Tuesday, December 11, 2018
Internetan

5 Tips Agar Password Anda Tetap Aman

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai bagaimana cara membuat kata sandi (password) yang bagus dan aman, alasan saya membuat artikel ini karena saya pikir sangat penting, karena di jaman modern sekarang ini hampir semua aktifitas dilakukan via online, mulai dari berbelanja, isi pulsa, kirim surat, dan aktifitas-aktifitas lainnya. Oleh karena semua aktifitas sudah dilakukan secara online maka sudah wajar jika sering terjadi berbagai macam kejahatan di dunia Internet, baikkah berupa penipuan, penyadapan dokumen-dokumen penting, pencurian uang, dan pembobolan gmail, maka tidak heran jika semua situs atau apapun yang berhubungan dengan Internet sekarang sudah menerapkan password, kegunaanya tidak lain hanya untuk keamanan data, nah, kali ini saya ingin menjelaskan ke anda semua bagaimana cara membuat kata sandi (password) yang aman, berikut ulasannya.

Supaya akun anda tetap aman, berikut beberapa tips bagaimana membuat password yang aman :

1.Buat password yang unik untuk masing-asing akun penting kamu

Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun penting anda, seperti email akun bengking online. Menggunakan ulang password yang beresiko. Jika seseorang mengetahui password akun yang anda gunakan untuk banyak akun istilah bahasanya (all in one), orang itu bisa berpotensi lagi untuk mengakses email, alamat, bahkan uang anda.

2.Menggunakan huruf campuran, angka-angka, dan simbol di password anda

Gunakan nomor, simbol dan campuran huruf besar dan kecil di password anda, dengan begitu akan menyulitkan seseorang untuk mengambil(hack) password anda. Sebagai contoh, ada delapan karakter password dengan kolaborasi antara nomor, simbol dan campuran huruf besar dan kecil akan sulit untuk di tebak karena dia mempunyai 30.000 kali kemungkinan kombinasi dari delapan karakter passsword dengan hanya huruf kecil.

3.Jangan menggunakan informasi pribadi atau kata-kata umum sebagai password

Buat password unik yang tidak berkaitan dengan informasi pribadi dan gunakan kombinasi huruf, nomor, dan simbol. Sebagai contoh, anda bisa memilih kata-kata acak atau prase dan masukkan huruf dan angka untuk permulaan, menengah, dan buat dianya untuk susah menebak (seperti “sPoOkyh@llow3En”). Jangan gunakan kata-kata simple atau kalimat seperti “password” atau “letmein”, pola keyboard seperti “qwerty” atau “qazwsx”, atau pola sekuensi seperti pola “abcd1234” yang mana membuat password mudah ditebak.

4.Pastikan rutin melakukan pengaturan ulang password anda supaya aman

Pastikan untuk secara teratur membuka email anda, karena biasanya ada pemberitahuan kalau terjadi aktifitas mencurigakan pada akun email anda. Anda bisa juga menambahkan nomor hp supaya ketika ada pengiriman kode reset password akan dikirimkan ke nomor anda via pesan teks.banyak website yang akan memberimu juga opsi untuk menjawab pertanyaan mengenai keamanan password jika anda lupa password anda. Jika anda bisa memilih pertanyaan sendiri, menanyakan pertanyaan yang jawabannya hanya anda sendiri yang tau. Jawaban yang tidak bisa ditebak seseorang dengan memindahkan informasi anda sudah posting di blog atau di timeline social networking anda. Kalau anda mempunyai pilihan pertanyaan dari opsi pilihan, seperti kota tempat anda lahir, coba temukan cara yang membuat jawaban unik dengan menggunakan tips di atas. Itu cara jika seseorang menebak jawaban, mereka tidak akan tau bagaimana memasukkan dengan benar.

5.Pastikan password anda tetap aman

Jangan tinggalkan history password anda di berbagai situs di komputer anda atau meja. Orang-orang yang yang menggunakan komputer tempat anda gunakan akan dengan mudah mencuri informasi ini dan digunakan untuk kompromi akun anda. Jika anda memutuskan untuk menyimpan password pada file komputer anda, buat nama yang unik untuk file tersebut sehingga orang tidak tau apa maksud dari isi file tersebut. Menghindari pemberian nama yang jelas, seperti “my passwords”. Jika anda mempunyai waktu yang sukar untuk mengingat multiple password, percayakan password menejer adalah solusi yang bagus. Luangkan waktu beberapa menit untuk memeriksa ulasan dan reputasi dari layanan ini.

Sekian dari saya mengenai 5 Tips Agar Password Anda Tetap Aman semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca dan juga bagi penulis pastinya, jangan lupa masukan dan kritikannya ya bos, karena saya sadar banyak sekali kekurangan di setiap artikel yang saya publish, maka dari itu saya butuh kritikan atau masukan dari agan untuk perbaikan yang lebih baik kedepannya, salam bogger newbie.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.