Jumat, 23 Agustus 2019
Keuangan

Ini dia Cara Mengelola Uang Bagi Kaum Milenial

Image: Pixabay

Cara Paling Tepat Mengelola Uang Bagi Kaum Milenial, Cobain yuk!

Keuangan menjadi hal penting dalam kehidupan, yang berkaitan dengan masa depan. Dapat mengelola keuangan dengan bagus, akan berdampak bagus pula pada masa yang akan datang. Mengelola uang, terutama bagi kaum milenial yang tuntutan gaya hidupnya lebih tinggi pastilah tidak mudah. Padahal seiring berjalannya waktu, akan ada banyak hal yang dibutuhkan untuk masa depan nanti.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh milenial dalam mengelola keuangan sehingga bisa mempersiapkan kebutuhan untuk masa depan mendatang. Anda juga bisa coba lho.

1. Buat Rencana Keuangan yang Jelas

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rencana keuangan yang jelas. Banyak lho, para kaum milenial karena tengah asyik menikmati hidup yang sesuai dengan tuntutan gaya hidup dan akhirnya lupa membuat rencana keuangan .  Bisa ditebak, uang yang dihasilkan akhirnya tidak bersisa dan tidak ada sisa uang yang bisa dialokasikan untuk masa depan. Rugi banget bukan?.

Agar tidak terjadi hal yang demikian, cobalah untuk memulai rencana dari sekarang. Mulai dari rencana jangka pendek hingga jangka panjang.

2. Miliki Tabungan dan Investasi

Salah satu rencana keuangan yang bisa diaplikasikan adalah dengan membuat tabungan dan mulai melakukan investasi. Berpikir terlalu dini untuk melakukan investasi dan punya tabungan?

Justru semakin muda usia dalam mempersiapkan hal tersebut, masa depan yang tidak pasti akan terkikis. Jadi, jangan hanya berpikir bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang usia tua. Ayo, mulai sekarang pikirkan investasi apa yang cocok dan sesuai dengan keuangan.

3. Siapkan Dana untuk Pendidikan Anak

Kehidupan akan terus berlanjut melewati beberapa fase. Fase yang akan dilalui salah satunya menikah dan punya anak. Nah, bagi kaum milenial yang cerdas, dana pendidikan ini harus disiapkan sejak jauh hari. Karena apa? Dana untuk pendidikan  tentu tidak sedikit. Jika sudah dipersiapkan sejak lama, tidak akan mengalami kesulitan saat telah mempunyai anak.

Baca Juga :  10 Cara Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

4. Kurangi Gaya Hidup yang Tidak Penting

Kaum milenial identik dengan gaya hidup hedon dan konsumtif. Semua hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh lingkungan. Agar tidak mengalami kegagalan dalam mengatur keuangan dan tidak ada tabungan untuk masa depan, alangkah bijaknya jika gaya hidup yang tidak penting tersebut mulai dikurangi. Masih bisa kok, berkumpul dengan kaum milenial yang gemar konsumtif, hanya saja harus punya pengendalian diri yang kuat dan tahu mana yang penting dan mana yang tidak.

5. Siapkan Juga Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun? Mengapa tidak?banyak lho sekarang kaum milenial yang mulai menyiapkan dana ini. Ini karena mereka sadar bahwa tidak selamanya mereka akan terus bekerja dan menghasilkan uang. Cara yang bisa dilakukan agar bisa menikmati masa tua dengan tenang tanpa bekerja, adalah dengan  menyiapkan dana pensiun. Anda juga bisa mulai melakukan poin ini untuk mengatur keuangan di masa depan.

Bagaimana? Sudah punya gambaran bagaimanakah cara mengelola uang saat ini untuk kehidupan masa yang akan datang. Ternyata cukup mudah bukan cara mengaturnya. Yang paling sulit biasanya adalah tekad dan keyakinan. Oleh karena itu, tekad kuat dalam mengatur keuangan harus hadir dalam diri. Karena jika telah terpengaruh lingkungan milenial yang lain, bisa-bisa tekad itu berhenti di tengah jalan lho. Selamat mencoba!

Admin Beuget
the authorAdmin Beuget
Admin
Pengelola website Beuget.