Friday, 22 March 2019
EntrepreneurInspirasi

Yohanes Auri – Agensi Desain yang Berawal dari Kamar Tidur, Kini Sudah Go International

Entreprenuer yang Sukses di Usia Muda

Punya usaha sendiri itu memang sangatlah keren dan mimpi semua orang, tetapi tidak semua mampu mencapai titik dimana usaha tersebut sudah tergolong sukses, contohnya seperti PT. Flux Asia Solusindo yang didirikan oleh Yohanes Auri, tentunya sebelum Yohanes sampai ketitik sekarang sudah pasti banyak rintangan yang menghampiri dan menghambatnya, tetapi dengan do’a, Usaha, dan ketidak mudahnya menyerah maka sampailah pada titik sekarang, semoga dengan artikel ini bisa memberikan kita motivasi untuk menjadi generasi penerus pengusaha-pengusaha muda yang berbakat dan diperhitungkan tidak hanya Nasional tapi juga International.

Yohanes Auri, pria kelahiran Jakarta, 08 Februari 1985 ini bermimpi memiliki sebuah perusahaan design miliknya sendiri. Mimpi itu dia wujudkan dengan memulai mengerjakan beberapa proyek design saat kuliah di Jurusan Design Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara.
Proyek Auri Yohanes pertama kali datang pada tahun 2004, yaitu mendesign sebuah logo kafe dengan harga 8jt.

Lulus pada tahun 2006, ia masih bertekad melanjutkan usahanya. Incarannya adalah perusahaan-perusahaan besar. Sayangnya hingga tiga bulan sudah lulus, tapi tidak ada satupun proyek yang ia dapatkan, sehingga dia berdo’a kalau ahir bulan ini belum ada juga proyek yang ia dapatkan maka niatnya untuk mendirikan perusahaan akan dibuang jauh-jauh, tapi jawaban tuhan lain.

Yohanes sendiri aktif berdo’a di gereja sambil membagikan brosur usaha design kepada jamaah gereja, namun tidaklama kemudian do’a Yohanes dijawab tuhan, tidak disangka satu jama’ah gereja menyukai design majalah hasil karya Yohanes, orang itu adalah pengurus asosiasi perbankan bernama Certificate Wealth Manager Association (CWMA). Ia pun memberikan pekerjaan kepada Yohanes untuk membuat design undangan dan buku kelulusan untuk sebuah acara CWMA. Nilainya proyeknya 20jt dan itu menjadi yang paling besar bayarannya pada masa itu.

Di acara CWMA itu dihadiri petinggi berbagai perusahaan perbankan. Ia yag hadir disana memberanikan diri untuk menawarkan jasanya. Dari situ ia mendapat banyak proyek. Iapun menutup tahun 2006 dengan tiga client perusahaan dan beberapa proyek kecil.

Yohanes menjadi single fighter hingga tahun 2007-an. Ia merangkap disemua bagian, mulai dari marketing, keuangan, mengerjakan proyek, dan juga pemiliknya. Ia sendiri menawarkan jasa ke lebih dari 40 perusahaan melalui faks dan telepon. Dari sebanyak itu nomor yang dihubungi hanya satu perusahaan yang tertarik menggunakan jasa Yohanes sehingga ia berani merekrut designer untuk bekerja kepadanya.

Tahun 2009 ia memiliki enam orang karyawan, hingga harus melebarkan kamar tempat dia bekerja supaya muat menampung karyawan. Tahun 2010 ia membuat badan usaha berbentuk PT agar bisa mengikuti tender dan memenangkan proyek-proyek besar, Client-client besarpun ia peroleh.

Baca Juga :  Nurana Indah Paramita – Menerangi Pulau dengan Turbin Pembangkit Listrik Arus Laut

Tahun 2012 yang lalu ia mendirikan usaha digital printing untuk mensinergikan usahanya, sehingga biaya cetak menjadi lebih murah. Kantor Flux-pun tidaklah dikamar lagi tapi sudah berbentu rumah yang dia beli dari hasil perjuangannya yang sekarang menjadi base kantor Flux. Dengan 200-an client tahun 2012 lalu maka Yohanes ingin mengembangkan usahanya ke kancah International, dan pada tahun 2017 sudah go International, berikut ini website Flux flux-design.us .

Berikut ini dua tips cepat :

  1. Ora et labora, berdo’a dan bekerja. Dekat dengan Tuhan, bekerja dengan keras, kesuksesan ada didepan mata.
  2. Latihlah kemampuan menjual, itu yang membedakan pebisnis dengan bukan pebisnis.
    Semoga kita yang masih muda dan punya mimpi dan juang yang tinggi bisa mengikuti jejak Yohanes Auri, menjadi pengusaha sukses di usia muda.

“Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah Anda, tetapi jika Anda mati dalam keadaan miskin itu kesalahan Anda”. Bill Gates

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.