Jumat, 21 Juni 2019
PendidikanReviews

Review Buku Sejarah Peradaban Islam Karya Dr. Jaih Mubarok, M.Ag

Foto: http://staisukabumi.ac.id/kampus/library/

Kelebihan Buku ini:

Kelebihan dari buku ini adalah mengutamakan pembahasan yang berkaitan dengan perkembangan Agama Islam yang mencakup lembaga-lembaga yang dibangun untuk pengembangan ilmu agama Islam dan ilmu-ilmu eksakta seperti ilmu kedokteran, fisika, matematika, dan musik.

Peradaban Islam sangat jelas digambarkan dalam buku ini, tertuang banyak nama-nama cendekiawan muslim yang melahirkan banyak karya pada zamannya. Dengan karya-karya mereka itulah semua permasalahan yang terjadi dapat terjawab dengan solusi yang baik. Buku ini mempersembahkan lebih banyak tentang peradaban Islam ketimbang kegiatan politik yang terjadi pada masa itu.

Penulis buku ini mengajak pembaca untuk menyadari betapa jayanya Islam hingga melahirkan sebuah peradaban. Pendidikan menjadi perhatian yang serius pada masa kejayaan Islam. Namun, hal yang harus kita pahami bahwa pasang surut peradaban ditentukan oleh faktor-faktor politik (usaha perluasan daerah kekuasaan, mempertehankan/saling merebut kekuasaan) dan ekonomi yang merupakan sarana penting pengembangan peradaban.

Pembahasan Buku ini:

Buku Sejarah Peradaban Islam” karya Dr.Jaih Mubarok, M.Ag mempersembahkan 7 bab pembahasan dalam 272 halaman, buku ini pertama dicetak pada tahun 2004 kemudian di revisi dalam cetakan kedua tahun 2005. Yang membuat buku ini lebih istimewa lagi yaitu Prof.Dr.H.Khaerul Wahidin menyajikan empat lembar sebagai pengantar. berikut review pembahasan dalam buku ini:

Bab satu, tentang kebudayaan dan peradaban Islam, pegertian dan unsur kebudayaan serta peradaban, hubungan kitab suci Al-Qur’an dan hadits dengan kebudayaan serta perbedaan antara keduanya.

Bab dua, tentang peradaban Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW. dapat kita pahami bagaimana peradaban Arab sebelum Islam kemudian lahirnya Nabi penutup segala Nabi yang menjadi pemimpin Agama dan kepala Negara, konsep dan unsur negara, pemeliharaan Al-Qur’an, serta argumen W.Montgomerry Watt dan penolakan Ali abd Al Razq mengenai peran Muhammad sebagai Kepala Negara.

Baca Juga :  6 Web Penyedia Jurnal Artikel Bahasa Inggris Gratis dan Berbayar

Bab tiga, tentang peradaban Islam pada zaman Al Khulafa Al Rasyidin (632-661 M) yang mencakup Khalifah Abu Bakar (632-634 M), Khalifah Umar bin Khattab (634-644 M), Khalifah Utsman (644-656 M), Khalifah Ali ibn Abi Thalib (656-661 M). Serta peninggalan sejarah dan berakhirnya masa Khilafah.

Bab empat, Peradaban Islam pada zaman Umayah di Syiria (661-680 M) dan Andalusia (705-1031 M).

Bab lima, Peradaban Islam pada zaman dinasti Abasiah (133-656 H / 750-1258 M), membahas periodisasi dinasti Bani Abbas, pendirian dan kemajuan serta kemunduran dinasti Bani Abbas (850-1194 M). Digambarkan bagaimana kehidupan pada masa dinasti-dinasti kecil di Timur dan Barat Bagdad, kemudian dinasti Islam di Afrika dan Mesir.

Bab enam, tentang tiga kerajaan besar Islam yaitu Turki Utsmani (1300-1922 M) hingga Mustafa Kemal, Dinasti Safawi (1501-1732 M) di Persia hingga Khumaini, dan Dinasti Mugal (1526-1857 M) di India hingga terbentuknya Pakistan-Bangladesh.

Bab tujuh yaitu bab terakhir, menyajikan peradaban Islam di Asia Tenggara mulai dari awal masuknya Islam, pusat-pusat penyebaran Islam, kemajuan Ilmu Agama, sampai membahas tentang modernisasi di dunia Islam dan dampaknya di Asia Tenggara.

Kekurangan Buku ini:

Buku ini tidak banyak membahas tentang konflik politik yang merupakan hal penting juga yang perlu disampaikan, pe-review juga melihat bahwa kurang lengkapnya pembahasan tentang sejarah peradaban Islam. Dalam buku ini masih memperdebatkan konsep-konsep Islam dalam sejarah seperti dinamika perbedaan pendapat tentang jumlah Khulafaur Rasyidin.

Alasan Memilih Buku ini Untuk di Review:

Buku ini mendatangkan banyak manfaat khususnya pengetahuan dalam sejarah peradaban Islam, penulisan dan gaya bahasa dalam buku ini mudah dipahami oleh pe-Review serta jumlah halaman yang siap habis dibaca dalam waktu tiga-empat bulan.

Baca Juga :  Review Galaxy A8, Smartphone Menengah Samsung dengan Fitur Premium

Bila dibandingkan dengan buku karya Badri Yatim dengan judul yang sama yaitu “sejarah peradaban Islam” menggunakan gaya penulisan narasi seakan-akan pe-Review membaca novel klasik. Selain pe-Review sulit untuk menganalisis atau menemukan makna dalam buku tersebut, adanya beberapa catatan kaki yang diambil dari beberapa penulis barat. Menurut paham pe-Review, penulis Barat ditakutkan akan meninggalkan satu atau dua bukti sejarah yang membesarkan Islam, hal ini dapat mempengaruhi keabsahan dari makna buku mereka. Halaman buku yang ditulis oleh Dr.Badri Yatim, M.A sebanyak 338 halaman, menurut saya buku ini tidak akan habis di baca dalam waktu singkat.

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer