Tuesday, December 11, 2018
SEO

#5 Langkah Cara Membuat Akun Google AdWords dengan Mudah

Google Adword adalah aplikasi yang dimiliki oleh google yang launching pada bulan Oktober tahun 2000, berarti sudah 15th lebih Google Adword berperan aktif dalam hal mempromosikan setiap business online pada mesin pencari, adapun Google Adword adalah program Google (PPC) Pay-Per-Click, artinya anda disini bisa mempromosikan situs dan hanya akan membayar jika iklan anda diklik oleh user, untuk harga perkliknya itu sudah ditentukan oleh pihak Google Adword ini, dengan mempromosikan Situs anda lewat jasa Google Adword maka situs anda akan cepat mendatangkan pengunjung.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari hasil googling, fasilitas tool yang terdapat dalam aplikasi google adword bukan hanya untuk mengelola iklan, tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan tool google keyword planner, tool tersebut sangat bermanfaat digunakan untuk mencari, menganalisa dan riset kata kunci untuk sebuah judul artikel yang akan anda gunakan ketika menerbitkan sebuah artikel, dan dengan menggunakan tool ini besar kemungkinan anda akan mendapatkan celah atau kesempatan untuk bisa membuat artikel anda muncul pada posisi pertama di mesin pencari.

Pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar mengenai apa itu google adword, cara menggunakan google adword dan cara menyikapi semua pesan-pesan dari google adword, baik itu bad message atau good message, namun pada artikel kali saya akan fokus pada bagaimana Membuat Akun Google Adword. Sebenarnya cara membuat akun google adword ini sangat mudah sekali, tetapi bagi yang belum pernah mencoba mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

Langkah-langkah membuat akun google adword :

Langkah #1

Masuk ke-situs Google Adword, kemudian cari tombol Start Now, biasanya ketika anda sudah masuk kehalaman home adward maka langsung terpampang dengan jelas tombol Start Now disebelah kiri, dan kalau anda scrool ke bawah maka akan jumpa tombol Start Now yang ke-dua, kemudian tekan tombol tersebut untuk memulai

Langkah #2

(1) About your business : Anda sudah berada pada halaman pendaftaran Akun Google Adword, isikan setiap textbox.

Berikut cara pengisiannya :

##What is your email address ?

Isikan nama email anda, contoh : publicparadise123@gmail.com, yang belum punya gmail (baca : Cara Membuat Email Baru di Gmail)

##What is your website ?

Isikan nama website anda, contoh : www,optimisinfo,blogspot,com

Setelah diisi semua kemudian klik tombol Continue, lihat tanda panah merah pada gambar di atas.

Langkah #3

(2) Your first campaign : Pada halaman ini hanya fokus pada tema atau grup produk. Untuk membuat kampanye(iklan), anda harus memasukkan nominal budget(modal), pilih hadirin/pengunjung, dan buat iklan anda. Harus diingat, anda tidak akan dikenakan biaya untuk memilih opsi, dan anda bisa mengubahnya nanti.

Panduan pengisian :

##Decide how much to spend

Pada bagian ini anda dimintakan untuk mengisi berapa rata-rata budget/modal anda perhari. Uang anda akan dipotong ketika seseorang mengklik iklan anda. Silahkan isi angka jumlah uang modal anda (Contoh – IDR : 1000000), (bisa diabaikan).

##Choose a target audience

Pada bagian ini anda harus menentukan target Lokasi (Location) negara pengunjung website anda, pada bagian jaringan (Network) anda tidak perlu edit lagi, pada bagian Kata Kunci (Keywords) anda bisa menentukan kata kunci apa aja yang digunakan untuk target iklan di mesin pencari nanti atau bisa juga kata kunci yang sudah ada di hapus, dan bisa juga dengan menambahkan kata kunci baru, bagian keywords ini wajib dipililih kemudian klik tombol Save

##Set your bid

Ini bagian penawaran pembayaran perklik iklan, secara default bagian ini sudah otomatis, artinya sudah ditentukan oleh pihak google adword, tapi kalau anda ingin menentukan sendiri juga bisa, dengan memilih opsi kedua, (bisa diabaikan).

##Write your ad

Pada bagian ini anda diminta untuk membuat iklan sendiri, tidak ribet, anda hanya butuh menuliskan kata-kata, tidak saya jelaskan lebih detail karena disini anda bisa bereksperimen sendiri dan bisa melihat hasilnya langsung, jadi silahkan bereksperimen sesuka hati anda. Pada bagian Write your ad ini wajib di buat ya guys.

Berikut panduan dalam bentuk gambar

Jika sudah klik tombol Save and continue, perhatikan tanda panah merah pada gambar di bawah #Langkah 3.

Langkah #4

(3) Billing : Pada halaman ini isi semua textbox untuk keperluan pembayaran iklan anda.

Panduan Pengisian :

##Country

Pilih jenis negara, kalau anda tinggal di Indonesia maka pilih Indonesia

##Tax Information

Pilih Status pajak anda, Business atau pribadi, kemudian isi nomor NPWP kalau tidak ada jangan di isi

##Name and address

Isikan nama bisnis anda (Business Name), nama anda (Name), Alamat anda (Address line 1) tinggal sekarang ( kalau ada dua alamat silahkan alamat yang kedua isi di textbox kedua), isikan Kota kelahiran / kota sekarang / kota satelit (Town/City/Suburb), isi kode pos (Postal code) dengan cara tentukan dulu provinsi anda tinggal sekarang, Primary contact -> isikan nama asli anda (Name) dan nomor hp. (Phone number).

##How you pay

Silahkan pilih metode pembayaran, Otomatis atau manual, berikut penjelasan dari masing-masing metode :

*Automatic payments (recommended) : pelayanan anda akan segera dimulai, dan anda akan membayar setelah ditetapkan jumlah pembayaran. Anda dikenakan biaya otomatis bila saldo anda sudah mencapai sejumlah yang sudah ditetapkan, atau 30 hari setelah pembayaran otomatis anda, terserah yang mana duluan.

*Manual payments : Pembayaran di muka, dan kami memotong biaya pembayaran dari saldo pra-bayar anda.

Setelah anda menentukan jenis pembayaran selanjutnya lengkapi pengisian selanjutnya, seperti (card number), bulan, tahun, (CVC) Card Verification Number dan terahir isi nama pemegang kartu (Cardholder Name), jangan lupa centang checkbox kalau alamat kartu kredit dan debit sama seperti yang sudah di isi sebelumnya.

##Introductory offer

Isikan alamat Gmail anda, kegunaannya untuk google AdWords mengirimkan pemberitahuan ke Gmail anda, seperti penawaran promosi, undangan untuk mencoba fitur baru yang ada di google AdWords dan google Survey. Kalau anda ingin dapatkan informasi secara update dari ketiga hal yang sudah saya jelaskan di atas maka silahkan isikan alamat email anda dan tekan tombol Apply, tapi kalau agan tidak mau ya endak apa-apa tinggal di skip aja kok ;).

##Time zone

Untuk bagian ini harus mikir dulu panjang lebar ya guys, karena untuk Time zone hanya waktu anda Sign Up aja bisa di ubah, setelah proses Sign up selesai maka untuk bagian ini tidak bisa lagi di uta atik/ubah, sesuai dengan keterangan yang sudah dibubuhi oleh google AdWords “Time zone applies to your entire account and cannot be changed later”.

Jika sudah di isi semua proses selanjutnya klik tombol Save and Continue, perhatikan tanda panah merah pada gambar di bawah Langkah #4.

Langkah #5

(4) Review : Ini adalah bagian terahir dari proses daftar AdWords, sebelum anda klik tombol Save and continue ada baikknya baca semua keterangan, mulai dari Billing profile, Billing preferences dan Google Asia Pacific Pte. Ltd. Advertising Program Terms, “mengapa harus baca semua keterangan di atas ?”, Karena jika ada yang salah anda bisa Go Back lagi ke halaman sebelumnya. Dan jika anda sudah setuju dengan semua hal yang sudah diuraikan oleh Google Adwords silahkan centang checkbox “Yes, I agree to the above terms and conditions” dan terahir klik tombol Save and continue.

Itu dia gan Lima Langkah Membuat Akun Google Adwords dengan Mudah, semoga artikel ini dapat membantu agan/sista untuk membuat Akun Google AdWrods, kalau punya kendala dalam proses daftar AdWordsnya silahkan komen di bawah. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.