Sabtu, 14 September 2019
Kesehatan

4 Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kita Agar Tetap Sehat

Foto: Pexels

Buah semangka merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi masih banyak di antara kita yang belum mengetahui tentang manfaat buah semangka. Sebenarnya banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan, namun pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa saja yang menjadi manfaat dari buah semangka bagi tubuh kita.

1. Manfaat Semangka Untuk Obat Anti Kanker

Image: pexels

Buah semangka memiliki salah satu kandungan antioksidan yaitu likopen. Likopen mampu mencegah kerusakan sel yang di akibatkan oleh radikal bebas dan juga melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Selain Likopen, buah semangka juga kaya akan vitamin C. Bagi wanita, tentu saja manfaat dari buah semangka ini mampu membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Disamping itu, buah semangka juga bisa mencegah kanker prostat. Sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari anti oksidan alami untuk mencegah kanker.

2. Manfaat Semangka Dapat Mengatasi Sembelit

Foto: tophealthjournal

Sembelit atau sulit buang air besar memang sangat tidak nyaman apa lagi bagi anda yang sedang sibuk dengan kerjaan. Nah, semangka dengan vitamin C dan banyak mengandung air bisa menjadi solusi mengatasi sembelit. Jadi bagi anda yang sedang sulit buang air besar, mungkin anda bisa mengkonsumsi buah semangka untuk meredakan sembelit. Selain buah semangka, buah melon juga bisa mengatasi sembelit.

3. Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Foto: Pexels

Mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang sehat sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Terutama dimasa awal kehamilan. Salah satu buah yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah buah semangka. Manfaat buah semangka bagi ibu hamil adalah meredakan nyeri otot dan menurunkan tekanan darah. Vitamin C dari buah semangka bagus untuk pembentukan tulang dan kulit bayi.

Baca Juga :  Pengaruh Positif dan Dampak Negatif Bermain Mobile Legend Terhadap Kehidupan Gamers

Khusus untuk ibu hamil, harus diperhatikan pemilihan buah semangka yang bagus.  Carilah buah semangka yang bentuknya simetris, tidak memiliki retakan atau memar. Untuk semangka yang sudah masak memiliki kulit yang mengkilat dan juga bagian bawahnya agak berwarna kuning.

4. Manfaat Semangka Untuk Diet

Foto: Pixabay

Ada banyak buah-buahan yang bisa menjadi pengganti nasi jika anda sedang melakukan program diet. Buah semangka cocok bagi anda yang sedang diet, pasalnya buah semangka ini bisa mengenyangkan. Biasanya bagi anda yang tidak memiliki riwayat darah rendah, mungkin bisa mengkonsumsi buah semangka secukupnya. Akan tetapi bagi anda yang punya riwayat darah rendah, ada baiknya mengkonsumsi buah pepaya sebagai ganti nasi.

Nah itu dia sedikit tentang artikel 4 Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kita Sehat Dan Kuat. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.