Selasa, 19 November 2019
KesehatanSportsTechnology

Pengaruh Positif dan Dampak Negatif Bermain Mobile Legend Terhadap Kehidupan Gamers

Foto: www.thefoodxplorer.com

Mobile Legend (ML) adalah game android yang popular sejak 2016, walaupun mungkin pihak perusahaan Mooton memproduksi Mobile Legend jauh sebelum tahun itu dan hingga saat ini sudah di download lebih dari 100 juta orang. ML merupakan salah satu game android ber-genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) atau dengan kata lain dimana seluruh pemain nya harus online menggunakan smartphone masing-masing dan bertarung layaknya pertandingan bola.

Terdiri dari 5 pemain setiap group, mereka harus berjuang untuk menghancurkan Menara Utama (sering disebut Turret) yang di jaga oleh 5 pemain lawan. Disaat bersamaan, 5 pemain lawan juga akan berusaha untuk menghancurkan Menara lawannya juga.  Permainan akan dinyatakan menang jika satu group bisa menghancurkan Menara utama lawan.

ML sendiri memiliki banyak character (hero) yang terinspirasi dari karakter cerita-cerita legenda yang ada di dunia. Saat ini ML memiliki 2 hero dari Indonesia yaitu Gatot Kaca dan Kadita (Nyi Roro Kidul) dan selebih nya berasal dari Malaysia, Thailand, Jepang, China, Rusia, dan beberapa negara lainnya.

Nah, dikarenakan game ML ini sangat terkenal dan dengan user terbanyak, maka ada bijaknya jika kita membahas apa pengaruh positif dan dampak negatif bermain Mobile Legend. Berikut ulasan nya:

Foto: akanagi.com

Pengaruh Positif Bermain Mobile Legend

A. Kerjasama

Kebanyakan gamer ML mengatakan bermain ML akan meningkatkan skill kerjasama. Memang benar, pemain ML rata-rata bagus dalam bekerja sama saat mereka bermain. Namun sayang, skill kerjasama mereka tidak sepenuhnya bisa di aplikasi di dunia nyata. Contoh saja saat mereka memiliki tugas kelompok dari kampus, kebanyakan mereka

B. Mendapatkan Uang.

Mendapatkan uang dari main game? awalnya kita sulit untuk menerima kenyataan ini, namun begitulah keadaannya. Saat pemain ML merekam cara mereka bermain dan upload ke akun Youtube mereka, maka akan ada banyak pemain lain yang akan menonton. Jika subscriber nya banyak, maka iklan pun akan muncul di video yang di unggah, dan alhasil si pemain game ML barusan akan mendapatkan uang.

Baca Juga :  8 Situs dan Aplikasi Bermanfaat Bagi Pelajar Yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak hanya dari akun Youtube, jika mereka menang dalam tournament ML yang sering diadakan di kota-kota besar di Indonesia maka mereka juga akan mendapatkan uang. Perlu diketahui bersama bahwa ML sudah menjadi salah satu e-sport (electronic sport) yang sering diadakan tournament nya.

Itu saja untuk hal positif yang bisa di ambil dari ML. Akan tetapi, bermain mobile legend memiliki pengaruh negatif juga. Selanjutnya kita akan bahas hal negatif karena bermain mobile legend.

Dampak Negatif Bermain Mobile Legend

A. Keseringan Telat Tidur Malam Karena Mobile Legend (begadang)

Begadang saat bermain ML adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para ML-ers. Mereka mempunyai alasan kenapa bermain tengah malam, yaitu pemain yang bermain pada malam hari biasanya sudah memiliki skill yang sangat profesional sehingga mudah menang jika main pada malam hari. Oleh karenanya banyak yang begadang pada malam hari untuk main ML. Efek nya adalah mereka jarang bisa fokus di pagi hari karena kurang tidur. Kan kita manusia harus tidur 7 atau 8 jam sehari, sedangkan gamer ML akan kurang tidur nya.

B. Lupa Waktu

Selain begadang, kebanyakan gamer ML (tidak semua) suka lupa waktu. Hal ini dikarenakan mereka bermain disaat-saat istirahat mereka. Contoh, seorang mahasiswa baru saja keluar kuliah jam 12 siang, lalu bermain ML dan karena lagi main bareng (mabar) teman-teman mereka suka lupa waktu makan siang dan juga lupa waktu beribadah yang mana itu merupakan sebuah kewajiban.

Ada juga yang sudah parah, ia nya bermain game ML di dalam kelas saat dosen sedang membahas sesuatu yang penting. Di lain kesempatan, katakanlah di rumah, mungkin mereka bermain game saat anggota keluarga semua sedang bergotong royong membersihkan rumah, saat di panggil oleh orang tua, ia akan acuh dan terus bermain.

Baca Juga :  Review Asus Zenfone Max Pro M1: Handphone Tangguh Untuk Main Game Seharian

Game mobile legend ini sangat kecanduan dikarenakan saat kita sudah bermain kita tidak bisa sembarangan keluar dari arena pertandingan. Karena akan dikenakan pinalti oleh pihak ML dan berpengaruh besar kepada team yang sedang bertempur. Maka tidak heran banyak (walaupun tidak semua) yang lupa akan waktu saat bermain game ML.

Foto: Pixabay.com

C. Emosi Tidak Stabil

Saat bermain ML bisa saja di ganggu oleh adik atau teman, hal ini akan membuat kesal gamer ML. Di tambah lagi jika orang tua menyuruh ia untuk membantu orang tua untuk bekerja saat ia sedang seru-seru nya bermain ML. Ia akan bertambah kesal jika sudah di ganggu, dan kalah saat bermain game ML. Bintang pada Rank Mode nya akan berkurang.

Hal ini membuat emosi nya tidak stabil, sehingga ia akan suka marah-marah. Akan tetapi bagi gamer yang sudah dewasa, ia bisa mengendalikan emosi nya. Maksudnya, ia mengerti bahwa itu hanya game dan bisa dimainkan kapan-kapan lagi. Menang kalah itu hal biasa. Namun, kebanyakan para gamer ML-ers dari kalangan anak-anak SD, SMP, dan SMA yang masih labil dalam emosi nya.

Efek dari emosi tidak stabil ini menyebabkan ucapan gamer tersebut kasar dan mengeluarkan beberapa kata-kata ejekan yang mengatasnamakan binatang atau organ tubuh. Salah satu kedai kopi di Banda Aceh terpaksa tutup karena banyak nya gamer ML saat sedang mabar memaki-maki kawan nya dengan kata-kata kasar, binatang atau organ-organ tertentu terutama saat kalah. Sehingga pengunjung lain yang ingin santai minum kopi merasa sangat risih. Oleh karenanya edukasi dari para orang tua dan orang dewasa sangat dibutuhkan.

D. Asyik Sendiri

Seperti yang sudah kita ulas diatas, gamer ML yang sudah kecanduan akan suka menyendiri. Tidak peka dengan kehidupan sosial mereka. Mereka tidak mau gotong royong, enggan membantu orang tua, tidak begitu peduli dengan keadaan lingkungan nya.

Baca Juga :  5 Makanan Dalam Al-Quran Dan As-Sunnah Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

E. Kecanduan, Menyebabkan Kehilangan Uang Banyak

Saat seseorang sudah kecanduan tingkat akut untuk bermain mobile legend, ia akan rela menghabiskan banyak uang untuk membeli diamond (permata). Nah permata ini akan digunakan untuk membeli hero baru, skin-skin hero, emblem, dan berbagai item lainnya yang menunjang kekuatan hero nya saat bermain ML.

Seorang mahasiswa saya sudah menghabiskan uang jutaan hanya untuk game ML. Untungnya ia juga sudah bekerja, yaa mungkin tidak begitu bermasalah. Akan tetapi bagi mereka yang masih meminta uang jajan dari orang tua akan sangat kasihan sekali menghabiskan uang hanya untuk game ML.

Kesimpulannya.

Ada baiknya kita melihat pengaruh bermain mobile legend ini secara bijaksana. Sudah barang tentu jika bermain game sudah ketahap kecanduan, harus segera mawas diri. Bermain game hingga lupa waktu sungguh perbuatan yang sangat sia-sia. Ada baik nya digunakan untuk hal-hal positif seperti menggambar, berolah raga, belajar desain, dan bisa juga belajar membuat game.

Semoga artikel Pengaruh Positif dan Dampak Negatif Bermain Mobile Legend Terhadap Kehidupan Gamers bermanfaat dan membuka wawasan kita semuanya.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Editor & Writer
Sometimes I force myself to write something I dislike. Therefore I Learn.