Tuesday, December 11, 2018
Sejarah

Pengertian dan Sejarah KOMPUTER

Kata computer secara umum pernah digunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “Orang yang menghitung” kemudian menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Sejak perang dunia II kata tersebut merujuk kepada para wanita Amerika Serikat dan Inggris yang melakukan pekerjaan menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Saat ini komputer sudah semakin canggih. Tetapi sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, seiring dengan berjalannya waktu komputer memiliki 5 generasi.

1. Generasi Komputer

*Generasi Pertama

Dengan Terjadinya perang dunia kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berlomba-lomba mengembangkan komputer untuk mengatur mengeksploit potensi stretegi yang dimiliki komputer. Pada tahun 1942, insinyur asal Jerman menciptakan sebuah komputer, Z3, untuk mendesign pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan dibidang komputer pada tahun 1943 untuk memecahkan kode rahasia jerman dan pada waktu itu pihak inggris merahasiakan tentang komputer tersebut hingga satu dekade lamanya.

Usaha yang dilakukan pihak America, Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insyinyur Harvard yang bekerjasama dengan IBM (Internasional Business Machine), berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran sangat besar sehingga mencapai setengah lapangan bola kaki.

John Presper Eckert pada tahun (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada tahun 1945 Von Neumann mendisen Electronic Discrete Variabel Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data. Komputer ini masih dipakai hingga 40th mendatang.

Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki kode biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” (Machine Languange). Hal ini menybebakan komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer saat itu berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

*Generasi Kedua

Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang suskes dibidang bisnis, di universitas, dan dipemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen yang dimiliki komputer masa kini, seperti Printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Pada saat itu sudah mulai bermunculan bahasa pemograman seperti (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman ini menggantikan yang rumit dengan kata-kata, formula, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Semenjak saat itu berbagai macam karir bermunculan, seperti (Programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer), Industri perangkat lunak sudah mulai banyak bermunculan semenjak generasi komputer kedua ini.

* Generasi Ketiga

Namun walaupun demekian komputer generasi kedua tetap mempunyai kekurangan, memang dibandingkan dengan komputer generasi pertama yang masih menggunakan tube vakum memang masih bagus generasi kedua karena sudah menggunakan teknologi transistor yaitu komputer dikompres lebih kecil lagi dan juga dapat melakukan banyak tugas, terlepas dari itu semua teknologi transistor tidak efisien digunakan karena dapat menghasilkan panas yang cukup besar, oleh karena itu para ilmuan mengembangkan komputer generasi ketiga. Batu Kuarsa (Quartz Rock) dapat menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur dari Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi IC (Integrated Circuit) pada tahun 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan ahirnya berhasil memasukkan komponen-komponen lebih banyak kedalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karenan komponen-komponen dapat dipadatkan dalam satu chip.

* Generasi Keempat

Tujuan generasi ini adalah jelas untuk memperkecil sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat membuat ratusan komponen dalam sebuah chip,1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) dapat membuat ribuan komponen dalam sebuah chip, Ultra-Large Sclae Integration (ULSI) dapat membuat jutaan komponen.

Tahun 1971 Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit, Memory, dan kendail Input/Output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Tidak lama kemudian, setiap perangkat piranti rumah tangga, seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan Electronic Fule Injection (EFI) dilengkapi dengan microprocessor.

Pada generasi ini komputer bukan hanya perusahan besar lagi yang dapat digunakan, tetapi sudah dapat juga digunakan oleh orang awam. Pada awal tahun 1970-an, perakit komputer sudah mulai menawarkan produk mereka kepada masyarakat umum, yang kemudian dikenal dengan Minikomputer. Piranti lunak yang sangat populer saat itu adalah program Word Processing dan Spreadsheet. Pada wal 1980-an, vidio game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk dirumah, kantor, dan sekolah. Kemudian komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari yang komputer di atas meja (Desktop Komputer), kemudian dapat dimasukkan kedalam tas (Laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (Palmtop).

IBM PC bersaing memperebutkan pangsa pasar dengan Apple Macintosh. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafisnya dan juga penggunaan piranti Mouse.

Pada masa sekarang kita mengenal perjalan IBM Compatible dengan pemakaian CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita mengenal AMD K6 Athlon, dsb.

Seiring dengan berkembangnya jaman dan terus digali potensi tentang komputer maka sekarang antar komputer sudah dapat berkomunikasi dengan menggunakan LAN (Local Arean Network) untuk dapat saling mentransfer informasi.

* Generasi Kelima

Menjelaskan komputer generasi kelima sedikit agak sulit, dikarenakan komputer generasi kelima ini masih tergolong sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima ialah komputer fiksi HAL9000 dari Novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. Dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI), Hal dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, dengan menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banya fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud, seperti beberapa komputer sudah dapat menerima intruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.

Banyak kemajuan dibidang design komputer dan teknologi yang memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Neumann, model on Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerjasama secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa hambatan apapun yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek generasi kelima. Lembaga ICOT juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak berita yang mengatakan proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa proyek ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi didunia.

2. Berikut Pengertian komputer, diantaranya :

* V.C. Hamacher et al, 1982

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output dalam bentuk informasi, baikkah informasi itu 1 + 1 = 2 atau dalam bentuk berita seperti “Minggu depan Pres. Jokowi dan Ibu Jokowi akan Mengunjungi Industri Penerbangan“.

* Robert H. Blissmer, 1985

Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan data, dan menghasilkan output berupa informasi.

* Elias M. Awad

Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.

* Larry Long dan Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginprementasikan dan juga melaksanakan perintah-perintah program untuk Input, Output, Perhitungan, dan Operasi-operasi logik.

* William M. Fuori

Komputer adalah suatu alat untuk memproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

* William, Sawyer

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Dari penjelasan diatas pada dasarnya pengertian komputer dapat disimpulkan bahwa komputer suatu alat elektronik yang dapat menerima input, mengelola input, dan memberikan informasi.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu Input data, pengolahan data, dan informasi (Output).

Cuma ini yang dapat saya share kepada agan-agan dan sista mengenai apa itu komputer dan Sejarahnya, kalau agan-agan dan sista punya saran atau masukan bisa dikolom komentar dibawah.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.