Rabu, 23 Oktober 2019
Keuangan

Gaji Kecil? Begini Cara Mengelola Uang yang Tepat

Image: Pixabay

Jangan Galau dengan Gaji Kecil, Begini cara Mengelola Uang yang Tepat Agar Tidak Defisit

Halooo..

Sudah mendekati awal bulan nih, yang pastinya tengah menanti gajian bukan?

Mempunyai gaji tetap memang menyenangkan ya. Dengan gaji tersebut bisa membeli apa pun yang diinginkan.  Gaji tiap orang biasanya bervariasi. Ada yang sudah mencapai puluhan juta karena memang telah lama bekerja dengan posisi yang prestisius. Ada pula yang bergaji kecil karena baru terjun bekerja. Nah, yang punya gaji kecil ini yang biasanya agak kerepotan dalam mengelola uang. Ingin menabung, tapi untuk kebutuhan pribadi saja masih kurang? Ada yang pernah mengalami hal demikian.

Pastilah banyak yang merasakannya. Namun, Anda tidak perlu galau dulu, meskipun punya gaji kecil, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar gaji tidak defisit di akhir bulan dan berujung besar pasak dari pada tiang. Mau tahu apa saja caranya, simak yuk!

1. Buat Anggaran Apa Saja Pengeluaran Bulan ini

Sesaat setelah menerima gaji, yang terbesit di kepala adalah belanja dan belanja. Benar bukan? So pastilah, semua orang juga demikian.  Ada yang belanja untuk keperluan rumah tangga, ada pula yang belanja untuk bersenang-senang saja. Untuk yang bergaji kecil, cara mengatur yang tepat adalah dengan membuat anggaran apa saja pengeluaran untuk bulan ini. List semua setelah itu bisa di pilih manakah yang masuk kategori penting dan mendesak. Mana pula pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting. Yang terakhir ini yang bisa di kick dari list agar tidak memberatkan.

2. Rem Pengeluaran yang Tidak Penting

Ada beberapa jenis pengeluaran. Ada yang masuk kategori penting ada juga yang tidak penting. Biasanya setiap menerima gaji bawaannya ingin membeli apa pun yang diinginkan meski masuk kategori tidak terlalu penting. Pengeluaran semacam ini yang perlu di rem agar tidak membuat gaji jebol dan tidak cukup.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Gajian

3. Jangan Lupa Sisihkan Untuk Tabungan

Dari gaji yang telah diterima, jangan lupa sisihkan beberapa persen untuk tabungan. Meskipun sedikit yang bisa ditabung, jika dilakukan secara rutin, tabungan tersebut bisa jadi banyak lho.

4. Hindari Hutang

Hal lain yang wajib dilakukan agar gaji tidak selalu kurang selain menghemat pengeluaran adalah dengan menghindari hutang. Hutang meskipun hal sepele , tapi bisa menjadi candu yang merugikan dan akan membuat gaji selanjutnya selalu tidak cukup. Keadaan yang demikian justru akan menghadirkan gali lubang tutup lubang. Jadi sebisa mungkin hindarilah hutang. Hidup sewajarnya sesuai dengan kondisi keuangan.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Ingin membeli sesuatu yang diinginkan, tapi gaji tidak cukup dan masih ingin menabung juga?mencari penghasilan tambahan mungkin bisa jadi jalan keluar yang tepat. Penghasilan tambahan bisa didapat dengan cara apa pun. Bisa kerja part time, jualan online serta pekerjaan lain yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Bergaji kecil bukanlah hal yang menyedihkan karena harus menahan keinginan jika ingin membeli sesuatu. Hal tersebut masih tetap bisa dilakukan jika bisa mengelola uang dengan baik. Jika telah berhasil, maka dengan gaji berapa pun, membeli sesuatu dengan harga mahal juga tetap bisa dilakukan.

Gaji kecil tidak seharusnya membuat orang minder dan kecewa. Padahal banyak juga orang yang bergaji kecil hidupnya bahagia dan tenteram. Kuncinya, pandai mengatur dan pandai bersyukur. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat!

Admin Beuget
the authorAdmin Beuget
Admin
Pengelola website Beuget.