur.

1. Berani untuk berbisnis

Berbisnis merupakan salah satu cara supaya anda dapat menghasilkan uang dan sekaligus melatih diri anda untuk menjadi pembisnis. Anda butuh modal yang sangat besar untuk mendirikan sebuah bisnis. Modal tersebut adalah KEBERANIAN. Sebagian orang berpikir bahwa untuk membangun sebuah bisnis maka harus memiliki modal uang yang sangat besar, ini merupakan cara berpikir yang salah. Ingat prinsip bisnis “modal sekecil kecilnya, laba sebesar besarnya”. Maka kondisikan modal anda ketika ingin berbisnis, berpikirlah untuk memilih cara agar tidak banyak mengeluarkan modal uang untuk sebuah bisnis. Mulailah dari hal kecil tetapi memiliki tekat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Tetap berusaha walaupun mengalami DOWN dalam proses menjadi sukses dalam berbisnis.

2. Miliki keahlian yang dibutuhkan

Memiliki keahlian sangatlah penting untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya ketika anda mendapatkan informasi tentang sebuah lowongan kerja, anda akan membaca poin yang meminta keahlian computer, bahasa, komunikasi dan lain sebagainya. Jika anda memiliki keahlian seperti yang diminta oleh pihak perusahaan tersebut maka anda akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Walaupun latar belakang anda tidak sesuai dengan keahlian yang diminta, coba untuk melatih anda dalam keahlian tersebut agar mudah mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, memiliki keahlian yang dibutuhkan merupakan strategi paling efektif untuk dapat menawarkan diri anda menjadi karyawan di perusahaan yang anda lamar.

Baca Juga :  Fakta Unik Burj Khalifa - Gedung Tertinggi di Dunia

3. Meningkatkan mutu pendidikan

Mutu pendidikan juga salah satu persyaratan yang selalu tertulis disetiap informasi lowongan pekerjaan. Kebanyakan lowongan pekerjaan membutuhkan pendidikan minimal SMA. Maka setidaknya anda memiliki ijazah SMA sekaligus ilmu yang anda dapat kan selama 12 tahun berpendidikan. Semakin meningkat mutu pendidikan anda maka semakin mudah anda diterima disebuah tempat kerja dimana anda melamar. Selain itu, jika anda melamar sebuah pekerjaan pastikan pendidikan anda sesuai dengan yang dipersyaratkan.

4. Perluas jaringan

Sangat penting untuk memperluas jaringan atau mencari banyak kenalan misalnya teman kampus dan orang-orang sukses yang juga memiliki jaringan luas. Ini akan sangat membantu anda dalam menghindar dari kondisi menganggur. Memperluas jaringan akan memberikan banyak informasi khususnya tentang lowongan pekerjaan.

5. Tingkatkan prestasi kampus

Meningkatkan prestasi selama anda kuliah anda akan lebih mudah menghindar dari pengangguran. Sebuah perusahaan akan melihat riwayat prestasi anda salama kuliah, jika anda memiliki banyak riwayat prestasi maka akan semakin besar pertimbangan sebuah perusahaan untuk memilih anda sebagai karyawan. Perusahaan membutuhkan calon karyawan yang selalu terdorong untuk berprestasi, semakin besar prestasi yang dimiliki maka semakin banyak keuntungan yang diberikan untuk perusahaan .

Dari informasi yang telah ditulis diatas, maka strategi menghindari pengangguran adalah dengan cara memenuhi semua persyaratan yang pada umumnya diminta oleh pihak penyedia lowongan pekerjaan. Berbisnis adalah satu cara untuk menghasilkan uang sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Peningkatan kualitas diri adalah hal utama untuk mendapatkan pekerjaan; meningkatkan keahlian, mutu pendidikan, jaringan dan juga prestasi. Jika keempat hal ini sudah anda capai maka anda berhasil menghindar dari pengangguran.

Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER