Kamis, 15 April 2021
BisnisKeuanganSejarah

PERNAH KAYA ! 8 Miliyader ini Bangkrut & Kehilangan Semuanya

Orang-orang kaya yang bangkrut

PERNAH KAYA ! 8 Miliyader ini Bangkrut dan Kehilangan Hampir Semuanya – Kemerosotan ekonomi keadaan yang  sulit bagi semua orang. Namun, bagi seorang miliarder kemerosotan ekonomi bisa menjadi bencana besar. Para Milyader tidak menyimpan uang tunai di brankas pada suatu tempat.  Biasanya mereka menyimpan uang dalam bentuk hal-hal seperti real estate dan kepemilikan bisnis.

Seán Quinn, misalnya, adalah orang terkaya di Irlandia pada awal 2008 –  diperkirakan memiliki kekayaan yang bernilai $ 6 miliar. Meskipun ia mulai bisnis nya pada tahun 1970-an dengan cara menjual kerikil, ia membangun sebuah kerajaan bisnis yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan (konstruksi), real estate, dan asuransi.

Tetapi ketika krisis keuangan melanda, kerajaan bisnisnya hancur. Bukan hanya kehilangan $ 6 miliar yang dianggapnya bernilai, dia juga berhutang lebih dari $ 3 miliar sebelum menyatakan kebangkrutan.

Bisnis yang buruk bisa terjadi bukan hanya karena ekonomi yang merosot, bisa juga di sebabkan oleh pengambilan keputusan yang salah dalam berbisnis atau bisa juga dengan motif penipuan. Contoh terbaru yang paling terkenal dari hal ini adalah Bernard Madoff.

Dalam infografis di bawah ini, kita membahas Allen Stanford, yang kehilangan seluruh kekayaannya sebanyak $ 2,2 miliar ketika dia dinyatakan bersalah menjalankan skema Ponzi besar-besaran. Dan berbicara tentang skema Ponzi: Charles Ponzi telah berhasil mengumpulkan setara dengan hampir seperempat miliar dolar sebelum semuanya menghilang. Hal ini menyebabkan hukuman penjara lebih dari tiga tahun untuk nya.

GAMBAR INFOGRAPIC

8 Kekayaan Milyader Terbesar yang Pernah Hilang

Bagi kebanyakan orang, membangun kekayaan adalah tugas yang sulit dipahami. Tetapi begitu mereka memiliki kekayaan, banyak orang menemukan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Di bawah ini kita membahas 8 kekayaan Milyader terbesar yang pernah hilang.

8. Björgólfur Guðmundsson – Miliarder Islandia

Björgólfur Guðmundsson memiliki total kekayaan sebesar $ 1,1 miliar pada 2008.  Sumber kekayaannya sebagian besar berasal dari Landsbanki, bank Islandia. Penyebab kerugiannya adalah kehancuran perbankan Islandia pada tahun 2008.

Berapa banyak yang hilang? Guðmundsson dinyatakan bangkrut pada tahun 2009 meliputi semua kekayaannya dan pada saat itu ia meninggalkan hutang sebesar $ 750 juta. Tahukah Anda? Kebangkrutan Guðmundsson adalah kebangkrutan pribadi terbesar dalam sejarah Islandia

Baca Juga :  Peluang Bisnis Perumahan Syariah Yang Menjanjikan Bagi Anda Developer

7. Allen Stanford – The Fraudster

Allen Stanford  memiliki kekayaan sebesar $ 2,2 miliar pada 2008. Sumber kekayaan berasal dari  Asuransi real estate Stanford Financial Group: Stanford memulai perusahaan ini di Wilayah Overseas British Montserrat di Hindia Barat pada tahun 1980-an.

Penyebab kerugian yang dialami oleh Stanford Financial Group adalah karena menjalankan skema Ponzi. Dia dihukum atas 13 dakwaan, termasuk penipuan konspirasi palsu. Berapa banyak yang hilang? Semua kekayaan  Stanford hilang dan saat ini ia sedang menjalani hukuman 110 tahun untuk perannya dalam skema Ponzi senilai $ 7 miliar yang terlibat dalam bisnisnya.

Tahukah Anda? Pada tahun 2006, Stanford adalah orang Amerika pertama yang pernah dianugerahi gelar bangsawan oleh negara pulau Antigua. Gelar ksatrianya dicabut pada tahun 2010. Pada tahun 2008, Stanford adalah perusahaan swasta terbesar di Antigua. Kekayaan pribadinya melebihi PDB Antigua sebesar $ 1,5 miliar.

6. Séan Quinn – The Celtic Construction Tiger

Kekayaan Séan Quinn mencapai $ 6 miliar pada tahun 2008. Sumber kekayaan nya berasal dari Asuransi Konstruksi Real estate.

Penyebab kehilangan kekayaannya adalah karena penggelembungan  properti Irlandia pada tahun 2008 dan  Nasionalisasi Anglo Irish Bank pada 2009. Pada waktu itu, Quinn dan keluarganya diam-diam memiliki seperempat saham di bank Anglo Irish yang saat itu dinasionalisasikan, investasi keluarga Quinn terhapus.

Berapa banyak yang hilang? Seluruh kekayaan keluarganya Ketika Quinn menyatakan kebangkrutan pada tahun 2012, ia memiliki utang lebih dari $ 3 miliar. Pada Januari 2015, Quinn telah dibebaskan dari utangnya. Pengadilan Tinggi Irlandia memutuskan bahwa ia harus membayar € 10.000 setahun.

Tahukah Anda? Setelah proses kebangkrutan, Quinn dan keluarganya dibiarkan dengan $ 15.000

5. John D. Rockefeller – Orang Terkaya di Amerika

John D. Rockefeller memiliki kekayaan sebesar $ 360 miliar pada tahun 2015. Sumber kekayaannya adalah Minyak. Penyebab Kehilangan nya adalah depresi hebat. Berapa banyak yang hilang? Sekitar $ 709 juta pada tahun 1929 di tambah dengan $ 10 miliar dikarenakan  inflasi.

Tahukah Anda? Rockefeller dianggap sebagai orang Amerika terkaya yang pernah ada di Amerika oleh banyak sumber, dan merupakan salah satu orang terkaya dalam sejarah. Ia merupakan seorang pria yang religius, Rockefeller menyumbangkan sepersepuluh dari penghasilannya. Perusahaan modern yang awalnya bagian dari Standar Minyak Rockefeller meliputi: Conoco Phillips BP Chevron Exxon- Mobil.

Baca Juga :  10 Cara Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

4. Eike Batista – Pemimpin Minyak Brasil

Eike Batista memiliki total kekayaan sebesar $ 34,5 miliar pada 2012.  Ia adalah orang terkaya ke-8 di dunia, menurut Bloomberg dan juga Ia adalah orang terkaya di Brasil. Sumber kekayaannya adalah tambang utilitas minyak.

Penyebab kehilangan adalah penawaran agresif pada lahan minyak yang gagal berproduksi. Pada tahun 2007, perusahaan minyak Batista OGX menyewakan tanah beberapa kali lipat dari harga perusahaan lain pada waktu itu. Investor kehilangan kepercayaan pada OGX, bisnis minyak Batista Pada tahun 2013, yang akhirnya OGX memiliki hutang sebesar 11 kali nilai pasar.

Berapa banyak yang hilang? Segalanya, dan banyak lagi. Pada bulan September 2014, Batista melaporkan kekayaan bersih negatif $ 1 miliar.

Tahukah Anda? Batista sering membual bahwa ia akan menjadi orang terkaya di dunia. Pada 2012, ia mengatakan kepada Bloomberg TV bahwa perusahaannya memiliki aset dasar senilai $ 1,5 triliun.

3. Yasumitsu Shigeta – Miliarder Buatan Sendiri, Termuda di Jepang

Yasumitsu Shigeta memiliki kekayaan dengan total $ 42 miliar pada 1999-2000. Selama periode volatilitas (berubah-ubah) di puncak booming dotcom, kekayaan Shigeta dapat berfluktuasi sebanyak $ 5 miliar dalam 24 jam. Sumber kekayaannya adalah Ponsel Stok di perusahaan telepon genggamnya , Hikari Tsushin, pernah  diperdagangkan dengan harga $ 2.300 pada puncaknya. Penyebab kerugiannya adalah penggelembungan TI Jepang yang meledak lebih dari beberapa bulan. Saham Shigeta di Hikari Tsushin mengalami penurunan senilai $ 40 miliar. Pada tahun 2009, stoknya bernilai $ 600 juta. Berapa banyak yang hilang? Sekitar $ 41 miliar.

Tahukah anda? Dia memulai Hikari Tsushin pada tahun 1988. Pada tahun 1999, Shigeta adalah miliarder swadaya termuda di Jepang. Shigeta adalah CEO termuda dari sebuah perusahaan publik ketika kemudian mendaftarkan sahamnya ke JASDAQ

 

2. Masayoshi Son – “Bill Gates” Jepang

Masayoshi Son memiliki total kekayaan sebesar $ 78 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari distribusi perangkat lunak jaringan seluler, CEO SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi. Penyebab kerugian: penggelembungan teknologi Jepang pada tahun 1990-an. Berapa banyak yang hilang? Sekitar $ 70 miliar saham SoftBank diperdagangkan dengan harga 198.000 yen (~ $ 2.680) pada tahun 2000. Pada tahun 2002, saham nya telah turun menjadi 1.542 yen (~ $ 20).

Baca Juga :  7 Wasiat Bob Sadino yang Membuat Kamu Semangat Berbisnis

Tahukah kamu? Salah satu bisnis pertama Son adalah mengimpor Space Invaders dan lemari permainan Pac Man dan menyewanya di sekitar kampus Berkeley di California. SoftBank memiliki lebih dari sepertiga Yahoo ketika perusahaan itu go public pada tahun 1996. SoftBank menginvestasikan $ 20 juta di Alibaba pada tahun 2000, dan sekarang memiliki sepertiga dari saham perusahaan. Karena IPO Alibaba, Son adalah orang terkaya Jepang yang memiliki kekayaan $ 16,6 miliar pada 2014.

1. Mansa Musa I – Raja Emas

Mansa Musa I adalah seorang penguasa Mali dari tahun 1321-1337. Total ukuran kekayaan yang ia miliki disesuaikan dengan inflasi adalah sekitar $ 400 miliar. Sumber kekayaan: kacang kola, garam, emas, gading. Di tahun 1300-an, Mali menghasilkan sekitar setengah dari emas dan garam di dunia. Penyebab kerugian: Invasi Perang saudara.

Berapa banyak yang hilang? Semua.  Akhirnya dalam dua generasi setelah Musa tiada di tahun 1330-an, kekayaannya yang sangat besar hampir sepenuhnya hilang.

Tahukah kamu? Dalam perjalanannya ke Mekah, Musa membagikan begitu banyak emas dalam perjalanannya melalui Mesir sehingga ia menyebabkan nilainya menurun – memicu depresi selama beberapa dekade di Kairo, Madinah, dan Mekah. Musa memperbaiki pasar emas dengan meminjam sejumlah besar emas dengan bunga tinggi. Biaya Musa membayar arsitek Andalusia lebih dari 400 pon emas untuk membangun sebuah masjid di Timbuktu.

Itulah  8 Miliyader yang bangkrut dan kehilangan hampir semua hartanya. Sepertinya cukup stress jika kehilangan harta yang cukup banyak dalam waktu singkat. Oleh karenanya mengejar harta dunia memang tidak akan ada habisnya. Semua kita bisa mendapatkan kekayaan yang sangat banyak. Akan tetapi tidak ada harta yang kekal di dunia ini. Semoga artikel tentang 8 milyader ini bisa memberikan pelajaran untuk kehidupan kita.

Diterjemahkan langsung dari sumber: Commodity.com

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.