Senin, 16 September 2019
KeuanganLife Style

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Gajian

Image: Pixabay

Kalau Kamu karyawan, hari gajian sering jadi hari yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Bagi sebagian orang yang mungkin tidak punya penghasilan lain selain dari Gaji (saya nih 🙁 ), maka datangnya hari gajian ibarat mata air di tengah padang pasir yang kering kerontang.

Sayangnya, banyak karyawan melakukan kesalahan ketika gajian itu datang. Salah satu contohnya adalah dengan menghambur-hamburkan uang begitu saja. Memang sih, mereka membayar pengeluaran-pengeluaran yang memang harus mereka bayarkan seperti kredit dan lain sebagainnya.

Tapi kadang, adanya uang di tangan membuat banyak orang jadi seperti lupa diri sehingga kadang langsung memutuskan membeli ini dan itu yang sebenarnya tidak begitu prioritas. Tiba-tiba saja setelah itu uang di rekeningnya habis, dan mereka baru sadar bahwa total pengeluaran mereka ternyata lebih besar daripada gajinya.

Jadi, biar gaji kamu tidak habis begitu saja setelah hari gajian itu datang, maka berikut ini adalah empat hal yang harus kamu lakukan setelah gajian. Tentu saja, 5 hal ini tidak hanya bisa kamu lakukan saat bulan ini saja, tapi juga bisa kamu lakukan setiap kali hari  gajian itu datang.

1. Segera Bayarkan Hutang/Kredit Kamu

Nah, poin pertama ini sangat penting, karena kalau kredit tidak kamu bayar tepat waktu selang tiga hari dari jadwal jatuh tempo kamu akan didatangi sama pemberi kredit, nah, jangan sampai kejadian sama kamu, kalau gaji sudah masuk kerekening cepat-cepat dech bayar kredit/hutang dulu sebelum uang habis, karena kalau tidak kamu harus hutang lagi untuk menutupi hutang yang sudah ada, jadinya gali lobang tutup lobang, sedihkan.

2. Belanjakan Untuk Kebutuhan Bulanan

Baik yang masih single atau sudah bekeluarga, semua kita pasti ada kebutuhan bulanan yang sifatnya wajib, tak terkecuali saya pribadi, sebagai contoh kebutuhan bulanan seperti sabun wajah, Perfum, dan lainnya yang berkaitan dengan kecantikan/kegantengan, terus service motor/mobil, bayar tagihan lampu, air, pangkas rambut dan lainnya yang memang sifatnya rutin tiap bulan tanpa itu kamu tidak bisa melanjutkan kerjaan kamu besoknya. Nah jangan sampai saat kamu menerima gaji terus seketika dibuat untuk foya-foya tanpa sadar uang direkening sudah habis terus kamu tidak bisa belanja kebutuhan bulanan.

Baca Juga :  Narsis : Trend Kehidupan Masa Kini Yang Positive Atau Negative ?

3. Investasikan uang Anda (Jangan Menabung)

Gak tahu kenapa banyak artikel yang sudah saya baca pada saat saya menulis artikel ini, mereka semua tekankan untuk kamu menabung setiap kali gajian, padahal you know, kalau hanya menabung uang kamu tidak akan bertambah angkanya dan bisa jadi kamu akan kehilangan uang sebagian, kenapa bisa begithu ? (kenapa bisa jadi kehilangan uang), saya jelasin saja secara sederhana, definisi menabung itu adalah menyimpan uang pada salah satu tempat, sebagai contoh di bank atau dirumah dan akan bertambah seiring kamu menabung, tapi tahu gak kalau kamu Cuma menabung, sebagai contoh kamu sudah menabung sebesar 50jt selama tiga tahun berarti kamu hanya mendapatkan 50jt dan bisa jadi lebih atau berkurang, apalagi kalau kamu menyimpan di bank ada uang administrasi tiap bulannya yang akan dipotong dari rekeningmu. Tapi kalau kamu investasikan akan ada return yang bisa kamu dapatkan, baik itu dalam angka besar atau kecil, itu tergantung seberapa cerdas kamu berinvestasi, ingat, semakin banyak yang bisa kamu inveskan tiap gajian semakin besar pula return yang akan kamu dapatkan, kamu bisa berinvestasi pada emas, saham, dan lainnya yang dapat memberikan kamu return yang besar.

4. Biaya Hiburan

Selain biaya-biaya di atas kamu harus sisakan sebagian untuk biaya hiburan baikkah yang terkait dengan hobbi seperti membaca buku, menonton film, ataupun biaya rekreasi, dan makan di kafe. Tetapi ini dapat dilakukan jika prioritas utama sudah terpenuhi. Jangan sampai kamu mengutamakan biaya hiburan dulu baru kemudian yang prioritas, itu kamu salah besar.

5. Bijaklah Menggunakan Gaji Kamu

Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran Kamu saja, Kamu juga harus membiasakan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat. Menggunakan dengan bijak uang yang kamu terima, adalah salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan.

Baca Juga :  3 Cara Membangun Sikap Toleransi Antar Umat Beragama

Sebesar apa pun penghasilan kamu, uang takkan tersisa setiap bulannya jika masih menggunakan pola yang salah ataupun tidak memiliki prioritas. Semua hal di atas perlu dilakukan tak hanya saat menerima gaji pertama, untuk pendapatan selanjutnya pun kamu harus melakukan langkah yang sama.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Only I can change my life. No one can do it for me.