Rabu, 16 September 2020
TechnologyTravelVehicles

Beberapa Jenis Kereta Api di Taiwan Yang Perlu Kamu Ketahui, No. 7 Mirip Shinkansen Jepang

Photo by SenuScape from Pexels
Bagi kamu yang akan pergi berlibur atau kuliah di Taiwan ada baiknya mengenal beberapa jenis kereta api di Taiwan terlebih dahulu. Taiwan merupakan sebuah pulau kecil nan indah dimana negeri ini memiliki moda transportasi yang sangat nyaman.
Taiwan memiliki Bus dan mini bus yang terkoneksi bagus antar desa dan kota, antar kota dan kabupaten di sekeliling pulau Taiwan. Namun, banyak orang-orang Taiwan yang menggunakan kereta api untuk berpergian. Ini karena lebih murah dan juga lebih cepat.
Nah, bagi kamu yang akan berlibur atau melanjutkan study ke Taiwan tidak ada salahnya mengenal beberapa jenis kereta api di Taiwan. Supaya nantinya kamu sudah familiar dan gak tersesat saat naik kereta api di Taiwan.
Berikut adalah jenis-jenis kereta di Taiwan, akan di urut dari mulai yang terlambat hingga tercepat.

1.  Qū Jiān Chē / Local Train ( 區間車, ㄑㄩ ㄐㄧㄢ ㄔㄜ )

Kereta yang satu ini merupakan jenis kereta api yang sangat lambat diantara banyak jenis kereta api lainnya di Taiwan. Kereta Local Train ini juga sering dikenal dengan sebutan Man-man Chē (慢慢) yang mana kereta ini akan berhenti disetiap stasiun. Orang-orang Indonesia di Taiwan lebih suka menyebutnya dengan man-man (pelan) che, karena memang lambat/pelan jalannya, makanya sering di sebut begitu. Tiket kereta ini pun tergolong sangat murah, tidak heran jika banyak mahasiswa dan mas-mas atau mbak-mbak BMI (Buruh Migran Indonesia) yang menggunakan moda transportasi ini.

2. Qū Jiān Kuài / Fast Local Train (區間快,ㄑㄩ ㄐㄧㄢ ㄎㄨㄞˋ)T

Jenis Kereta ini memiliki kecepatan diatas kereta man-man che yang sudah kita bahas diatas. Ya bisa di bilang sedikit lebih cepat dari man-man che.  Untuk harga tiketnya biasanya sama  dengan kereta no. 1 tadi, cuma jika kita sudah melewati wilayah yang lebih jauh pasti nya akan ada tambahan biaya saat di periksa oleh petugas kereta atau nanti setiba di statiun.

Baca Juga :  Coba 9 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

3. Jǔ Guāng Hào / Chu Kuang Express (莒光號,ㄐㄩˇ ㄍㄨㄤ ㄏㄠˋ)

Kereta ini lebih cepat dibandingkan dengan 2 jenis  kereta diatas. Kereta ini tidak berhenti disetiap stasiun kecil. Walaupun begitu, kereta ini juga tidak pasti juga akan berhenti di stasiun, mungkin stasiun yang tidak besar juga tidak kecil dia akan berhenti. Terkait dengan hal ini, silakan ditanyakan ke, petugas di stasiun kereta.  Untuk harga tiket kereta ini agak sedikit lebih mahal dari harga tiket kereta no 1 dan 2.

4. Fù Xīng Hào / Fuxing Semi Express (復興號, ㄈㄨˋ ㄒㄧㄥ ㄏㄠˋ)

Kereta ini lebih cepat jika dibandingkan dengan kereta no 3 diatas. Fuxing Semi Express ini biasanya akan beroperasi di hari weeked (sabtu dan minggu) atau pada hari-hari libur nasional di Taiwan. Harga tiket pun akan lebih murah/diskon pada hari-hari tertentu. Akan tetapi pada hari-hari biasa jenis kereta ini jarang beroperasi, untuk informasi lebih jelasnya kita bisa cek di bagian informasi di Taipe Station atau di daerah Hualien.

5. Zì qiáng hào / Tze chiang limited express (自強號,ㄗˋ ㄑㄧㄤˊ ㄏㄠˋ)

Kereta Tze chiang ini merupakan salah satu kereta favorite saya. Lebih cepat sampai jika kita berpergian jauh. Akan tetapi saya pribadi jarang booking tiketnya terlebih dahulu, konsekuensinya adalah kita harus membeli tiketnya di statiun kereta. Jika sudah penuh, maka tidak bisa naik Tze chiang.

Kalaupun dapat tiket, tapi dalam keadaan penuh penumpang, maka kita harus berdiri sepanjang perjalanan.  Kereta ini lebih cepat dibanding dengan kereta-kereta diatas. Khusus Tze chiang, kereta ini hanya berhenti pada statiun besar dan sudah dipastikan tidak akan pernah berhenti pada statiun kecil. Harga tiketnya pun lumayan merogoh gocek.

Baca Juga :  Cara Membuat Akun Kelas Online di Edmodo Untuk Guru / Dosen / Trainer Bahasa Inggris

6. Tài Lǔ Gé / Taroko (太魯閣, ㄊㄞˋ ㄌㄨˇ ㄍㄜˊ) dan    Pǔ Yōu Mǎ / Puyuma (普悠瑪,ㄆㄨˇ ㄧㄡ ㄇㄚˇ)

Image by Chinadaily.com from China Daily.com

Kedua kereta ini sebetulnya sama, akan tetapi memiliki dua nama yang berbeda. Kereta ini tergolong sangat cepat sehingga mengharuskan para calon penumpangnya membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiketnya mirip dengan kereta Tze chiang. Nah kalau tidak ada tiket duduk, maka kita tidak diizinkan untuk masuk kereta Taroko dan Puyuma.

Berbeda dengan kelima jenis kereta diatas, Taroko dan Puyuma tidak menjual tiket tanpa tempat duduk. Dan kereta ini hanya beroperasi disekitaran timur Taiwan (Taipei – dan Hualien sekitarnya).

Harus di perhatikan juga jika anda berpergian menggunakan kereta jenis ini tanpa tiket, maka akan di kenakan denda dengan membayar seharga satu tiket setengah. Maksudnya seperti ini, jika harga tiket sebesar 375 NTD (New Taiwan Dollar), dan naik kereta ini tanpa tiket, maka dikenakan denda 375 + 187,5 = 562 NTD. Lumayan juga itu bisa bangkrut mendadak. 😀 Jika di kalkulasikan bisa menjadi 260 ribu Rupiah.

Nah, kesemua kereta-kereta diatas  dari no 1 sampai 6 disebut dengan jenis kereta Tái tiě (台鐵) TRA

 

7. Gāotiě / (High speed railway) (高鐵,ㄍㄠ ㄊㄧㄝˇ)

Image by bairi from Pixabay

Mirip dengan kereta Shinkansen di Jepang, kereta yang satu ini adalah kereta tercepat di Taiwan. Selain di sebut Gāotiě, kereta ini juga sering disebut THSR (Taiwan High Speed Railway). Harga tiketnya bisa kita bilang WOW sungguh sangat mahal :D. Saya pernah sekali naik kereta ini dengan harga diskon mahasiswa. Saat itu saya berangkat dari Kaohsiung menuju Banqiao di Taipei, harga tiketnya berkisar 1500 NTD setelah mendapatkan diskon mahasiswa. Jika di kalkulasikan ke dalam Rupiah akan menjadi 694 ribuan.

Baca Juga :  Pengaruh Positif dan Dampak Negatif Bermain Mobile Legend Terhadap Kehidupan Gamers

Pastinya, harga menentukan qualitas. Dengan harga sekian NTD, kita mendapatkan pelayanan yang nyaman dan juga fasilitas yang OK. Kecepatan kereta ini berkisar 350 km/jam. Cukup cepat, namun jika kita merasakan di dalam kereta THSR tersebut terasa tidak cepat. Bisa kita sebut, kecepatannya biasa saja. Akan tetapi jika dilihat dari luar, kecepatan kereta ini luar biasa. Perjalanan yang menghabiskan waktu berkisar 8 jam, bisa ditempuh dalam kurun waktu 2 jam saja. Cepat sekali bukan?

THSR ini hanya berhenti pada stasiun-stasiun khusus THSR, dan tidak di semua kota ada stasiun nya. Berikut adalah beberapa stasiun THSR:

a. 南港 Nankang,
b. 臺北 Taipei,
c. 板橋 Banqiao,
d. 桃園 Taoyuan,
e. 新竹 Hsinchu,
d. 苗栗 Miaoli,
e. 臺中 Taichung,
f. 彰化 Changhua,
g. 雲林 Yunlin,
h. 嘉義 Chiayi,
i. 臺南 Tainan,
j. 左營 Zuoying

Nah, untuk daerah timur Taiwan, THSR belum tersedia. Mungkin kereta Fuyuma dan Taroko sebagai gantinya. Itu dia beberapa jenis kereta yang ada di Taiwan. Oh ya, sebenarnya ada satu lagi jenis kereta yaitu MRT (Mass Rapid Transit) yang berlokasi di Taipei. Kereta jenis itu khusus di seputaran Taipei saja.

Semoga penjelasan singkat tentang jenis-jenis kereta di Taiwan ini bermanfaat bagi anda yang ingin melancong ke Taiwan ataupun mahasiswa Indonesia di Taiwan.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.