Tuesday, December 11, 2018
Other

Enam Penyebab Umum Bau Mulut (Halitosis)

Enam penyebab umum bau mulut

Ketika kawan dan orang yang kamu sayang menjaga jarak ketika kamu berbicara dengan mereka, itu salah satu pertanda bahwa kamu menderita bau mulut(Halitosis), segera ketahui penyebab umum bau mulutmu.

Halitosis, adalah napas yang mengandung bau yang tidak menyenangkan. Bau ini bisa menyerang anda kapan saja.

Untuk sebagian orang, ribuan bakteri dibawah lidah bisa menjadi penyebab bau mulut. Halitosis kebanyakan disebabkan oleh bakteri Sulfur yang biasanya terletak pada permukaan lidah dan tenggorokan.

Berikut ini enam penyebab umum yang dapat ane sharing :

1. Infeksi Mulut

Infeksi mulut adalah salah satu penyebab bau mulut, dikarenakan gusi yang berdarah, penyebabnya bisa jadi dikarenakan mulut yang kering karena kurang minum, sariawan, penumpukan plak pada gigi. Sehingga berkembang bakteri menyebabkan racun yang menimbulkan peradangan pada gusi, suatu kondisi yang jika tidak ditangani akan membahayakan gusi dan tulang rahang.

2. Merokok

Kamu harus tau, merokok salah satu penyebab bau mulut, merokok bukan hanya buruk untuk kesahatan, tapi bisa membuat bau mulut untuk selamanya.

3. Makan Makanan Stinky

Bagi penikmat kuliner mungking kalau anda menderita bau mulut bisa jadi penyebabnya dikarenakan memakan makanan yang mempunyai bau yang tak sedap, seperti jengkol, somay, durian dan kawan-kawan mereka yang menyebakan hal yang sama.

4. Mulut Kering

Ini biasanya dibebabkan karena kelenjar ludah bermasalah, bisa juga karena kurangnya minum atau buah-buahan yang mengandung vitamin C.

5. Penyakit Tubuh (Anggota Badan)

Bau mulut bisa juga disebabkan oleh penyakit tubuh, artinya bau mulut bisa juga disebabkan karena kita menderita penyakit seperti Diabetes, Penyakit Hati “Bukan sakit hati karena galau ya gan ;)”, penyakit ginjal, sakit paru-paru dan penyakit sinus.

6. Konsumsi Obat

Konsumsi obat yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti antihistamin dan diuretik dapat menyebabkan mulut kering sehingga menyebabkan bau mulut, suntikan insulin, triamterene (Dyrenium), dan Paraldehid.

Baca Juga :  10 Ilmuan Muslim Terbesar dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Apakah Perlu Pergi Ke-Dokter ?

Menurut saya bagi agan dan aganwati yang menderita bau mulut jangan dulu pergi ke-dokter tetapi obati sendiri dulu, dari uraian enam point di atas menurut ane agan udah tau apa penyebabnya, kalau memang agan/aganwati jarang gosok gigi biasakan gosok gigi sebelum dan bangun tidur, kurang minum sehingga menyebabkan mulut kering maka dari itu biasakan minum air putih yang banyak, memakai obat maka mulai dari sekarang hindari, dan kalau memang obatnya memang harus dan tidak bisa tidak minum maka cari solusi lain, mungkin dengan cara cegah bau tersebut dengan makan buah-buahan atau permen, suka makan makanan stinky maka dari sekarang hindari kalau memang tidak bisa maka kurangi, merokok maka berhenti merokok, infeksi mulut, agan bisa obatinya dengan langsung ke dokter atau obati sendiri.

Apakah Akan Merusak Pertemanan dan Relationship ?

Bisa jadi penyebab bau mulut akan membuat pertemanan atau hubungan anda dengan doi akan rusak, tetapi kemungkinan itu hanya sedikit menurut saya, karena saya pribadi kalau ada kawan seperti itu palingan ketika berbicara dengan dia jaga jarak aja gan, tetapi hubungan pertemanan tetap stabil gan.

Sekian yang dapat saya sharing tentang Enam Penyebab Umum Bau Mulut semoga bermanfaat.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.