Tuesday, December 11, 2018
Sejarah

Sejarah Yahoo! Mail dan Google Mail

Selamat pagi agan dan aganwati semua, tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 01.12, cepat kali berlalu ya gan. Tetapi walaupun waktu sudah larut namun selagi saya punya kesempatan untuk berpikir dan mencurahkan isi pikiran, saya tetap akan berusaha berbagi cendol kepada agan-agan kok, ummm kenapa larinya ke cendol ya ?, sorry maksud saya berbagi artikel gan hikhikhik, pada kesempatan kali saya akan ngebahas tentang Sejarah Yahoo! Mail dan Google Mail, gak usah basa-basi lagi mari check it out gan .

Apa Itu Yahoo! Mail ?

Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

Pada 26 Agustus 2007, versi AJAX untuk Yahoo! Mail diperkirakan sudah lengkap dan mulai menggantikan Yahoo! Mail versi lama. Pengembangan antara muka baru ini bermula pada juli 2004, walupun adalah mungkin prototipe lain telah dimajukan sebelum itu. Pada masa ini ia serasi dengan Internet Explorer 7 dan Mozila Firefox serta Camino (sebagai sebagian rancangan Yahoo! Untuk menaiktaraf semua tampaknya supaya serasi dengan Firefox). Walaupun dapat digunakan melalui Opera dan Safari, terdapat sedikit masalah pada pengaturan letaknya. Yahoo mail bisa digunakan sebaga media pengganti sms, untuk memulai gunakan Yahoo! Mail berikut ini Cara Membuat EMAIL YAHOO! Baru Lengkap

Apa Itu Gmail ?

Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.

Denga kapasitas penyimpanan awal 1 GB per user, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemograman Ajax. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux. Pada Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Fitur

Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. Seperti Yahoo! dan Hotmail, hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat inil gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasikan teknologi pencarian Google yang memudahkan pengguna mencari sesuatu dari emmail mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan lampiran hingga 25 MB per email.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk “Conversation view”. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikannya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkan Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis, untuk memulai gunakan google mail Cara Membuat Email Baru di Gmail.

Baca Juga :  Apa Itu Email, Sejarah, Penggunaan, Etika, dan Keamanannya

Sekian artikel Sejarah Yahoo! Mail dan Google Mail semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa tinggalin jejak ya gan.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Writer
Who always Love learning about something new that important for me and other.