Jumat, 21 Juni 2019
InspirasiKesehatanLife Style

Tips Menjalankan Puasa Dengan Aktivitas dan Pilihan Makanan Sehat

Foto: pexels

Bulan Ramadhan adalah bulan yang telah di nanti-nanti oleh banyak umat muslim di dunia. Dalam bulan Ramadhan, umat muslim berpuasa selama 30 hari penuh yaitu dengan tidak makan dan tidak minum dari mulai subuh (pagi) hingga maghrib (petang) tiba. Disamping selama berpuasa seorang muslim harus menjaga hawa nafsunya, tidak berbicara yang tidak baik, tidak melakukan kejahatan, dan memperbanyak ibadah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

Nah, pada kesempatakn kali ini kita akan mengulas sedikit tentang aktivitas-aktivitas dan kebiasaan dalam memilih makanan untuk berbuka ataupun sahur selama bulan puasa. Tentunya kita ingin mengetahui makanan dan aktivitas yang bagaimana yang kurang tepat di lakukan selama bulan puasa. Simak ulasannya di bawah ini.

Bangun dan Makan Sahur

Jangan pernah melewatkan sahur. Saat kita makan sahur, kita telah mempersiapkan cadangan makanan untuk di olah menjadi energi selama kita beraktivitas seharian. Jika kita melewatkan makan sahur, maka sudah dapat di pastikan tubuh kita yang memerlukan energi untuk beraktivitas akan mengalami dehidrasi dan juga masalaha pencernaan. Oleh karena nya makan sahur selain juga berpahala juga memberikan kita persediaan makananan untuk membantu tubuh kita mendapatkan nutrisi selama beberapa jam kita berpuasa.

Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein Dan Bersoda

Foto: Pexels

Seperti teh, kopi dan juga minuma bersoda untuk sementara di hindari. Jika anda memang ingin meminumnya, maka anda bisa mengaturnya sendiri seperti meminumnya dua hari sekali atau tergantung dari managemen anda sendiri. Kenapa kita harus menghindari meminum minuman yang mengandung kafein saat berbuka puasa atau sahur? hal ini disebabkan karena kopi atau teh bisa menyebabkan hilangnya air dari tubuh (dehidrasi) dan akan menimbulkan rasa lapar. Disamping itu kafein yang terkandung dalam kopi dan teh akan membuat kita sakit kepala.

Jangan Tidur Setelah Sahur

Setelah menyantap sahur, usahakan jangan langsung tidur. Hal ini dikarenakan lambung kita sedang bekerja untuk mengolah makanan yang baru saja masuk. Jika kita langsung tidur setelah sahur, akan membuat lambung kita bekerja keras di tambah lagi tubuh kita dalam keadaan istirahat. Kita bisa mengaji setelah sahur dan sholat subuh untuk mengulur waktu. Selain itu kita pun bisa

Buka Puasa Dengan Yang Manis

Tidak selama nya minum teh manis menjadi minuman untuk berbuka puasa. Masih banyak pilihan minuman yang manis lainnya seperti air kelapa muda atau air tebu. Selain minuman yang manis, makanan yang manis juga harus di persiapkan seperti kurma atau agar-agar. Pilihlah makanan dan minuman yang bebas dari pengawet, dan bahan-bahan kimia serta juga hindari makanan junk food untuk berbuka puasa. Saat berbuka puasa, makan minum sekedarnya saja agar tidak kekeyangan. Pada dasarnya lambung kita mengecil saat kita berpuasa, nah sewaktu kita berbuka dengan segelas air minum dan beberapa potong kue maka kita akan merasa cukup (kenyang). Namun banyak di antara kita yang makan berat di saat berbuka yang menyebabkan sakit perut. Oleh sebab itulah kenapa kita di anjurkan untuk tidak makan yang berat-berat saat berbuka puasa. Selain menghindari sakit perut kita pun maksimal dalam beribadah.

Baca Juga :  5 Nama Tempat dan Desa Terpanjang di Dunia

Berolahraga Ringan Sebelum Berbuka Puasa

Foto: pexels

Saat puasa, badan kita akan terasa sangat lemas. Jika anda ingin tetap berolahraga, dianjurkan untuk tidak berolahraga yang berat-berat. Olahraga ringan seperti strecthing atau yoga bisa di lakukan selama 30 menit sebelum 1 atau 2 jam berbuka puasa. Berolahraga akan membuat aliran darah kita lancar dan membuat badan kita segar kembali setelah mandi sore hari.

Biasakan Membaca

Foto: Pexels

Perbanyaklah membaca Al-Quran karena membaca AL-Quran merupakan kegiatan yang positif dan menambah pahala kita. Pada satu riwayat menyebutkan bahwa membaca Al-Quran setiap hari akan mampu meningkatkan daya ingat kita terutama di umur senja. Selain membaca Al-Quran, kita juga bisa membaca buku-buku motivasi atau buku-buku pelajaran yang menarik bagi anda. Setelah membaca, berdiskusi dengan teman tentang apa yang telah di baca akan bermanfaat bagi otak kita untuk mengingat apa yang telah kita baca.

Demikian artikel tips menjalankan puasa dengan aktivitas dan pilihan makanan sehat. Semoga puasa kali ini kita termasuk kedalam orang-orang yang menang yang mampu memetik semua pahala di bulan puasa ini.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.