Jumat, 22 November 2019
Travel

9 Negara Paling Aman di Dunia, Cocok Banget Untuk Traveller (2019)

Image : Pixabay

Dari Negara Islandia sampai dengan Republik Ceko, berikut saya akan memberikan daftar 9 negara paling aman di dunia tahun ini. Rangking ini  didapat dari situs Institute for Economics and Peace (IEP)  via Forbes.com, yang mana laporan negara teraman di dunia setiap tahun diterbitkan.

1. Islandia

Image : Pixabay

Islandian menduduki peringkat pertama sebagai Negara teraman di dunia tahun ini. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara ini memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km persegi, menjadikannya sebagai Negara dengan penduduk terjarang di Eropa. Ibukota dan kota terbesar Negara ini adalah Reykjavik. Reykjavik dan sekitarnya adalah tempat tinggal bagi dua pertiga populasi.

2. Denmark

Denmark
Image : Pixabay

Denmark menduduki posisi kedua sebagai Negara teraman di dunia tahun ini. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. 82% dari penduduk Denmark, dan 90.3% suku Denmark adalah pengikut gereja Lutheran. Pada tahun 2010, 548.000 orang (9.9% populasi Denmark) adalah imigran ataupun keturunannya. Mayoritasnya (54%) berasal dari Skandinavia atau belahan Eropa lain, sisanya berasal dari Negara-negara di Asia dan Afrika.

3. Austria

Austria
Image : Pixabay

Austria menduduki posisi ketiga sebagai Negara teraman di Dunia. Austria adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna. Austria terkenal dengan musik klasiknya.

Negara ini dahulu kala jauh lebih besar dan merupakan bagian dari kekaisaran Austria-Hongaria. Hampir tiga suku rakyat Austria beragama Katolik Roma. Lebih kurang 326.990 orang Austria beragama Islam (4%) dan 408.700 orang yang lain beragama Protestan. Orang Yahudi juga sudah lama menetap di Austria. Pada 1930, banyak orang Yahudi bermigrasi keluar dari Austria dan selebihnya dibunuh ketika Holocaust. Ini menyebabkan populasi orang Yahudi berkurang dari 100.000 menjadi antara 10.000 dan 20.000.

Baca Juga :  24 Tempat paling Indah di Dunia Seperti Surga Yang Kita Mimpikan

4. Swiss

Swiss
Image : Pixabay

Swiss menduduki posisi ke empat sebagai Negara teraman di Dunia. Swiss adalah negara federal berisi 26 kanton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein, dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerja sama internasional yang kuat. Terletak di pegunungan Alpen di Eropa barat-tengah dengan luas 41285 kilometer persegi (15940 sq mi). Populasinya sekitar 8 juta, dengan kepadatan penduduk rata-rata sekitar 195 orang per kilometer persegi (500 / mil persegi). Semakin ke selatan, penduduknya makin jarang seiring bertambah tingginya pegunungan. Kanton Graubünden yang terluas, yang terletak seluruhnya di Pegunungan Alpen, kepadatan penduduk hanya mencapai 27 / km² (70 / sq mi). oya Kanton berasal dari bahasa latin canto yang berarti “bagian dari suatu negara”.

5. Finlandia

Finlandia
Image : Pixabay

Finlandia menduduki posisi ke-lima sebagai Negara teraman di Dunia. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.

Tahun 2013, populasi Finlandia sekitar 5,5 juta jiwa dan mayoritas tinggal di kawasan selatan. Dari luas, negara ini menempati luasan kedelapan terbesar di Eropa dan negara yang memiliki kepadatan penduduk terendah di Uni Eropa. Finlandia adalah negara republik parlementer dengan pemerintah pusatnya di ibukota Helsinki, pemerintah lokal di 317 munisipalitas dan daerah otonomi Kepulauan Åland. Lebih dari 1,4 juta jiwa tinggal di kawasan Helsinki Raya, yang menghasilkan sepertiga produk domestik bruto negara. Kota besar lainnya adalah Tampere, Turku, Oulu, Jyväskylä, Lahti, dan Kuopio.

Baca Juga :  Inilah 5 Tempat Paling Indah Yang Harus Kamu Kunjungi Di Irlandia

6. Kanada

Kanada
Image : Pixabay

Kanada menduduki posisi keenam sebagai Negara Teraman di Dunia. Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas negara Kanada adalah 9.970.610 kilometer persegi. Kanada digolongkan sebagai negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia, meliputi sekitar 41% benua Amerika Utara. Kebanyakan wilayah Kanada terletak di daerah Arktik.

7. Japan

Jepang
Image : Pixabay

Japan  menduduki posisi ketujuh sebagai Negara teraman di Dunia. Hmmmm, kira-kira ada yang belum pernah dengar Negara japan ?, saya rasa tidak, apalagi penikmat anime pasti tahu dong Negara japan walaupun belum pernah pergi. Japan adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 sebagai Negara  berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

8. Australia

Australia
Image : Pixabay

Australia menduduki posisi ke-delapan sebagai Negara teraman di Dunia. Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetangga dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara. Jumlah penduduk Australia 22 juta dan Sebagian besar terduga Australia adalah keturunan dari pemukim zaman kolonial, dan imigran pasca-Federasi dari Eropa, dengan hampir 90% populasi adalah keturunan Eropa. Beberapa generasi, sebagian besar imigran berasal dari Kepulauan Britania, dan orang Australia utamanya adalah keturunan Inggris atau Irlandia. Dalam Sensus Australia 2006, moyang yang paling banyak adalah orang Australia (37,13%), diikuti oleh Inggris (32%), Irlandia (9%), Skotlandia (8%), Italia (4%), Jerman (4%), Tionghoa (3%), dan Yunani (2%).

Baca Juga :  5 Nama Tempat dan Desa Terpanjang di Dunia

9. Republik Ceko

Republik Ceko
Image : Pixabay

Republik Ceko menduduki posisi kesembilan sebagai Negara yang paling aman di Dunia. Negara yang memiliki populasi 10.538.275 jiwa ini adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan.

Itu dia 9 Negara Paling Aman di Dunia, Cocok Banget Untuk Traveller (2019), semoga artikel ini bisa membantu pembaca sebagai referensi untuk melakukan travel, jangan lupa di share yak.

Nurul Arifin
the authorNurul Arifin
Admin & Writer
Only I can change my life. No one can do it for me.