Senin, 22 Juli 2019
Life Style

10 Cara Mengatasi Stress Zaman Now

Coba cara di bawah ini untuk menghilangkan stress

Di zaman yang serba sibuk sperti saat ini, manusia dituntut untuk bekerja lebih keras, lalu stress pun datang tak di undang. Berbagai macam penyebab terjadinya stress, contoh stress karena masalah pekerjaan, masalah pribadi, masalah cinta, stress karena kemacetan, dan macam penyebab stress lainnya. Saat stress menghadang dan  tidak dapat di hindari, maka kita harus mampu mencari solusi atau paling tidak mencari hal-hal yang mampu mengurasi rasa stress kita. Nah pada kesempatan kali ini kita akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan stress.

1. Tidur Teratur

Cara Mengatasi Stress

Memiliki waktu yang cukup untuk tidur di malam hari membuat badan kita segar kembali saat terbangun. Saat stress kebanyakan orang tahu bahwa ia tidak akan bisa tidur. Namun tahukah anda bahwa tidak cukup tidak dapat menyebabkan stress? Ya, kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan stress. Pastikan anda tidur 7 hingga 8 jam perhari. Matikan smartphone anda, TV, dan matikan lampu lebih awal agar anda dapat terlelap. Dengan cara ini anda berarti telah berhasil menghindari stress.

2. Olahraga

Cara Mengatasi Stress

Berolahraga bukan berarti harus mengangkat berat atau berlari marathon. Terkadang hanya dengan berjalan kaki disekitaran tempat kamu bekerja mampu menghilangkan stress. Ataupun anda juga bisa melakukan stretch sederhana untuk melonggarkan urat-urat anda sehingga aliran darah mengalir dengan sempurna. Dengan begitu berolahraga pada dasarnya akan mampu meningkatkan mood anda sehingga stresspun hilang.

3. Minum Teh Hijau

Cara Mengatasi Stress

Teh hijau memiliki kafein yang rendah dari kopidan teh biasa. Teh hijau pun di yakini memiliki antioxidant, theanine, asam amino yang mampu menenangkan sistem syaraf. Biasanya para raja zaman dulu di China minum teh hijau sambil santai diiringi dengan musik. Cukup menenangkan bukan ? ^_^

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Gajian

4. Bermain Game

Cara Mengatasi Stress

Asalkan jangan terlalu lama, bermain game atau videogames akan membuat otak kita refresh sejenak. Pilihlah videogames yang ringan dan tidak membutuhkan analisa yang mendalam. Contoh bermain ludo king yang saat ini sedang digemari. Untuk game versi real, anda bisa mencoba game tradisional Indonesia yang berkembang di berbagai provinsi di Indonesia, contoh bermain galah galah panjang bersama teman.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mengatasi Stress

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, sudah barang tentu badan kita dan otak kita pun akan sehat. Banyak dokter yang menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Makanan sehat yang selalu kita konsumsi, dapat menghindarkan kita dari keadaan stress.

6. Dengar Musik

Cara Mengatasi Stress

Banyak diantara kita tentunya suka mendengar musik. Ya…mendengar musik ternyata bisa membuat pikiran kita tenang. Tiap-tiap kita akan memiliki jenis musik yang berbeda-beda, maka oleh karena nya untuk menghilangkan stress pilihlah musik yang menurut kamu bisa menghilangkan stress. Bagi mereka yang suka lagu rock, mungkin lagu jenis keras tersebut mampu menghilangkan stress mereka. Jadi, stress kamu akan hilang tergantung pada pilihan jenis musik yang kamu sukai.

7. Jalan-Jalan ke Pantai atau Berlibur

Cara Mengatasi Stress

Suara gemercik air ombak, angin sepoi-sepoi, biru nya langit yang menyatu dengan air laut, dan bukit-bukit nan hijau akan memanjakan mata, jiwa dan pikiran kita. Jalan-jalan ke pantai bukanlah ide yang buruk untuk menghindari stress. Ibarat smartphone, jalan-jalan ke pantai justru dapat membuat badan mu seperti charged hingga 100 percent. Bagi kamu-kamu yang tinggal jauh dari pantai, kamu mungkin bisa mencari taman-taman kota atau tempat-tempat asyik untuk berlibur. Tapi harus diingat, cari tempat yang dekat, murah meriah. Jangan sampe ngutang ya untuk hanya ingin berlibur. Boro-boro bisa menghilangkan stress, sepulang dari liburan justru ‘sakit’  kepala mikirin bayar hutang hehehe.

8. Minum atau Makan Coklat

Cara Mengatasi Stress

Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? cokelat hampir diminati oleh berbagai kalangan, dari mulai anak-anak, hingga orang dewasa. Dilihat dari kandungan nya cokelat diyakini mampu menghilangkan stress. Cokelat mengandung beberapa unsur yaitu caffeine, methyl-xanthine, phenylethylalanine, dan theobromine, yang mana unsur-unsur tersebut di yakini mampu memperbaiki mood seseorang hingga ia terhindar dari depresi atau stress. Sebagai tambahan cokelat pun mampu mengurangi kelelahan. Sehingga cocok untuk di konsumsi di penghujung hari setelah lelah beraktivitas seharian.

Baca Juga :  Jangan Lakukan 5 Hal ini Jika Tidak Ingin Rugi di Pasar Saham

9. Ngobrol Bersama Teman

Cara Mengatasi Stress

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena nya kita harus bersosial. Melakukan interaksi dengan orang-orang terdekat kita membuktikan bahwa kita masih hidup. Dengan berkomunikasi dengan teman atau orang-orang terdekat kita akan mampu menghindarkan kita kepada stress.

Bagi kamu yang mengalami stress, ada baiknya melakukan curhat-curhatan dengan teman atau orang yang bisa kamu percayai. Jangan terlalu memikirkan masalah, justru dengan curhat dengan teman akan mampu meringakan beban stress mu. Bahkan temanmu bisa memberimu beberapa saran atau solusi, sehingga stresspun hilang. Silakan di coba. ^_^

10. Karaoke

Cara Mengatasi Stress

Budaya karaoke merupakan salah satu budaya orang jepang dan korea. Mereka biasanya melakukan karaoke bersama teman atau anggota keluarga untuk refreshing. Karaoke pun akhirnya masuk ke Indonesia seperti seperti saat ini kita sudah bisa melihat banyak sekali tempat-tempat karaoke.

Tidak ada salahnya bukan kita berkaraoke untuk menghilangkan stress walaupun suara sangat jelek sekali hehehe.  Tapi yakinlah, suara yang kita keluarkan tersebut dapat menghindari kita dari stress.

Nah itu dia 10 cara menghilangkan stress zaman now. Stres adalah hal yang paling tidak disukai, oleh karenanya beberapa cara diatas mampu menghilangkan stress yang kamu alami. Semoga bermanfaat, silakan share ke teman-teman mu juga ya. ^_^

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.