Sabtu, 14 September 2019
PendidikanTechnology

Cara Membuat Akun Kelas Online di Edmodo Untuk Guru / Dosen / Trainer Bahasa Inggris

Foto: Edmodo.com

Saat ini kelas online sudah mulai berjamur. Memang sudah zaman nya dimana anak murid tidak harus selalu bertatap muka. Terutama bagi guru atau dosen yang dituntut untuk bisa membuat kelas online. Apalagi saat ini banyak sekali video-video pembelajaran bahasa Inggris dari berbagai media digital. Jadi, mau tidak mau dosen atau guru harus mengikuti trend untuk membuat kelas online.

Nah, sistem pembelajaran menggunakan video-video pembelajaran memang terlihat unik, namun lebih unik lagi jika kita bisa membuat kelas bahasa Inggris secara virtual (Online). Bagaimana bentuk rupa nya itu? sulit tidak? dan mengapa harus pakai kelas virtual?

Dari banyak aplikasi atau website penyedia kelas online, kali ini saya akan membahas satu kelas online yaitu edmodo.com. Singkat nya kelas online bisa memberikan beberapa manfaat bagi kita guru / dosen dalam memberi dan mengumpulkan tugas. Disamping itu pula, kita bisa langsung memberikan penilaian melalui kelas online itu. Sehingga kelas tradisional yang telah kita terapkan bertahun-tahun ada sedikit perubahan. Terutama dalam penggunaan kertas dan ribetnya memeriksa tugas siswa.

Oke, daripada banyak sekali mukaddimah nya, mari kita langsung saja melihat bagaimana cara kita membuat akun kelas virtual di edmodo.com

Berikut langkah-langkah membuat akun edmodo:

  • 1. Klik situs www.edmodo.com.
  • 2. Pilih Saya Guru atau I’m Teacher.

  • 3. Masukkan e-mail dan buat password (yang mudah diingat tentunya) dan klik sign up / daftar. Jika memiliki akun gmail, maka akan sangat mudah mendaftar kan akun edmodo menggunakan gmail. Selain mudah untuk sign in nanti nya, mudah pula bagi kita untuk meng-unggah file-file yang ingin kita berikan kepada siswa-siswa kita.

  • Setelah sign up, klik izinkan / allow. Lihat gambar di bawah ini. Kemudian ikuti dan isi biodata kita.
Baca Juga :  Apa Itu Bitcoin Dan Hukum Penggunaannya Dalam Kehidupan

  • Kemudian klik create account atau membuat akun seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

  • Saat diminta sekolah tempat kita mengajar, kita bisa memilih sekolah dimana kita mengajar. Jika belum tersedia, maka kita bisa membuatkan sekolah itu. Untuk membuatnya cukup klik I can’t find my school, lalu isi nama sekolah / universitas dan informasi lainnya yang di butuhkan).

lalu klik “set up my first class” untuk membuat kelas pertama kita.

  • Begitu sudah selesai, maka kita akan melihat tampilan seperti layaknya facebook. Iya, tampilannya sangat sederhana dan sangat eye catching tentunya. Untuk fitur fitur nya saya telah membahas nya pada artikel sebelumnya.
  • Cara membuat kelas di edmodo, kita bisa membuat kelas sebanyak mungkin menurut kebutuhan. Cara membuat nya, klik create a class pada sisi kiri, lalu isi nama kelas yang diinginkan.

  • Setiap membuat kelas, pastikan kita mengingat kode class/ group code nya. Bagikan kode tersebut kepada siswa agar nantinya siswa bisa membuat akun edmodo. Karena kalau tidak kita bagikan kode kelas kita, maka siswa akan sulit untuk mendaftar edmodo.
  • Untuk versi video nya silakan langsung klik video dibawah ini:

Note: mohon maaf banyak sekali “aaa” nya di video diatas. Maklum bukan Youtuber ^_^

Nah itu dia sepintas tentang bagaimana cara membuat kelas online di edmodo khusus untuk guru/dosen/trainer bahasa Inggris. Semoga bermanfaat, terutama bagi para pendidik yang ingin menadiri membuat kelas online. Tentunya banyak kekurangan dari edmodo nya sendiri. Untuk pilihan lainnya mungkin anda bisa mengecek Schoology atau Google Class. Silakan share dan komen untuk berdiskusi lebih lanjut.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.