Sabtu, 16 November 2019
Pendidikan

6 Web Penyedia Jurnal Artikel Bahasa Inggris Gratis dan Berbayar

Foto: Pexels.com

Sebagai mahasiswa dengan jurusan sastra Inggris/ pendidikan bahasa Inggris harus banyak membaca jurnal artikel. Jurnal artikel disini adalah jurnal penelitian yang sudah bisa di akses secara publik baik itu berbayar maupun gratis. Jurnal artikel yang di sediakan di dalam situs-situs di bawah ini adalah dalam bentuk file elektronik. Namun, ada beberapa situs berbayar misalnya, menyediakan jurnal dalam bentuk print out buku nya. Biasanya untuk bentuk print out ada di pustaka-pustaka yang sudah subscribe pada jurnal tersebut. Berikut adalah beberapa situs penyedia jurnal artikel teaching and learning English.

1. ERIC

Eric adalah salah satu situs penyedia jurnal artikel yang paling kami rekomendasikan. Situs ini menyediakan banyak jurnal dengan topik penelitian teaching & learning English secara open access atau dengan sebutan lain gratis. Walaupun ada juga jurnal yang berbayar namun kita masih bisa akses abstract nya sehingga kita masih bisa mengambilnya sebagai referensi untuk penelitian kita.

2. ISJD (Indonesian Scientific Journal Database)

ISSJS adalah salah satu situs yang kami rekomendasikan khusus untuk anak negeri yang ingin selalu update jurnal-jurnal penelitian di Indonesia. Data base jurnal yang satu ini memiliki jurnal-jurnal yang berkenaan dengan bahasa. Walaupun tidak tampak lengkap, tapi banyak jurnal-jurnal  lama maupun baru yang bisa membantu kita dalam mengumpulkan referensi untuk penelitian kita. Tentunya dengan mengutip jurnal-jurnal karya anak bangsa, kita juga bisa memperkaya khazanah keilmuan dan penelitian bahasa di Indonesia. ISJDS sendiri open access, sehingga bisa kita akses secara gratis dimanapun kita berada.

 

3. The Asian EFL Journal

The Asian EFL Journal database adalah jurnal tentang bahasa Inggris gratis. Jurnal ini lebih menitik beratkan pada issue-issue penelitian (research) dalam dunia bahasa Inggris, dan juga pada pembelajaran atau pengajaran bahasa Inggris. Database ini sangat membantu dikarenakan jurnal-jurnal nya pun lebih global dalam arti kata research bahasa Inggris di sekitaran benua Asia.

Baca Juga :  8 Prinsip Ekonomi Islam Beserta Penjelasannya: Didasarkan Atas 5 Nilai Universal

Dengan begitu kita lebih kaya akan fenomena-fenomena unik yang belum pernah kita temui di kelas kita di Indonesia. Namun, jika kita sedang mencari jurnal terkait isu-isu tertentu agak sedikit kewalahan. Hal ini dikarenakan setiap volume jurnal yang di publikasi memiliki topik penelitian yang berbeda-berbeda. Ada baik nya mengunakan kotak pencarian pada website atau tekan Ctrl + F lalu masukkan kata kunci yang ingin di cari.

 

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ merupakan jurnal database yang gratis juga. Disini kita bisa mendownload jurnal-jurnal secara gratis. Masukkan kata kunci (keyword) yang ingin di cari kedalam kotak pencarian. Misalnya kita ingin mendapatkan jurnal terkait dengan Listening, maka ketik keyword Listening di dalam kotak pencarian. Atau kita juga bisa meng-akses jurnal-jurnalnya melalui Browse Subjects.

5. Applied Linguistic Journal

Oxford Journal Applied Linguistics adalah salah satu journal database yang paling bergengsi di dalam dunia persilataan penelitian belajar dan mengajar bahasa Inggris. Namun sayang nya tidak dapat di akses secara gratis. Oleh karena nya mintalah bantu dari teman yang kuliah di luarnegeri untuk mendownload jurnal artikel yang kita butuhkan dari Applied Linguistics Oxford Journal.

6. JSTOR

JSTOR merupakan jurnal database yang bergengsi juga, namun sayang kita tidak bisa mendapatkan akses yang free 100%. Akan tetapi kita masih bisa mendapatkan abstract nya sehingga kita masih bisa mengutip beberapa informasi penting dari jurnal-jurnal ternama. Kali ini mereka memiliki program “Register & Read” yaitu program meng-akses jurnal-jurnal di JSTOR secara gratis. Jika kita memiliki teman yang sedang kuliah di luar negeri, tidak ada salah nya meminta teman kita disana untuk men-download-kan jurnal dari JSTOR yang kita butuhkan. Semoga membantu.

Baca Juga :  Review Buku Sejarah Peradaban Islam Karya Dr. Jaih Mubarok, M.Ag

Note: Untuk di perhatikan:

  • Pastikan kita mengetahui benar keyword-keyword dalam penelitian anda.
  • Ketik-kan keyword itu kedalam box search (kotak pencarian) dari jurnal database website.
  • Pastikan kita mencoba mencari-cari dengan keyword-keyword yang berbeda namun similar topik.
  • Minta bantulah kepada teman yang sedang kuliah di luar negeri untuk mendownload jurnal-jurnal berbayar.
  • Tidak ada salah nya bergabung dengan group-group FB yang saling membantu mendownload journal article. 

Setelah Download Jurnal, So What? Malas Baca?

Penyakit yang sering datang setelah download jurnal artikel adalah “Malas Membaca”. Penyakit yang satu ini sangat sulit ditemukan obatnya. Akan tetapi sebagai mahasiswa kita harus mampu meminimalisirkan kadar malas untuk membaca. Ada beberapa tips dari saya yang “mungkin” cocok bagi anda terapkan sehingga semangat membaca jurnal anda muncul.

Pertama, selalu pastikan jurnal yang anda download sangat terkait dengan topik penelitian yang sedang anda lakukan. Minimal informasi yang dibutuhkan sebagai referensi hingga 60 atau 70 % (angka ini tidak mutlak) berguna bagi penulisan penelitian anda. Cara nya, anda baca abstrak dari jurnal tersebut, lalu scan informasi tentang

  • metode apa yang digunakan?
  • subjek (participants) nya berapa, asal dari mana, atau berbeda gendernya?
  • hasil (result) nya bagaimana?
  • implikasinya bagaimana?

Dari informasi-informasi diatas kita sudah bisa memilah-milah mana jurnal yang benar-benar berguna bagi kita dan mana jurnal yang tidak. Jadi, file-file yang sudah kita download bisa lebih sedikit dan semangat kita untuk mempelajarinya.

Kedua, Organize Well file nya di komputer (laptop).  Gunakan Endnote software jika anda suka membaca menggunakan laptop. Menggunakan Endnote juga membantu anda mengatur jurnal-jurnal yang telah anda download dan juga lebih rapi.

Baca Juga :  Inilah 8 Metode Mendidik Anak Sesuai dengan Perkembangan dan Kemajuan Zaman

Kenapa kita harus menggunakan Endnote atau software semacamnya? Karena kita tidak bisa mengingat banyak jurnal yang sudah kita baca dan juga download. Dengan menggunakan software tersebut, jurnal kita tetap ada hingga kapan pun dan juga tidak sulit kita temukan jurnal-jurnal yang sudah kita download katakan lah setahun yang lalu. Di Endnote sendiri kita bisa import referensi, higlight, grouping jurnal, dan masih banyak lagi lainnya.

Ketiga, Cari waktu dan tempat membaca yang nyaman bagi anda sendiri. Saya pribadi tidak begitu suka membaca di pustaka, baik itu pagi, siang atau sore hari akan tetapi malam hari it’s fine. Jika anda suka membaca di taman, silakan saja.

Ada juga tipikal orang yang suka membaca saat malam mau tidur dengan lampu kamar temaram. Di samping itu juga ada tipikal orang yang suka membaca setelah sholat subuh. Lebih fresh, dan mudah mengingat apa yang sudah di baca.

Membaca saat traveling? why not. Tapi jangan membaca saat travelling bareng dengan pasangan, keluarga, atau sahabat dekat. Karena mereka akan marah, mereka akan menganggap kita sepertu anak kutu buku. Posisikan diri anda di tempat yang tepat.

Itu saja sedikit cara dari saya untuk bisa meningkatkan semangat membaca jurnal penelitian yang berkaitan dengan tugas / thesis anda. Dengan begitu kita bisa menghilangkan rasa malas membaca yang melanda kita.

Dan yang paling penting adalah artikel ini berisikan tentang 6 Web Penyedia Jurnal Artikel Bahasa Inggris Gratis dan Berbayar. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang hunting jurnal gratis ataupun yang berbayar. Akhir kata semoga sukses dengan tugas akhirnya.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.