Jumat, 21 Juni 2019
KesehatanLife Style

5 Makanan Dalam Al-Quran Dan As-Sunnah Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Foto: Pexels.com

Dan Juga Sebagai Obat Alami Bagi Tubuh

Dalam pembahasan kali ini, saya akan mengupas masalah makanan yang disebutkan Allah di dalam Al-Quran yang berupa ringkasan dari Buku Karya: Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid dengan judul “Pola Makan Rasulullah” sebagai pedoman bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan tubuh, sekaligus sebagai obat penyembuh.

Nah mari kita simak apa saja makanan yang mengandung obat tersebut dibawah ini…

1. Buah Tin.

manfaat buah tin
Foto: Pexels.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Buah Tin dikenal banyak oleh masyarakat umum dengan khasiatnya. Seperti yang Nabi sebutkan dalam sebuah riwayat dari Abu Darda Ra:

“Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian nabi bersabda, ‘makanlah!’ lalu beliau pun memakannya dan berkata ‘jika engkau berkata, ‘ada buah yang diturunkan dari surga, ‘maka aku bisa katakan ‘inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji’, oleh karena itu makanlah karena buah tin dapat menyembuhkan penyakit wasir dan encok.”

Adapun kandungan yang terdapat dalam buah tin adalah kalsium, fosfor, besi, dan vitamin C, selain itu ada juga vitamin K yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan. Selain wasir dan encok, ada manfaat lain dari buah tin seperti:

  • untuk mengobati susah buang air besar,
  • mengobati penyakit usus atau lambung,
  • mengobati luka dan bisul,
  • mengobati haid yang tidak teratur,
  • serta seduhan buah tin kering dan membantu memperlancar kencing dan ASI (Air Susu Ibu).

Luar biasa bukan manfaat dari buah Tin. Sebagai informasi juga bahwa sekarang juga sudah ada sari buah tin yang mungkin bisa kita dapatkan di pasaran. Untuk buah tin sendiri, mungkin agak sedikit sulit ditemukan di beberapa daerah, namun bisa di tanyakan saja di beberapa pasar buah. Semoga kita semua dapat mengambil kebaikan dari buah tin.

Baca Juga :  Cara Mengatakan Tidak Pada Orang Lain Secara Sopan

2. Buah Zaitun.

manfaat buah zaitun
Foto: Pexels.com

Buah yang terkenal oleh bangsa Arab ini tidak diragukan lagi sebagai buah yang bermanfaat. Tidak hanya sebagai obat, namun juga sebagai alat kosmetik, serta sebagai bahan untuk membuat berbagai makanan yang banyak digunakan oleh manusia karena tidak mengandung lemak dan dapat dijadikan pengganti minyak lain yang mengandung lemak.

Buah zaitun mengandung 67% air, 23% minyak, 5% protein, 1% garam mineral, terutama garam kalsium dan besi. Manfaat buah zaitun mengobati penyakit-penyakit yang timbulkan oleh timbunan lemak, serta minyak nya dapat digunakan untuk mengobati rambut rontok, mengobati pecah-pecah pada kulit tangan dan kaki. Di antara manfaat buah zaitun dalam dunia kedokteran adalah ia dapat menguatkan lambung, membangkitkan selera makan, dan menyebuhkan penyakit lever.

Di Al-Quran sendiri sudah di sebutkan nama buah Zaitun dan sering juga bergandengan dengan buah tin. Sehingga kita tidak ragu lagi dengan manfaat buah Zaitun dan buah tin yang telah kita urai diatas untuk kesehatan manusia.

3. Buah Delima.

manfaat buah delima
Foto: Pixabay

Salah satu buah yang ada di surga adalah buah delima yang banyak disebutkan dalam Al-Quran seperti di QS. al-An’am: 99 & 141 dan di QS. ar-Rahman: 68. Bisa di cek sendiri ya…. Buah delima memiliki kulit yang bermanfaat untuk mengobati diare dan ambaien, serta air buah delima dapat menyebuhkan pilek saat demam.

Menurut Ibnu al-Qayyim menyebutkan dalam kitab ath-Thibb an-Nabawi bahwa” buah delima sangat baik untuk pencernaan dan dapat menguatkannya. Buah delima juga berguna untuk

  • tenggorokan,
  • dada,
  • paru-paru,
  • mengobati batuk,
  • melancarkan buang air kecil,
  • menghilangkan panas pada hati,
  • dan rasa asamnya bermanfaat untuk radang pencernaan.

Apabila daging buah delima dimasak sebentar lalu ditambahkan madu dapat digunakan sebagai obat gosok, celak untuk mata yang kuning, menghilangkan kelembaban berlebihan, dan jika dioleskan pada gusi, ramuan tersebut dapat membersihkannya.”

Baca Juga :  Jangan Lakukan 5 Hal ini Jika Tidak Ingin Rugi di Pasar Saham

4. Yogurt

Manfaat Yogurt
Foto: Pixabay

Yogurt adalah nama lain dari susu yang  telah diasamkan dengan bakteri yang ada dalam susu . Bakteri tersebut mampu mengubah sebagian dari unsur gula susu (laktosa) menjadi asam susu (asam laktat). Yogurt mengandung beberapa unsur penting seperti vitamin A, B, C, dan D.

Sebagian ahli berpendapat, mengkonsumsi yogurt secara terus menerus dapat memperlambat proses penuaan, dan rasa asamnya berfungsi untuk mempermudah proses pencernaan. Saat ini, yogurt sudah banyak digunakan sebagai bahan utama dalam salad buah sebagai cemilan sehari-hari atau bagi orang yang sedang diet.

5. Daging

manfaat daging
Foto: Pixabay.com

Daging merupakan satu-satunya sumber protein yang cukup memadai, karena didalamnya mengadung asam amino yang dapat membangun jaringan tubuh dan otot. Protein hewani adalah satunya-satunya makanan yang dapat memberikan imunitas pada tubuh dan dapat menyerang bakteri juga mikroba.

Oleh karena itu jika kekurangan protein hewani, maka tubuh akan memiliki daya tahan yang lemah dan mudah terkena penyakit. Adapun bagian daging yang paling baik adalah yang sedikit unsur minyaknya seperti bagian pundak dan lengan paling enak, lembut dan mudah dicerna. Dalam riwayat al-Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Nabi menyukai bagian ini.

Meskipun daging mengandung unsur yang berguna bagi tubuh, kita juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kelebihan protein yang bersumber dari daging tersebut.

Nah, penulis hanya menyebutkan 5 makanan saja, tapi sebenarnya masih banyak makanan yang disebutkan dalam al-Quran yang bermanfaat dan dapat menyembuhkan seperti keju, susu, telur, unggas, kurma basah/kering, anggur, pisang, madu, mentimun, bawang putih, bawang merah, ikan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan baca juga antibiotik alami yang baik untuk tubuh anda agar puasa anda lebih kuat.

Baca Juga :  6 Cara Untuk Tampil Percaya Diri Di Depan Publik
Rahmayani
the authorRahmayani
WRITER