Jumat, 19 Juli 2019
KeuanganPendidikan

Proses Pengambilan Keputusan Yang Efektif Dalam Perusahaan

Foto: Pexels

Pengambilan keputusan merupakan penetapan atau pemilihan suatu alternatif yang tersedia. keputusan dibuat oleh manajemen / pimpinan perusahaan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi atau untuk meningkatkan kesejahteraan perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Berikut beberapa proses dalam pengambilan keputusan;

1. Mengenal Aktivitas Dunia Nyata

Mengenal Aktivitas Dunia Nyata
Foto: Pexels

Pada umumnya, penggolongan aktivitas menurut fungsinya ini sejalan dengan struktur perusahaan yang telah ditetapkan, karena berbagai departemen atau bagian dalam perusahaan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan pekerjaan dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Jadi dengan mengenal aktivitas baik dikantor dan diluar kantor, seseorang akan bekerja sesuai dengan fungsi yang harus dijalankan.

2. Mengenal Persoalan

Mengenal Persoalan
Foto: Pixabay

Persoalan adalah kondisi nyata yang pasti akan terjadi, situasi yang tidak menentu, kesukaran dan kebingungan, serta hal-hal terjadi yang tidak sesuai dengan apa yang kita/perusahaan harapkan. Pada proses ini, manajemen perusahaan harus mengetahui penyebab terjadinya persoalan dan akibat yang akan ditimbulkannya. Apakah tingkatan persoalan tersebut sangat berat, cukup berat, berat, ringan, dan sangat ringan. Dari tingkatan tersebut akan dapat ditetapkan berbagai konsekuensi yang mungkin muncul.

3. Menetapkan Alternatif

Menetapkan Alternatif
Foto: Pixabay

Langkah selanjutnya untuk mengambil keputusan adalah menetapkan alternatif penyelesaian persoalan. penyebab persoalan atau akibat dari persoalan harus harus dipahami berada ditingkatan yang mana, jadi alternatif akan didapatkan dari tingkatan persoalan tersebut. Biasanya manajemen akan mengambil langkah untuk menyelesaikan persoalan pada tingkatan sangat berat terlebih dahulu agar mengurangi dampak yang akan terjadi. Manajer atau pemimpin perusahaan harus memiliki kemampuan untuk memilih alternatif secara tepat di dalam berbagai alternatif yang ada.

Jika Anda seorang manajer, apa yang Anda lakukan agar penyelesaian persoalan dan pengambilan keputusan berjalan dengan efektif ?

Penting untuk diingat, bahwa Manajer harus mengetahui seberapa berkualitas keputusan yang sudah ditetapkan dan apakah keputusan tersebut dapat diterima oleh pihak yang melaksanakan keputusan tersebut. kualitas tujuan akan ditetapkan oleh bagaimana proses keputusan yang baik dilaksanakan. Manajer memiliki pilihan untuk mengambil keputusan sendiri atau mengambil keputusan melalui bantuan orang lain. Misalnya, banyak perusahaan atau pada perusahaan besar pasti membentuk sebuah tim untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan di berbagai tingkat manajemen. Namun, untuk mendapatkan keputusan yang optimal terkadang harus melibatkan banyak orang/pihak.

Baca Juga :  6 Web Penyedia Jurnal Artikel Bahasa Inggris Gratis dan Berbayar
Itu dia sedikit penjelasan tentang bagaimana Proses Pengambilan Keputusan Yang Efektif Dalam Perusahaan, semoga bermanfaat.

Ref: Siswandi. Aplikasi Manajemen Perusahaan: Analisis Kasus dan Pemecahannya. Ed.3. Jakarta: Mitra Wacana. 2011

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer