Tuesday, December 11, 2018
SEO

Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Menghidupkannya

Kita yang sering berkecimpung di dalam dunia blogging, pasti ada keinginan didalam setiap diri kita supaya blog populer di mata mesin pencari, seperti mesin pencari Google, Bing, dan Yahoo, namun dalam hal ini bukan blog yang kita inginkan untuk populer, karena kalau Blog semua orang didunia ini pasti tau, akan tetapi maksud saya nama blog kita seperti contoh beuget.com atau pun bisa jadi artikel kita seperti contoh artikel Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Menghidupkannya namun biasanya dari pengalaman saya orang hanya akan mengingat judul depan saja seperti Apa Itu Backlink. Nah, supaya blog kita populer di mata mesin pencari tentunya ada beberapa hal yang harus kita terapkan diblog, salah satunya Backlink, sebelum saya membahas Bagaimana Cara Menghidupkan/Membangun backlink akan lebih baiknya saya jelasin terlebih dahulu supaya agan tidak kebingungan, tidak mungkin jugakan saya jelasin panjang lebar kalau agan aja belum tau apa itu backlink (What is the Backlink ?).

Pengertian Backlink ?

Backlink, juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, atau situs web) dari node web lain. Atau bahasa mudahnya itu backlink adalah link balik, sebagai contoh link atau dalam bahasa microsoft dinekal dengan Hyperlink seperti ini, pastinya kalau suatu gambar ataupun teks kalau sudah ada link maka otomatis berwarna biru kecuali sudah di ubah warnanya, dan ketika anda deketin kursor mousenya ke tulisan “ini” maka kursornya akan berubah menjadi kursor berbentuk tangan, dan bergaris bawah  kemudian ketika anda klik maka akan di redirect atau dibawa kehalaman situs web/blog, untuk contoh penulisan rumus linknya seperti ini :

[php]<a href=’alamat situs web’>text anchor</a>[/php]

Contoh penulisannya :

[php]<a href=’example.com’>contoh link1</a>[/php]

atau

[php]<a href=’example.com’ rel=’nofollow’>contoh link2</a>[/php]

Dari kedua contoh di atas hasilnya contoh link1 dan contoh link2, namun perbedaannya adalah kalau yang contoh link1 contoh link dofollow dimana ketika kita klik link tersebut maka akan ada action dimana kita akan diarahkan kehalaman sebuah situs web, dan yang contoh link2 adalah contoh link nofollow dimana ketika kita klik maka tidak ada action apapun, kebalikan dari fungsi dofollow.

contoh link yang sudah jadi (beuget) rumusnya adalah :

[php]<a href=’https://www.beuget.com/’>beuget</a>[/php]

Sedangkan pengertian back adalah ketika kita klik link tersebut maka diteruskan kehalaman web yang bersangkutan oleh karena itu dinamakanlah backlink.
Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya Search Engine) sebagai dasar navigasi web; hari ini, kepentingannya terletak pada peringkat Search Engine Optimization (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan Page rank dari halaman web).

Cara Menghidupkannya

  • Cara menerapkan/menghidupkan backlink ada banyak cara, dan saya akan jelaskan satu persatu namun berdasarkan pengetahuan dan kasus yang pernah saya implementasikan.
    Blog Walking + Komentar, dengan cara ini anda bisa menerapkan backlink, saran dari saya kunjungin situs-situ web atau blog yang sudah punya nama atau yang sudah banyak mendapatkan komentar, tapi pada blog yang dofollow, karena setiap blog ada aturan main komentarnya, oleh karena itu ikuti aturan main blog tersebut, ada sebagian blog ketika kita komentar tidak secara otomatis terpublish melainkan diapprove terlebih dahulu sebelum di publish oleh adminnya, maka dari itu berkomentarlah dengan santun dan dengan begitu anda punya space atau opportunity untuk menerapkan backlink anda, saran dari saya cari komentar yang kurang dari 50 dan jangan di atas 50 komentar, karena kalau anda berkomentar pada bilangan yang ke-51 maka kecil kemungkinan komentar anda akan di baca dan bisa jadi nihil, nah kalau sudah seperti itu maka sia-sia backlink anda.
  • Forum Online, gabunglah pada forum-forum online, dengan begitu anda bisa mengikuti topik yang dibahas dan selanjutnya berkomentarlah sambil meninggalkan backlink “nyelam sambil minum”, tapi usahakan komentar anda jangan terlalu kaku sehingga terkesan seakan-akan anda berkomentar hanya untuk meninggalkan link situs anda maka orang akan cuek dengan komentar anda, tetapi komentarlah dengan cerdas dengan begitu orang tidak akan terpikir tujuan anda komentar untuk backlink, adapun situs Forum Online yang saya rekomendasikan (bersosial.com, forum.detik.com dan kaskus.co.id).
  • Partisipasi Topik di Forum Online, agan bisa membahas satu topik pada forum online seperti kaskus, dengan begitu agan bisa menerapkan backlink, kalau sudah berkecimpung pada forum apalagi forum nomor-1 di Indonesia seperti kaskus dan agan ikut berpasitipasi topik dalamnya, maka sangat besar komungkinan blog agan akan cepat populer.
  • Guest Blogging, menulis artikel pada blog kawan anda, tapi saran dari saya pada blog yang sudah populer atau yang sudah banyak pengunjungnya, bagaimana cara mengetahuinya ?, bisa dengan meninjau beberapa artikel pada blog tersebut dan lihat komentarnya, banyakkah atau tidak. Nah, dengan begitu agan bisa meninggalkan jejak pada artikel yang agan tulis yang nantinya akan mengarah ke-blog agan, seperti contoh, Sumber Artikel dan lain sebagainya, terus jangan lupa backlink yang nantinya menuju ke blog agan.
Baca Juga :  Bagaimana Cara Membuat SEO Backlinks Berkualitas

Itu saja yang dapat saya sharing, semoga bermanfaat, dari beberapa point yang saya bahas di atas itu hanyalah sebagian kecil dan masih banyak lagi cara lainnya, oleh karena itu agan boleh kasih masukkan atau tambahan.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.