Rabu, 23 Oktober 2019
KesehatanLife Style

4 Jenis Rempah Dapur Yang Bermanfaat Untuk Pengobatan Penyakit

sembuhkan penyakit dan nikmati hidup sehat anda

Tanaman atau tumbuhan adalah warisan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa tanaman berfungsi untuk penyembuhan beberapa penyakit. Tanaman sangat baik untuk pilihan paling utama menjadi obat herbal sebelum terpaksa mengkonsumsi obat dirumah sakit. Didalam artikel ini, penulis akan berfokus pada rempah-rempah yang mudah didapatkan dan sering digunakan sebagai bahan dapur. Rempah-rempah ini sangat disarankan dikonsumsi untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Berikut ini ada 4 macam rempah yang menyembuhkan penyakit yang sering dialami oleh manusia.

1. Kunyit

Kunyit
Kunyit

Kunyit sangat mudah ditemukan khususnya diindonesia karena kunyit mudah tumbuh dimana saja. Menanam kunyit cukup dengan meletakkan diatas tanah subur atau menanamnya. Kemudian, dia akan tumbuh dengan sendirinya. Fungsi pertama kunyit untuk kesehatan adalah menyembuhkan penyakit asam lambung. Sebuah studi dalam jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa orang yang pada masakannya mengandung satu sendok rempah kunyit, terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar. Kunyit sangat dibutuhkan dalam makanan karena dapat menghambat kerusakan usus akibat senyawa berbahaya yang dikandung oleh makanan tersebut. Fungsi kedua untuk mengobati diare. Penyakit ini sering timbul akibat obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

2.Kencur

kencur

Kencur memiliki fungsi yang sama seperti yang dimiliki oleh kunyit yaitu menyembuhkan diare. Selain menyembuhkan diare kencur juga secara tidak ragu menghilangkan rasa stress. Stress merupakan penyakit yang menimpa kesehatan kejiwaan. Stress diakibatkan oleh terlalu banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dan banyaknya masalah yang harus diselesaikan. Stress sangat berbahaya karena stress yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan tingkat tinggi yang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Oleh karena itu, jika anda mengalami stress, carilah akar kencur atau daunnya untuk diolah menjadi extrak untuk diminum.

Baca Juga :  Makanan Yang Mengandung Antibiotik Alami Terbaik di Dunia

3.Kayu manis

kayu manis
Image : Pixabay

Kayu manis merupakan bahan dapur yang sangat mudah didapat di pasar tradisional. Kayu manis dapat berbentuk bubuk atau kulit kayu. Baunya yang sangat khas membuat semua orang menggunakannya sebagai salah satu pelengkap resep masakan tertentu. Selain untuk makanan, kayu manis juga berfungsi untuk pencegahan penyakit. Salah satunya adalah penyakit yang sangat berbahaya yaitu penyakit kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat kayu manis adalah untuk mencegah kanker. Sebabnya kayu manis mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor. Kemudian, kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang jadi cikal bakal kanker.

4.Sereh

sereh

Sereh adalah salah satu bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan khususnya dipasar-pasar traditional. Sereh pada dasarnya memiliki beberapa manfaat untuk penyembuhan dan pencegahan penyakit. Penyakit yang bisa diobati yaitu insomnia dan infeksi dan penyakit kulit. Insomnia adalah penyakit kekurangan sel darah merah yang menyebabkan susah tidur. sangat sering terjadi pada semua umur, mulai dari bayi hingga manula. Tetapi, sereh tidak disarankan untuk bayi apabila dia mengalami insomnia. Lebih baik dibawa ke dokter ahli untuk ditangani. Namun, sereh adalah pilihan tepat bagi orang dewasa untuk dikonsumsi apabila mengalami insomnia. Serai didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Baca Juga :  4 Makanan yang Menjadi Racun Jika Dipanaskan

Selain mengobati insomnia, sereh juga berfungsi untuk menyembuhkan infeksi dan penyakit kulit. Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi kulit  seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kencing karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.

Ubahlah gaya hidup kita mulai dari sekarang dengan menyembuhkan penyakit secara alami dan tidak selalu mengkonsumsi obat obatan yang mengandung bahan kimia yang kemungkinan besar akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh lainnya.

 

Zul Fadly
the authorZul Fadly
WRITER