Jumat, 23 Agustus 2019
Life Style

6 Hal Penting yang Wajib Diingat Kaum Wanita

Wanita Wajib Mengingat 6 Hal Ini dan Terapkan dalam Kehidupannya

Wanita diberikan keistimewaan oleh Sang Pencipta, mulai dari bentuk fisik, sifat dan sikap, hingga sebahagian besar dari wanita mampu melahirkan dan menyusui. Wanita dianggap berperan penting terutama di dalam sebuah keluarga, karena perannya tersebut wanita harus pintar menjaga kesehatan dan mencegah hal-hal buruk terjadi padanya, jadi melalui bacaan penulis dari buku Syaikh Adnan Ath-Tharsyah yang berjudul “menjadi wanita sukses dan dicintai” beberapa hal penting terangkum  dalam tulisan ini, apabila enam hal ini diterapkan dengan baik pada kehidupan setiap wanita maka sudah pasti mendapatkan imbalan hidup yang baik dan bahagia;

1. Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat berkaitan dengan kesehatan, manusia pada umumnya sudah tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri dan lingkungannya walaupun prilaku dan kebiasaan dari sebahagian manusia masih enggan melakukannya, atau kebiasaan pola hidup suatu lingkungan yang sukar diubah hingga membentuk kehidupan  yang jauh dari hidup bersih dan sehat. Dalam Islam, teori kebersihan dibahas dalam bab khusus secara mendetail yaitu “thaharah (bersuci)” yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Allah memerintahkan hambanya untuk senantiasa membersihkan dan menyucikan diri (QS. Al-Maidah: 6), (QS. At-Taubah:108), (QS. Al-Baqarah:222) terutama bersih dalam kehidupan  sehari-hari dan suci saat beribadah, sehingga barang siapa yang melakukannya akan mendapatkan dua keuntungan besar yaitu kesehatan dan pahala. Untuk Wanita, kebersihan adalah poin paling penting dan menjadi sebuah kebiasaan hidup, “bukan wanita namanya jika tidak bersih” ungkapan itu sering kita dengar namun tidak menutup kemungkinan beberapa wanita memiliki sikap malas termasuk dalam hal kebersihan. Wanita yang membasuh atau membersihkan “dubur” serta organ intim “V” sesering mungkin akan terhindar dari berbagai penyakit. Banyak cara dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan, sekurang-kurangnya membersihkan dengan menggunakan air yang bersih. Kemudian menyikat gigi, mencukur bulu kemaluan (waktu 1 kali dalam 40 hari), memotong kuku (hari-hari yang disunnahkan seperti senin, kamis dan jum’at), memotong rambut, dan mencabut bulu ketiak juga  merupakan bagian dari kebersihan diri.

2. Makanan dan Minuman

Agar wanita selalu dalam keadaan sehat, kuat, dan semangat, serta terhindar dari penyakit yang menjadikannya mayit padahal iya masih hidup. Maka point paling penting kedua adalah menjaga apa yang ia makan dan minum. Secara naluriah semua menyukai makanan dan minuman apalagi jika memiliki rasa yang enak namun beberapa makanan dan minuman  sangat berbahaya bagi kesehatan baik itu dikonsumsi dalam jangka waktu singkat waktu panjang. Islam membedakan makanan haram dan halal, setiap makanan yang haram akan mendapat dosa dan membawa keburukan atau bahaya bagi tubuh sedangkan mengkonsumsi yang halal mendapat pahala dan membawa kebaikan dan kesehatan. Ingat firman Allah “makan dan minumlah,
dan jangan berlebih-lebihan”, Sabda Rasululah “tidaklah seorang anak Adam mengisi bejana yang bahayanya melebihi mengisi perut. cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika dia harus melakukan hal itu, maka hendaklah sepertiga darinya dipergunakan untuk makanan, sepertiga lagi untuk minuman, dan sepertiga lainnya untuk nafasnya”, “makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. jauh sebelum para dokter melakukan penelitian tentang kesehatan manusia, dalam Islam sudah banyak teori yang berhubungan dengan menjaga kesehatan salah satunya dalam hal makanan dan minuman. Jadi seorang wanita cukup memakan beberapa suap untuk mempertahankan kekuatan dan kesehatan, jikapun ingin lebih maka harus mempraktekkan teori sabda Rasul di atas. selain tubuh menjadi sehat, wanita juga dengan mudah membentuk tubuh langsing seperti idaman banyak wanita ^_^.

3. Tidur dan Bangun

Tidur merupakan nikmat besar yang diberikan Tuhan pada makhluknya, tidak heran jika ada manusia yang harus mengeluarkan biaya mahal ke dokter atau psioteraphi untuk alasan tidak bisa tidur atau insomnia. Meskipun tidur merupakan hak bagi tubuh, namun memiliki batas waktu sehingga tubuh harus bangun kembali dan jika tidur dalam jangka waktu lama maka tidak lagi menjadi tidur yang sehat. Tidur dan bangun tidur sama penting bagi tubuh, jadi harus memiliki waktu yang cukup dan tepat. Waktu malam untuk tidur dan pagi untuk bangun adalah aturan paling baik untuk menjaga kesehatan, namun kebanyakan wanita di zaman sekarang sangat bertolak belakang dari aturan tersebut, banyak yang menunda  bangun tidur hingga siang hari karena penguluran waktu tidur sampai malam hari.
Penciptaan malam dan siang hari berkaitan dengan aturan tubuh manusia, dan jika menyalahi aturan Sang Pencipta maka akan merusak kekebalan tubuh dan jelas akan berjangkitnya  berbagai macam penyakit. Karena itu tidak jarang kita lihat bahwa wanita yang tinggal dipedalaman lebih bisa menggunakan waktu tidur yang tepat daripada wanita kota, sehingga lebih sehat dan jarang terkena penyakit dibanding wanita kota. Wanita harus tahu bahwa dengan tidur hormon-hormon akan kembali membentuk sel-sel kesehatan dengan memperbaiki  sel-sel yang terluka, jadi sangat mudah kalau menginginkan kulit sehat, badan langsing, dan jauh dari stress, cukup dengan memanfaatkan waktu tidur yang berkualitas.

4. Gerak dan Diam

Gerak dan diam juga merupakan nikmat yang harus kita syukuri, penggunaan kata gerak lebih umum dibandingkan olah raga karena bagi wanita zaman dulu yang serba gerak dalam  melakukan berbagai hal, berbanding terbalik dengan wanita zaman sekarang yang serba santai, duduk atau banyak diam sehingga penting berolah raga supaya tetap sehat. Jika ada sebagian wanita yang bekerja di kantor hanya duduk saja dan ada pula yang berdiam diri dirumah dengan berbagai pekerjaan rumah, semuanya memerlukan olah raga dengan gerakan dan diam yang teratur, ada pola istirahat dalam gerak. Masing-masing wanita memiliki perbedaan kebiasaan hidup, namun setiap wanita harus menyempatkan waktu khusus untuk melakukan olah raga atau sekedar gerakan ringan untuk merileks kembali semua anggota tubuh seperti olah raga senam, yoga, zumba, dan lain sebagainya.

5. Hubungan Seksual

Harus kita sadari bahwa nikmat yang satu ini akan sangat berharga dan mendapatkan pahala apabila dilakukan dalam hubunngan yang sah yakni hubungan suami istri, sebaliknya apabila dilakukan diluar hubungan itu akan menjadi hubungan seksual yang rendah, membawa penyakit berbahaya, dan mendapat siksa diakhirat kelak. Berhubungan seks memberikan banyak manfaat bagi wanita yaitu; mengatasi nyeri (tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan sakit kepala), menyehatkan kulit  (tubuh akan mengeluarkan senyawa dehydroepiandrostone yang akan menyehatkan kulit, melawan jerawat, dan membuat kulit tampak bercahaya), meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, mencegah kanker serviks, mengurangi stress, mengurangi nyeri saat menstruasi, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi resiko penyakit jantung, dan yang paling penting manfaatnya bagi wanita adalah berhubungan seks dapat membakar timbunan lemak.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Stress Zaman Now

6. Penyusuan Secara Alamiah (Menyusui Anak)

Begitu banyak manfaat yang akan didapatkan oleh wanita yang mau menyusui anaknya secara alamiah. Karena berbagai alasan, ibu zaman sekarang sangat bergeser dari hal penting satu ini. Selain manfaat untuk anak, menyusui juga sangat bermanfaat bagi wanita. Tanpa disadari ikatan batin dengan anak akan lebih kuat jika melalui proses menyusui alamiah (dengan pelukan dari ibu setiap kali menyusui) ASI juga membuat kekebalan tubuh dan membantu perkembangan tubuh serta otak bagi anak. Sedangkan manfaat untuk Ibu/wanita lebih banyak yaitu; membantu membakar lemak tubuh setelah melahirkan, mendorong pelepasan hormon baik, menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan resiko kanker payudara dan kanker ovarium.

Beberapa poin diatas merupakan hal penting yang harus diingat, diterapkan, dan dijaga oleh wanita, karena hal-hal diatas akan berpengaruuh langsung pada kehidupannya. Semua wanita menginginkan kehidupan yang bahagia namun sangat sering wanita melupakan 6 hal diatas.

Jadi, mulailah mengingat hal yang mudah dan menerapkannya dikehidupanmu jangan lupa bahagia bersama orang-orang terdekatmu, serta bagikan ilmunya supaya kamu juga dapat pahalanya. Keep Spirit ladies !

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer