Sunday, 21 April 2019
AppsInternetanOtherTechnology

8 Situs dan Aplikasi Bermanfaat Bagi Pelajar Yang Wajib Kamu Ketahui

Di zaman yang serba instan seperti zaman sekarang, banyak anak-anak milineal yang suka belajar secara instan pula. Dahulu di tahun 90an banyak siswa yang membaca buku dalam bentuk printed. Namun sekarang, perkembangan dunia teknologi di bidang pendidikan pun sangat pesat sehingga banyak bermunculan applikasi dan situs-situs yang bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa situs dan aplikasi bermanfaat bagi pelajar yang wajib kamu ketahui. Perlu di ketahui bahwa sebelum adanya Internet, para pelajar mengandalkan pensil, pulpen, buku, RPUL, kamus, dan berbagai jenis alat bantu lainnya untuk proses belajar. Tidak heran, mereka memiliki ingatan yang bagus untuk mengingat banyak pelajaran. Namun di zaman yang sudah canggih seperti saat ini, justru kita sebagai pelajar harus mampu menyesuaikan diri kita dengan terus belajar dan tidak jarang banyak anak-anak milenial yang mudah melupakan pelajaran yang telah di pelajari.

Banyak sekali situs dan aplikasi yang cocok bagi pelajar saat ini. Situs dan aplikasi itu bisa membantu kamu mengingat kan kamu tentang kegiatan sekolah / kampus mu dan juga membantu kita dalam proses belajar. Contoh saja seperti Google Calendar, dimana aplikasi tersebut bisa kita gunakan untuk menuliskan agenda-agenda keseharian kita dan kegiatan-kegiatan di kampus. Sehingga kita tidak melupakan agenda-agenda penting, terutama homework (PR). Keep juga merupakan salah satu product google yang sangat powerful untuk menyimpan beberapa notes (catatatan) penting.

Baiklah mari kita membahas satu persatu, berikut website dan aplikasi yang cocok bagi kamu-kamu pelajar dimanapun kamu berada:

1. Coggle.it

Saat kita ingin menuliskan sesuatu atau merencanakan sesuatu, kita pasti membutuhkan waktu untuk brainstorming. Coogle.it saat berguna bagi kita pelajar yang ingin membuat brainstorming atau mind mapping. Tujuan nya adalah untuk mempermudah kita menuangkan ide yang nantinya akan kita eksekusi (menulis). Disamping itu juga bisa juga membuat sebuah alur proses yang mungkin bisa di tampilkan pada presentasi.

2. Stackexchange

Pada situs stackexchange ini, kita bisa menanyakan pertanyaan tentang apapun. Kita hanya perlu untuk memilih topic yang ingin kita tanyakan, dan posting pertanyaannya. Setiap member yang telah bergabung di stackexchange bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan mu. Jawaban yang terbaik akan di vote dan akan muncul pada comment teratas. Dengan kata lain situs ini mirip dengan Quora.

3. Habitica

Habitica adalah situs dan aplikasi yang di desain khusus untuk mengatur hal-hal atau tugas-tugas yang harus kamu lakukan setiap hari nya. Tidak seperti aplikasi task management lainnya, Habitica didesain persis seperti game RPG (Role Playing Game). Disana kita bisa menaikkan level, beli item, mengumpulkan coins, gabung dengan guild, dan masih banyak lainnya.

Setiap kamu menyelesaikan tugas seperti mengecek e-mail, maka kamu akan mendapatkan coins dan juga “tambah darah” 😀 anyway langsung saja klik habitica dan have fun.

4. Todoist

Situs yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti habitica, namun lebih bersih tampilannya dan tidak memiliki konten game sama sekali. Kamu bisa menambahkan task-task yang ingin kamu tambahkan, dan Todoist akan membantu mu untuk melakukan semua kegiatan kamu sehari-hari.

5. Bibme

Bibme bisa membantu kita untuk check tulisan kita. Sekalian kita bisa juga menyimpan citation yang kita buat. Sehingga kita bisa terhindar dari isu-isu plagiarism. Bukankah hal itu penting bagi seorang pelajar?

6. Instructables

Situs yang satu ini bisa memberikan inspirasi bagi kita yang ingin bekarya. Banyak sekali ide-ide dari banyak orang di sini untuk kita gunakan. Silakan explore ke situs nya langsung. Semoga bermanfaat.

7. Mint

Situs dan aplikasi yang satu ini bisa membuat kamu untuk bisa berhemat. Jika ada yang ingin di beli, mungkin kamu harus bisa menyimpan uang. Nah, aplikasi yang satu ini akan membuat kamu tersadar seberapa banyak pengeluaran kamu perbulan nya. Cukup ampuh untuk menyadarkan kita untuk bisa nabung.

8. Dropbox

Dropbox bukanlah aplikasi cilet-cilet (baca: main-main). Situs dan aplikasi ini sudah teruji sejak zamannya dinosaurus (hiperbola) ^_^. Dari dulu sejak kuliah saya juga telah menggunakan Dropbox untuk menyimpan hampir semua paper yang penting. Skripsi dan Thesis juga harus di masukkan kemari agar tidak pusing tujuh keliling kalau laptop atau flashdisk kamu masuk virus yang membahayakan keselamatan laptop atau flasdisk kamu. Silakan singkronisasikan laptop mu dengan Dropbox sekarang juga.

Baca Juga :  Apa Itu Email, Sejarah, Penggunaan, Etika, dan Keamanannya

Nah itu dia 8 situs dan aplikasi bermanfaat bagi pelajar yang wajib kamu ketahui. Selain dapat membantu kamu dalam melalui masa-masa kamu sekolah, situs-situs dan aplikasi-aplikasi diatas bisa membuat semua kegiatan sehari-hari kamu lancar dan menenangkan.

Semoga situs dan aplikasi untuk pelajar yang saya paparkan diatas dapat memberikan manfaat bagi kamu-kamu sekalian. Silakan tinggalkan pesan di bawah atau sekedar say Hi ^_^, oh ya silakan di share juga ya.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Admin & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.