Jumat, 21 Juni 2019
GeneralInternetTechnology

7 Kamus Bahasa Inggris Yang Terpecaya

Belajar bahasa Inggris di zaman sekarang ini sudah sangat crucial. Dimulai dari SD, SMP, hingga tingkat SMA. Sebagai pelajar tentu saja kita membutuhkan kamus bahasa Inggris yang dapat di percaya. Oleh karenanya pada artikel kali ini kita akan memberikan beberapa rekomendasi kamus bahasa Inggris online yang bisa langsung di gunakan untuk menunjang kegiatan belajar (dan mengajar) bahasa Inggris. Sebelumnya kita akan  menjelaskan sedikit dua tipe kamus bahasa InggrisPertama, kamus bahasa Inggris yang  artinya dalam Inggris juga, dengan kata lain penjelasan artinya dalam bahasa Inggris pula. Bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris intermediate english level profeciency, kamus tipe ini lebih cocok bagi kamu. Tipe kamus kedua, adalah arti kata bahasa Inggrisnya dalam bahasa Indonesia. Tipe yang satu ini cocok bagi kamu yang basic learners. Di artikel ini saya juga akan memberikan rekomendasi kamus bahasa Inggris -Indonesia yang dapat kamu gunakan terutama bagi basic learners.

Langsung saja berikut adalah beberapa kamus bahasa Inggris online yang kami rekomendasikan.

1. Dictionary

Dictionary.com adalah kamus yang paling popular dan digunakan  oleh pengajar dan pelajar bahasa Inggris di seluruh dunia. Versi android nya juga tersedia sehingga mudah digunkan dimana-mana. Di situs dictionary.com ini juga sesekali memberikan artikel merarik tentang bahasa Inggris. Disamping sebagai kamus, dictionary.com juga menyediakan thesaurus, yaitu kamus yang hanya mencari sinonim dari kata yang sedang kita cari. Bagi teman-teman mahasiswa yang sedang menempuh study S2 atau S3 dan sedang menulis thesis atau jurnal bahasa Inggris penggunaan thesaurus ini sangat kami rekomendasikan. Thesaurus akan mememberikan beberapa pilihan synonim yang cocok untuk tulisan kita. Sehingga tulisan kita menjadi lebih akademis.

2. Cambridge  Dictionary

Dari namanya saja kita sudah tau bahwa ini adalah kamus bahasa Inggris terpercaya yang memang bisa kita gunakan tanpa ragu. Kamus ini pun memiliki kumpulan tulisan mengenai kosakata dan juga penggunaan bahasa Inggris.

 3. Longman Dictionary

Kamus Longman ini pada dasarnya tidak memiliki versi online. Kamus yang satu ini memiliki super banyak kosakata, dan jika ada beberapa kosakata terkait tentang akademik, maka kata tersebut akan di highlight. Di Amerika kamus ini di gunakan oleh mahasiswa junior (dari berbagai negara) yang sedang belajar bahasa Inggris, khususnya yang mau masuk kuliah. Namun, sekarang sudah ada versi onlinenya, walaupun menurut saya tidka begitu lengkap seperti versi printed.

4. Oxford Dictionary

Sama hal nya seperti Longman, oxford juga pada awalnya memiliki kamus printed. Namun jangan khawatir, sekarang sudah di sediakan versi onlinenya, walaupun sama halnya dengan Longman, versi printed nya lebih lengkap dan detail. Namun untuk penggunaan sehari-hari kita bisa merujuk ke kamus yang satu ini.

5. Merriam Webster Dictionary

Jika kita lihat dari websitenya kamus Merriam Webster ini sudah ada sejak tahun 1828. Sudah lumayan tua juga, akan tetapi kamus yang satu itu juga terus menerus memperkaya kosakata bahasa Inggris kedalam kamusnya. Selain itu juga terdapat phonetic system dan audio pada tiap kosakata sehingga kita dapat mendengar bagaimana cara baca yang benar.

Pada dasarnya hampir semua kamus bahasa Inggris diatas memiliki audio dan phonetic system, sehingga mempermudah kita dalam belajar pronunciation bahasa Inggris. Di samping itu juga kamus-kamus bahasa Inggris- Inggris di atasa memberikan contoh-contoh kalimat, sehingga mempermudah kita dalam memahami setiap fungsi kata-kata dalam setiap kalimat dan konteksnya.

6. Kamus

Kamus.net adalah kamus yang sudah saya pribadi gunakan sejak tahun 2009. Cukup lama, jika dilihat dari kontributor di kamus.net kebanyakan adalah mereka bulek-bulek yang mungkin belajar dan sudah bisa bahasa Indonesia. Bagi kamu-kamu yang ingin berkontribusi di kamus.net, silakan daftar (sign up) dan berkontribusilah, agar kamus.net ini menjadi lebih kaya dalam pembendaharan terjemahan kosa kata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan begitu juga sebaliknya.

Baca Juga :  Apa Itu Bitcoin Dan Hukum Penggunaannya Dalam Kehidupan

7. Sederet

Direkomendasikan dari seorang teman saya, kamus bahasa Inggris-Bahasa Indonesia yang satu ini mampu menterjemahkan kalimat yang panjang. Asyik bukan? 🙂 Mungkin lebih kurang sama seperti google translate. Namun, sebagai perbandingan hasil terjemahan maka sederet.com mungkin bisa dijadikan salah satu alat terjemahan kalimat yang panjang.

Baca juga: Cara Terjemah Dokumen Dengan Google Translate

Baca juga: Tips Untuk Proofreading Essay Bahasa Inggris

Nah itu dia 7 rekomendasi kamus bahasa Inggris terbaik yang saya coba rangkumkan. Semoga memberikan manfaat yang banyak bagi sekalian pelajar Indonesia yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Tetap semangat belajar, silakan tinggalkan pesan, comment, atau sekedar say hi 🙂

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.