Jumat, 23 Agustus 2019
AppsTechnology

Aplikasi Bermanfaat Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Bekerja Dan Belajar Anda

Perkembangan aplikasi di era revolusi 4.0 ini telah banyak berkembang pesat. Bahkan kita sendiri kewalahan dalam mengikuti trend dari aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Terutama bagi anda yang sedang bekerja atau kuliah, pastinya akan sangat terbantu jika ada aplikasi yang mampu mengingatkan semua agenda anda, atau catatan kecil, kelendar yang bisa mencatat agenda dan lainnya yang dapat menunjang produktivitas anda dalam bekerja atau belajar.

Tentunya kita bisa download beberapa aplikasi yang bermanfaat bagi mahasiswa atau pekerja seperti anda melalui google play dan kebanyakan dari aplikasi tersebut gratis. Walaupun nantinya ada beberapa yang berbayar, akan tetapi tidak ada rugi nya jika itu mempermudah kita dalam bekerja.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang produktivitas anda saat bekerja atau belajar. Berikut adalah list aplikasi-aplikasi rekomendasi dari kami.

 

1. Todoist

Aplikasi Todoist ini sangat bermanfaat dan membantu anda bersama rekan kerja anda. Melalui aplikasi ini anda bisa membuat list hal-hal yang harus dilakukan dan juga dengan tenggang waktu yang sudah anda sepakati. Rekan kerja anda harus juga mengunduh aplikasi Todoist agar bisa sama-sama melihat tugas yang sudah dibagikan. Sehingga tidak ada pekerjaan anda dan rekan yang tertunda.

Selain itu, aplikasi ini bisa men-filter semua tugas berdasarkan tingkat prioritasnya. Jika penting mendesak mungkin anda bisa tepatkan pada skala prioritas level 1, dan begitu seterusnya. Jika anda upgrade ke akun premium, anda akan memiliki akses dari banyak fitur lainnya yang bermanfaat

2. Evernote

Aplikasi Evernote ini menurut saya sangat “wah” sekali. Bukan hanya bisa menyimpan catatan catatan kita, namun juga bisa kita sertakan juga foto, link website, dan beberapa file yang berkaitan dengan catatan yang sudah kita buatkan. Tersedia dengan beberapa template, evernote membuat catatan kita lebih teratur dan tampak profesional.

Baca Juga :  Apa Itu Bitcoin Dan Hukum Penggunaannya Dalam Kehidupan

Jika anda sedang menjadi panitia atau sedang ada pekerjaan berkenaan dengan banyak hal, Evernote akan sangat membantu. Contoh disaat anda menjadi seorang panitia dimana anda harus mencatat semua agenda, dokumentasi, dan bahkan beberapa bon transaksi keuangan maka anda cukup menyimpan semuanya di dalam Evernote.

3. CamScanner

Saat seorang pekerja atau pelajar diharuskan untuk scan dokumen, kita biasanya harus menggunakan mesin scanner untuk scan dokumen atau file-file penting lainnya. Akan tetapi, saat ini aplikasi Camscanner bisa digunakan untuk scan dokumen apapun dan dimanapun dengan hanya menggunakan HP smartphone. Sehingga kita akan sangat mudah untuk scan file yang penting dimanapun kita berada.

Aplikasi Camscanner ini bisa scan dokumen, gambar, tulisan pada buku dan bisa kita export menjadi JPG atau PDF. Camscanner ini juga bisa menyimpan hasil scan kedalam penyimpanan Cloud. Sehingga jika HP anda rusak atau aplikasi Camscanner terhapus, maka saat kita download ulang Camscanner akan muncul lagi file penting yang sudah pernah kita scan.

Saya pribadi menggunakan Camscanner ini untuk scan dokumen penting seperti KTP, SIM, kartu ATM, Kartu Keluarga, Ijazah, Kartu Berobat, dan beberapa file akademik lainnya yang saya anggap penting dan akan digunakan lagi nanti di waktu yang akan datang.

4. Aplikasi Microsoft Office

Banyak dokumen saat ini sangat tergantung pada Microsoft Office. Seorang pekerja membuat surat menggunakan Microsoft Word, seorang akuntan membuat laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel, dan seorang pelajar membuat slide presentasi skripsi nya menggunakan Microsoft Power Point, dan sebagainnya.

Karena mobilitas manusia saat ini sangat tinggi, sungguh sangat bijak jika kita download juga Microsoft Office di HP smartphone kita. Sehingga kita bisa edit dan membuat dokumen dimanapun kita berada tanpa harus duduk di depan komputer.

Baca Juga :  Gratis, Uji Coba Aplikasi HRD Berbasis Web LinovHR

Google Docs, Google Sheet, dan Google Slides mungkin bisa menjadi alternatif lainnya dimana anda akan merasa sangat aman dari kehilangan dokumen yang sudah anda buat. Dengan menggunakan produk dari Google ini, semua file yang anda buat secara online (ataupun offline) akan tersimpan di Google Drive. Sehingga anda tidak membutuhkan tombol Control + S lagi untuk menyimpan dokumen penting anda.

5. Google Drive

Semua orang saat ini telah banyak memiliki akun e-mail di google atau lebih dikenal dengan gmail. Nah, setiap satu akun gmail sudah memiliki Google Drive, yaitu sistem penyimpanan data (files) melalui Clouds. Jadi anda tidak perlu lagi bawa-bawa flashdisk. Cukup simpan semua dokumen, foto, audio atau file-file penting lainnya kedalam Google Drive. Sehingga kapan pun anda butuh filenya, anda cukup terkoneksi dengan Internet dan semua files nya akan ada di genggaman anda.

Google Drive adalah solusi bagi anda mahasiswa atau pekerja yang sering kehilangan flashdisk. Bayangkan jika ada file yang super penting di dalam flashdisk dan hilang. Pasti anda tidak bisa tidur saat malamnya. Jadi Google Drive akan sangat bermanfaat bagi kita-kita yang sedang menjalanii era revolusi 4.0 ini. Namun pun begitu, Google Drive hanya memberikan kapasitas 15 GB (gratis). Akan tetapi jika anda upgrade bisa mencapai 100 GB hingga 1 Terra.

6. Dropbox

Mirip dengan Google Drive, Dropbox juga salah satu penyimpan data secara Clouds. Akan tetapi ada hal yang berbeda dengan Dropbox. Salah satu keunggulan Dropbox adalah kita bisa menginstalnya ke komputer kita, sehingga ia akan bertengger di Local Drive C: sehingga semua file yang kita simpan di folder Dropbox secara offline maka akan langsung ter-upload secara otomatis ke Dropbox saat komputer kita terkoneksi Internet tanpa harus kita upload secara manual. Dengan begitu akan mempermudah pekerjaan kita dan juga menghemat waktu.

Baca Juga :  8 Situs dan Aplikasi Bermanfaat Bagi Pelajar Yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi mahasiswa tentu saja sangat bermanfaat, contoh saja saat dia menulis skripsi / thesis / disertasi maka ia bisa menyimpannya di folder Dropbox. Sehingga jika komputer anda hilang atau masuk virus atau karena sesuau hal  komputer anda rusak total, maka file skripsi anda akan tersimpan dengan aman dan bisa di download secara manual kapanpun anda mau.

7. 1Password

Aplikasi 1Pasword ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering lupa pasword. Anda bisa menyimpan berbagai jenis password dari e-mail, pin ATM, password website-website, dan berbagai password lainnya. Sangat simple dan mudah digunakan.

Nah itu dia 7 Aplikasi bermanfaat bagi pekerja atau pelajar di zaman now. Semoga bermanfaat dan meningkatkan produktivitas kinerja kamu. Silakan share dan saran di tunggu untuk aplikasi android bermanfaat lainnya.

 

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.