Senin, 6 April 2020
Pendidikan

7 Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Smartphone atau Gadget di Era Industri 4.0

Photo: Pexels.com

Anak-anak di zaman industri 4.0 ini tidak bisa dipisahkan dari smartphone dan berbagai jenis gadget. Disaat eforia penggunaan yang tidak terbendung lagi, kita sebagai orang tua mengkhawatirkan efek negatif dari penggunaan smartphone secara berlebihan.

Anak-anak mulai banyak yang kecanduan bermain smartphone atau gadget mereka. Nah, pastinya hal ini sangat mengkhawatirkan orang tua apalagi sampai anak-anak kecanduan smartphone atau gadgetnya. Tentunya, kita sebagai orang tua harus pandai untuk mencegah anak-anak dari kecanduan smartphone atau gadget.

Artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang bagaimana cara mencegah anak yang kecanduan smartphone / gadget. Berikut 7 tips bagi orang tua yang anaknya kecanduan bermain smartphone atau gadget:

1. Berikan Time-limit kepada Anak Dalam Penggunaan Smartphone.

Foto: Pexels.com

Bukan berarti kita memang benar-benar menjauhkan anak dari smartphone / gadget. Karena smartphone saat ini sudah ada dimana-mana dan juga anak-anak yang lain juga menggunakannya. Agar anak tidak terlalu gaptek tentang teknologi, ada baiknya kita membatasi waktu penggunaan smartphone / gadget.

Semisalnya si anak boleh menggunakan smartphone dari jam 9 pagi hingga jam 10 di hari minggu.  Tujuan nya adalah agar si anak belajar untuk time-management. Setelah ia bermain dengan smartphone nya ajak ia bermain dengan mainan lainnya.

2. Mainan Bisa Menjadi Pilihan Menjauhkan Anak Dari Smartphone

Photo by Markus Spiske temporausch.com from Pexels

Mainan anak-anak banyak dijual di pasaran, namun anak-anak sekarang sukanya main gadget. Nah disinilah peran orang tua untuk mencoba memperkenalkan mainan kepada anak. Mainan mobil-mobilan cocok bagi anak cowok. Salah satu mainan mobil-mobilan yang sedang naik daun saat ini adalah mobil Tayo. Sedangkan untuk anak perempuan bisa di belikan mainan boneka-bonekaan.

Walaupunn begitu, ada baiknya waktu bermain dengan mainannya di jadikan reward karena telah menyelesaikan tugas rumahnya. Contoh, setelah ia membersihkan tempat tidurnya atau mencuci sepatunya.

Baca Juga :  Proses Pengambilan Keputusan Yang Efektif Dalam Perusahaan

3. Orang Tua Luangkan Waktu Untuk Anak dan Sibukkan Waktu Anda Dengan Kegiatan Anak

Jangan hanya membatasi anak menggunakan gadget tapi kita sibuk dengan pekerjaan sendiri. Perlu diketahui oleh para orang tua bahwa, anak memiliki keinginan untuk selalu bisa bermain dengan ayah atau bundanya.

Oleh karena itu sibukkan diri anda juga dengan anak disaat waktu luang. Jika anak ada kegiatan, contohnya ia mengikuti lomba Azan se-kecamatan, maka ikutlah bersamanya dan beri ia semangat.

Photo by Emma Bauso from Pexels

Sesekali ajaklah ia untuk pergi ke pantai (alam terbuka) atau jalan-jalan sore di lapangan bermain. Disana ia akan belajar banyak hal, melihat banyak orang, dan juga bisa melakukan aktifitas yang tidak melibatkan gadget seperti bermain bola contohnya.

Degan begitu sang anak merasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya.

 

4. Batasi Penggunaan Jaringan Internet di Rumah

Anak-anak sekarang sangat suka menonton YouTube atau bermain video game online. Jika ada jaringan internet dirumah, sudah barang tentu sang anak akan selalu di dalam rumah dan tidak mau keluar rumah sama sekali.

Jika kita sebagai orang tua membutuhkan jaringan Internet dirumah dengan alasan pekerjaan, maka ada baiknya kita batasi penggunaan Internetnya.

5. Diskusi Dengan Anak Terkait Dengan Bahaya Penggunaan Smartphone Berlebihan

 

Apa bahaya penggunaakn smartphone secara berlebihan? Anda sebagai orang tua dituntut untuk belajar lebih dalam mengenai efek negative penggunaan smartphone terhadap anak jika penggunaannya diluar batas wajar. Sepintas kita bisa menyebutkan bahwa sisi negative nya adalah:

  1. Perih mata karena cahaya radiasi dari monitor.
  2. Otak malas bekerja untuk memikirkan aktivitas diluar rumah.
  3. Malas bersosialiasi dengan orang-orang sekitaran rumah bahkan dengan sanak family sekalipun.
  4. dan lain-lainnya
Baca Juga :  Konsep Manajemen Dalam Perusahaan: Pengertian Motivasi, Proses Motivasi, dan Kepemimpinan

Diskusikan hal-hal ini dengan anak agar anak memahami benar kenapa harus dibatasi penggunaan samartphone.

6. Berikan Hadiah Jika Anak Mampu Mengurangi Penggunaan Smartphone

Jangankan anak-anak, kitapun orang dewasa akan senang jika mendapatkan hadiah atas sesuatu yang sudah kita perjuangkan. Nah, oleh karenanya memberikan hadiah kepada anak jika ia mampu mengurangi penggunaan HP akan membuat ia senang.

Dengan begitu, sang anak akan selalu mencoba untuk mengurangi penggunaan smartphone. Anda bisa memberikan hadiah secara berkala, baik itu seminggu sekali atau sebulan sekali. Namun, hadiah yang kita pilih janganlah terlalu mahal, bisa bangkrut orang tua. 🙂

7. Bersosialiasasi dengan teman-teman sebaya nya.

Anak-anak perlu untuk memiliki teman di dunia nyata. Bermain dengan teman-teman sebayanya bisa mengurangi penggunaan smartphone. Jika kita tinggal di daerah komples, banyak anak-anak tetangga yang bisa menjadi teman anak-anak kita. Akan tetapi harus selalu dalam pengawasan orang tua.

Dengan bermain bersama teman-temannya, ia akan mempelajari bagaimana cara bersosialisi dengan teman-temannya dan juga orang tua dari teman-temannya itu.

 

Dan pada akhirnya …

Penggunaan smartphone pada usia dini memang tidak bisa kita pungkiri lagi. Melihat fenomena di sekolah-sekolah sudah mulai menggunakan smartphone atau gadget untuk mencari bahan belajar atau mengerjakan tugas via smartphone.

Photo by Tracy Le Blanc from Pexels

Trend penggunaan smartphone seperti layaknya Tsunami yang menghantam daratan, dan menyapu semua orang-orang dan juga bangunan-bangunan. Begitu juga teknologi smartphone dan gadget. Semua orang dari mulai anak kecil hingga orang dewasa bisa saja kecanduan menggunakan smartphone.

Smartphone tentunya memiliki banyak manfaat dan sisi positif. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa smartphone memiliki hal negatif, terutama bagi anak. Oleh karenanya kita sebagai orang tua sudah mulai menjaga anak kita dari kecanduan smartphone.

Baca Juga :  7 Lagu Cinta Untuk Listening Bahasa Inggris SMP / SMA

Tips dari Sepupu saya dan istrinya : Mereka  tidak pernah menggunakan smartphone di depan anaknya. Sehingga anaknya hampir tidak pernah melihat smartphone di rumahnya maupun di luar rumah. Mungkin ini bisa diterapkan.

Semoga artikel singkat tentang 7 Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Smartphone atau Gadget di era Industri 4.0. Jika ada cara lain yang lebih ambuh, silakan anda utarakan di kolom komentar di bawah ini. 🙂

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.