Rabu, 23 Oktober 2019
KeuanganLife Style

12 Alasan Kenapa Kamu Harus Melakukan Investasi

Image: Pixabay

Investasi (Saham) adalah salah satu cara supaya kita bisa memiliki perusahaan, banyak dari kita yang ingin mempunyai perusahaan sendiri, alasan dibalik itu adalah karena dengan punya perusahaan sendiri sudah tentu kita memiliki kebebasan keuangan, kamu tidak perlu lagi harus takut tiap bulan dipotong gaji dan sebagainya, dan gak Cuma itu, banyak investor yang kaya raya, dan bahkan mereka adalah orang terkaya di dunia, sebagai contoh Warren Buffet, kebayang gak tuh orang terkaya di dunia salah satunya adalah investor, oleh karena alasan diataslah saya menuliskan artikel tentang ini. Berikut ini kenapa kita harus berinvestasi.

1. “Jika Kamu tidak bisa menemukan cara mendapatkan uang disaat kamu tidur, kamu akan bekerja sampai mati.” – Warren Buffet

Masa sih kita mau kerja terus sampai mati ?, yakin dengan bekerja terus hidup kamu akan tambah bahagia, coba kamu bayangkan disaat kamu harus mengganti rugi karena kesalahan kecil yang mungkin bukan seratus persen atas kesalahanmu, tapi kamu terpaksa harus mengganti rugi karena selain posisi kamu sebagai bawahan yang mudah disalahkan dan diinjak dan kamu juga harus menjaga hubunganmu dengan atasan agar tetap baik sehingga kamu harus mengganti rugi dengan uang kerja kamu selama satu bulan lebih, sedih gak tuh, you know, tidak ada perusahaan yang ingin rugi, itulah salah satu contohnya, nah bagi kamu yang sedang membaca artikel ini, segera investasikan uang kamu. Masa sih kita mau kerja terus sampai mati?

2. “Jika Kamu terlahir miskin itu bukan kesalahanmu, tapi jika kamu meninggal miskin itu kesalahanmu.” – Bill Gates

Disaat kamu merasa butuh sesuatu/menginginkan sesuatu banyak dari kita menyalahkan keadaan dan lebih parahnya lagi menyalahkan orang tua kamu sendiri, bull shit rasanya kalau kamu menyalahkan orang tua kamu dengan keadaan kamu sekarang, pernah gak sih kamu berpikir Apakah saya bisa lebih baik dari orang tua saya ?, Apakah saya bisa membahagiakan orang tua saya ?, setidaknya tidak membani mereka lagi untuk masalah keuangan, Apakah kita pernah berpikir saya terlalu lemah jika berpikir saya tidak bisa seperti mereka ?, Apakah pernah kita berpikir saya harus bisa dan saya bisa melakukan apapun ?. Karena dengan investasi kamu bisa menjawab semua pertanyaan diatas.

3. “Menjadi orang miskin itu tidak enak. Menjadi orang kaya itu tidak berdosa dan enak.”

Disini saya tidak berbicara tentang uang-uang saja, tapi dibalik itu semua pernah gak sih kamu mikir untuk bisa membahagiakan orang disekitarmu itu perlu uang, kalau kamu ingin membantu mereka yang membutuhkan bantuanmu kamu perlu uang, bisa gak sih kamu menolong masyarakat miskin dan konflik seperti di negeri timur tengah kalau tidak punya uang, okay, memang iya bisa menolong mereka tidak hanya dalam bentuk uang/material tapi bisa juga dalam bentuk do’a, tapi coba dech kalian bayangkan kalau bisa menolong mereka tidak hanya dengan do’a tapi disertai dengan bantuan material seperti uang, baju, dan seterusnya tentu itu akan mengurangi beban mereka dan tentunya kita akan mendapatkan pahala yang double, indah bukan ?.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Gajian

4. “Inflasi itu selamanya. Investasi itu salah satu jalan agar terhindar dari inflasi. Kita harus Investasi Tanpa Ragu.”

Dulu waktu saya masih kecil uang 500 rupiah bisa beli satu indomie, sekarang jangankan beli indomie bayar parkirpun tidak bisa lagi, dimana-dimana bayar parkir daerah saya itu 1000 dan ada disebagian tempat dua ribu parkir untuk kendaraan roda dua, kebayang gak kamu ?, memang ketika saya ngebayangin dulu sama sekarang tanpa terasa harga-harga yang dulu murah sekarang tanpa kita sadari harganya sudah mahal, belum lagi untuk biaya pendidikan hampir puluhan juta satu semester. Inflasi, Kamu mengalaminya juga kan ?

5. “Karena investasi itu kebutuhan kok, bukan pilihan.”

Kamu harus mulai investasi dari sekarang, karena bagi kamu, baik karyawan tetap maupun yang masih kontrak, kalau hanya mengandalkan gaji bulanan trus, kamu gak pernah melakukan investasi, terus bagaimana ketika kamu pensiun nanti ?, gak cukup biaya hidup kamu kalau hanya berharap dari uang pensiun, lebih cepat memulai lebih baik.   Berikut contoh sederhana kalau kamu berinvestasi: $100,000 dilipatgandakan sebesar 15% selama dua puluh tahun akan berkembang menjadi $1,636,653 pada tahun kedua puluh sehingga memberikan Anda keuntungan sebesar $1,536,643.

6. “Karena investasi itu sederhana, kawanku. Tidak se-njelimet yang dikatakan orang-orang itu.”

Ketika saya dulu melihat berita tentang bursa efek Indonesia memang sangat rumit kesannya, tetapi ketika saya melakukan beli dan jual saham itu sangat mudah dan cepat, dalam dua hari transaksi Anda selesai, bahkan kalau Cuma melakukan beli dalam sehari transaksi kamu selesai. Tapi beda dengan trader ya, menurut saya trader itu rumit dan menyita banyak waktu.

Baca Juga :  Apakah Bitcoin Itu Dilarang Dan Diharamkan Di Indonesia?

7. “Di jaman sekarang gampang banget aksesnya. Dengan wifi kamu bisa melakukan investasi menggunakan Laptop atau handphone kamu.”

Apa sih alasan kamu untuk menunda-menunda ?, sekarang semua serba mudah, kalau kamu ingin membuka rekening investasi gak perlu harus datang ke sekuritas dikotamu, tapi kamu bisa melakukan pendaftaran secara online dirumah tanpa harus keluar rumah, gampang banget kan ?, trus untuk transaksi investasi kamu bisa menggunakan HP kamu kok, karena dari semua sekuritas yang saya tahu sudah ada aplikasi untuk investasi.

8. “Karena investasi SAHAM itu tidak haram dan bukan judi.”

Banyak orang yang enggan melakukan investasi saham salah satu alasannya karena haram dan lebih parahnya lagi ada sebagian dari mereka menganggap seperti judi.”

Aasiaaap, sangat keliru kalau ada yang menganggap investasi saham itu haram atau judi, kamu harus cari tahu dulu dech dari berbagai sumber baik ustadz atau mbah google apa itu investasi saham dan apakah haram ?, kamu tahu gak!, sekarang sudah banyak sekali loh saham syariah, dan tidak ada yang dirugikan ketika melakukan investasi, kenapa ?, karena perusahaan yang terdaftar pada bursa efek legal dan berbadan hukum bisa dipertanggung jawabkan, contoh seperti Telkomsel, Unilever, Waskita, Indofood¸dan cukup banyak lagi perusahaan lainnya. Kamu hanya perlu pandai menganalisa dengan cara banyak membaca buku tentang investasi atau ikuti seminar.

9. “Karena salah satu kunci sukses adalah menjadi pemilik perusahaan.”

Berapa banyak sih dari kita yang beruntung punya orang tua yang memiliki perusahaan ?, Berapa banyak sih dari kita yang memiliki impian untuk punya perusahaan sendiri ?, Berapa banyak sih dari kita yang gagal dalam usaha ?, semua pertanyaan diatas adalah apa yang kita rasakan sekarang, tidak semua kita dilahirkan dari keluarga yang mempunyai perusahaan dan hidup enak, tidak semua kita ketika ingin mendirikan perusahaan sukses, banyak dari mereka yang harus menerima kegagalan hingga rugi ratusan bahkan miliaran rupiah, tidak semua kita ketika membuka usaha mempunyai pelanggan yang buanyak. Pada poin ini saya ingin menekankan bahwa dengan anda berinvestasi saham pada perusahaan tertentu maka anda adalah salah satu orang yang mempunyai perusahaan tersebut, coba kamu cari di internet semua konglomerat asset mereka dalam bentuk saham walaupun ada sebagian dalam bentuk tanah, rumah dan sebagainya, tapi rata-rata dari mereka mempunyai saham hingga triliunan rupiah.

Baca Juga :  11 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet 2018

10. “Karena katanya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi, hanya menguntungkan 20% warga kaya, sisanya 80% tetap saja tertinggal.”

Hmmmmm, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi hanya menguntungkan 20% warga yang kaya dan you know, 80% lagi itu angka untuk 200 juta penduduk kita loh. Mungkin salah satunya kamu yang lagi baca artikel ini dan mungkin juga saya yang masih pada tahap awal sekali melakukan investasi. Terus yang jadi pertanyaan sekarang, sampai kapan kita menjadi bagian dari 80%  itu terus?, kita perlu perubahan, kita ingin keliling dunia, kita ingin umrah, naik haji, hidup bebas dari hutang dan mempunyai waktu lebih banyak sama keluarga dan beribadah kepada Allah.

11. “Karena bertahun-tahun sebagian besar perusahaan-perusahaan di BEI terus bertumbuh, dan harganya naik, berlipat-lipat.”

Kebayang gak kalau kamu bisa beli saham dengan harga 600 rupiah perlembar, dan sebulan kamu bisa membeli saham sejumlah satu juta dan kamu akan mendapatkan 60 Slot saham (per slot 100 lembar saham) 600 x 100 = 60ribu, kamu rutin melakukan investasi tiap bulan satu juta (lebih besar lebih baik tapi harus konsisten), bayangkan dalam kurun waktu 10tahun, harga sahamnya naik menjadi 4000 saja, coba kalian kalikan berapa kali lipat keuntungan yang kalian dapat, saya kasih contohlah kalian mulai investasi di umur 25 tahun, tidak muda-muda kali, trus di usia kamu yang ke-35 tahun kamu sudah bisa jadi miliarder. Tidak perlu lagi kamu kerja, kamu hanya perlu melakukan investasi dan jalan-jalan keluar negeri, memberikan seminar sambil tetap juga belajar dari orang-orang hebat dalam investasi.

12. ”Waktu yang terbaik untuk investasi adalah ketika kamu mempunyai uang.”

Selagi kamu masih bisa kerja dan mempunyai pendapatan tetap tiap bulan, inilah saatnya untuk kamu melakukan investasi, karena tidak mungkinkan kamu melakukan investasi kalau tidak mempunyai uang apalagi kalau tidak mempunyai penghasilan tetap, susah investasi bukan tidak mungkin, oleh karena  itu think of it, do it, dan don’t waiting, jangan sampai kamu menyesal.

Itu dia 12 Alasan Kenapa Kamu Harus Melakukan Investasi, semoga artikel ini bisa menggerakkan hati kamu untuk melakukan investasi hari ini not tomorrow, dan dengan artikel ini semoga bisa membawa kamu kepada kesuksesan, salam hangat. Kalau ada masukan silakan komen yak!!!.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Only I can change my life. No one can do it for me.