Sunday, 21 April 2019
EntrepreneurInspirasi

Kata-Kata Bijak Warren Buffet Yang Sangat Menginspirasi Banyak Orang

Image: geckoandfly.com

Dalam hidup ini kita perlu suatu motivasi atau dorongan dalam diri, supaya gairah dan semangat juang semakin membara untuk bisa mencapai cita-cita yang kita mimpikan selama ini, namun terkadang tidak semua orang memiliki motivasi atau dorongan kesitu disebabkan karena kurangnya membaca, jarang mendengar kata-kata motivasi dan juga lingkungan yang tidak pernah mencetak kita untuk menjadi manusia yang berpikir jauh kedepan bagaimana caranya supaya bisa mengatasi masa-masa kritis di usia kedepan yg bisa kita antisipasi mulai dari sekarang. Melalui tulisan berikut ini yang berjudul Kata-Kata Bijak Warren Buffet Yang Sangat Menginspirasi Banyak Orang yang saya dapat dari buku karangan Mari Buffett dan David Clark semoga bisa memotifasi kita untuk menjadi lebih baik dan lebih terbuka wawasannya terkhusus buat saya pribadi.

Peraturan Nomor 1: Jangan rugi. Peraturan Nomor 2: Jangan pernah lupa peraturan nomor 1.

Rahasia terbesar untuk menjadi kaya adalah membuat uang Anda berlipat ganda, dan semakin besar jumlah uang yang Anda miliki di awal akan semakin baik. Sebagai contoh: $100,000 dilipatgandakan sebesar 15% selama dua puluh tahun akan berkembang menjadi $1,636,653 pada tahun kedua puluh sehingga memberikan Anda keuntungan sebesar $1,536,643. Tetapi misalkan Anda kehilangan $90,000 dari modal awal Anda bahkan sebelum Anda memulai dan hanya dapat menginvestasikan sebesar $10.000. Maka investasi Anda hanya akan berkembang menjadi $163,665 pada tahun kedua puluh, dengan keuntungan $153,665. Ini angka yang jauh lebih kecil. Semakin besar kerugian Anda, semakin besar dampakanya terhadap kemampuan Anda untuk mendapatkan uang di masa mendatang. Inilah yang tidak pernah dilupakan Warren. Ini juga alasan dia tetap mengendarai mobil VW Beetle yang kuno lama setelah dia menjadi multijutawan.

Jangan takut untuk meminta terlalu tinggi ketika menjual atau menawar terlalu rendah ketika membeli.

Warren mengerti orang-orang takut merasa malu jika mereka meminta harga yang terlalu tinggi ketika menjual atau menawar terlalu rendah ketika membeli. Tidak ada orang yang ingin dipandang sebagai orang yang serakah atau murahan. Secara sederhana, dalam dunia bisnis, seberapa banyak uang yang Anda peroleh dari penjualan atau seberapa banyak Anda harus membayar ketika melakukan pembelian menentukan Apakah anda mendapatkan atau kehilangan uang. Sekali negosiasi dimulai, Anda dapat menurunkan harga penjualan Anda atau menaikkan harga pembelian Anda. Tetapi, tidak mungkin melakukan yang sebaliknya.

Baca Juga :  6 Aktivitas Pagi Yang Dilakukan Oleh Calon Orang Sukses

Warren sudah banyak sekali mengundurkan diri dari sebuah kesepakatan karena tidak memenuhi kriteria harganya. kemungkinan contoh yang paling terkenal adalah pembelian Capital Cities dari ABC. Warren menginginkan kepemilikan saham lebih besar untuk uang yang dikeluarkannya daripada yang bersedia diberikan oleh Capital Cities-jadi dia menarik diri dari perjanjian itu. Keesokan harinya Capital Cities mengalah dan memberi dia kesepakatan yang diinginkan. Minta saja dan Anda akan mendapat.

Saya, melakukan investasi pertama pada usian sebelas tahun. Sebelumnya saya hanya menyia-nyiakan waktu.

Menemukan panggilan hidup sejak dini adalah baik. Saham yang dibeli Warren ketika dia berusia sebelas tahun adalah sebuah perusahaan minyak bernama City Services. Dia membeli tiga lembar saham harga $38, hanya untuk melihatnya terpuruk menjadi $27. Dia bertahan, dan setelah pulih kembali dia menjualnya dengan harga $40 per saham. Tidak lama setelah itu, nilainya melesat menjadi $200 per saham dan dia mempelajari pelajaran pertamanya dalam bidang investasi, yaitu kesabaran. Hal-hal baik terjadi pada orang-orang yang bersedia menunggu-asalkan Anda memilih saham yang tepat.

Anda tidak dapat membuat kesepakatan yang baik dengan orang yang buruk.

Orang yang buruk tetaplah orang yang buruk, dan orang yang buruk tidak akan member Anda kesepakatan yang baik. Dunia ini dipenuhi cukup banyak orang yang baik dan jujur yang berhubungan bisnis dengan orang-orang yang tidak jujur, dan itu murni merupakan kebodohan. Bahkan jika Anda bertanya pada diri sendiri “Apa saya percaya dengan orang ini?” Anda harus segera meninggalkan meja negosiasi dan mencari perusahaan yang lebih jujur untuk berhubungan bisnis dengan Anda. Anda tidak ingin meragukan apakah parasut Anda akan terbuka ketika Anda akan segera melompat dari pesawat, dan Anda tidak ingin meragukan integritas seseorang yang dengannya Anda akan segera melompat untuk memulai bisnis. Jika Anda tidak dapat mempercayai mereka sekarang, Anda tidak akan dapat mempercayai mereka di kemudian hari, jadi mengapa harus mempercayai mereka ?

Baca Juga :  5 Fakta Gunung Krakatau: Pemicu Tsunami Selat Sunda

Warren mendapatkan pelajaran ini ketika dia duduk di dewan direksi Salomon Brothers. Bertentangan dengan saran Warren, para banker investasi Salomon terus melakukan bisnis dengan raja media Robert Maxwell, yang keuangannya begitu penuh resiko sehingga dia diberi julukan Bouncing Czech. Setelah Maxwell meniggal secara tidak terduga, salomon menemukan dirinya berada dalam kesulitan besar untuk mencoba mendapatkan kembali uanganya.

Paraturannya sederhana: Orang-orang yang memiliki integritas memiliki kecendrungan untuk berprestasi: orang-orang tanpa integritas cenderung tidak berprestasi. Lebih baik tidak menyamakan keduanya.

Tidak mungkin menghapus tanda tangan di atas kontrak, jadi pikirkan semua yang perlu Anda pikirkan sebelum membubuhkan tanda tangan.

Warren telah belajar bahwa sekali Anda menandatangani kontrak, kesekapatan tercapai. Anda tidak dapat kembali dan memikirkan kembali apakah itu kesepakatan yang baik atau buruk. Jadi, pikirkan semua sebelum Anda menandatanganinya. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, karena setelah kertas itu disodorkan dibawah hidung Anda, penalaran sehat sering terbang keluar jendela karena Anda ingin segera menyelesaikan kesepakatan itu. Sebelum menandatangani kontrak, bayangkan semua hal yang dapat menjadi keliru-karena seringkali hal-hal itu menjadi keliru. Jalan yang sebenarnya bermaksud baik sering dilapisi dengan masalah-masalah yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Berpikir keras sebelum Anda bertindak akan menghindarkan Anda dari keharusan untuk berpikir keras tentang semua masalah yang baru saja Anda tanda tangani.

Lebih mudah menjauhkan diri dari masalah daripada mengeluarkan diri dari masalah.

Jauh lebih mudah menghindari godaan untuk melanggar hukum agar mendapatkan uang dengan mudah daripada harus menghadapi konsekuensinya jika Anda tertangkap. Untuk menjauhkan diri dari maslaah, Anda cukup melakukan hal yang tepat pada saat yang tepat. Untuk mengeluarkan diri dari masalah, Anda memerlukan banyak uang dan banyak ahli hukum, dan sekalipun demikian, Anda akhirnya mungkin saja tetap dipenjara untuk waktu yang lama.

Baca Juga :  Nurana Indah Paramita – Menerangi Pulau dengan Turbin Pembangkit Listrik Arus Laut

Pelajaran ini menjadi nyata ketika Warren hampir kehilangan keseluruhan investasinya senilai $700 juta dalam perusahaan Salomon Brothers di Wall Street. Federal Reserve Bank nyaris menutup keseluruhan operasi perusahaan itu karena aktivitas perdagangan obligasi yang illegal-yang dilakukan oleh seorang pedagang saham (trader) yang mencoba menghasilkan uang dengan cepat. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengeluarkan diri dari masalah ini ? Pekerjaan beberapa trader terbaik di perusahaan tersebut, pekerjaan ketua komisaris (chairman) dan CEO, dan uang jutaan dollar dalam bentuk biaya, denda, perkara hukum, dan kehilangan bisnis. Jauh lebih mudah, dan jauh lebih menguntungkan, jika tetap menjauhkan diri dari masalah sejak awalnya.

itu dia Kata-Kata Bijak Warren Buffet Yang Sangat Menginspirasi Banyak Orang semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini buat keluarga, teman, atau kerabat kalian jika bermanfaat ya. semoga kita bisa selalu saling memberikan motivasi agar hidup tidak hanya hidup tapi ada satu sisi yang membuat kita semangat untuk mengejar cita-cita kita berkat kata-kata bijak dari orang-orang sukses di dunia.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.