Jumat, 23 Agustus 2019
Life StyleTravel

Coba 9 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

9 Cara Ini Ampuh Hilangkan lelah & Semangat Beraktivitas Esok Hari

Salam semuanya guys… ini hari terakhir liburan akhir tahun yang pastinya sangat menyenangkan, banyak dari kita tidak mau menyia-nyiakan moment liburan ini dan menutup akhir tahun 2017 dengan kesan tak terlupakan di hidup kita. ok… setelah pulang dari liburan mari kita hilangkan keluhan yang satu ini yaitu “LELAH” dalam bentuk pegel-pegel badan, pusing diikuti dengan isi dompet yang menipis hihihi, ditambah dengan cucian kotor yang menggunung. ^_^ yukkkk kita terapkan 9 cara di bawah ini yang ampuh menghilangkan LELAH setelah liburan panjang, sehingga semangat kembali untuk aktivitas esok hari.

1) Mandi Dengan Air Hangat

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Mandi adalah kebutuhan sehari-hari kita untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran. ternyata mandi dengan air hangat sangat banyak manfaatnya loh…terutama ketika kondisi otot-otot badan sedang kaku. mandi dengan air hangat membuat pori-pori kulit terbuka / lembab sehingga kulit menjadi tampak segar dan tidak kering, air hangat juga dapat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dengan kotoran sehingga lebih bersih. Manfaat mandi dengan air hangat lainnya ialah dapat melancarkan peredaran darah, meredakan penyakit batuk jika sedang diserang batuk, menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes, ada juga yang bilang bagus untuk jantung kita, mengurangi penyakit insomnia jadi lebih nyenyak tidur kita dan yang terpenting bagi kita setelah liburan adalah bisa melemaskan otot yang kaku sehingga terhindar dari kram otot.

namun jangan terlalu sering mandi dengan air hangat ya karena selain banyak manfaat tapi ada juga dampak negatifnya seperti mudah tumbuh jerawat, menurunkan kualitas sperma, dan bahaya loh buat janin jadi ibu hamil jangan sering mandi air hangat ya atau kalau bisa bisa diatur suhu air hangat yang rendah saja. jadi kita bisa redakan dengan menyiram segayung air biasa atau dingin untuk menutup pori-pori. semoga menjadi lebih segarrrrrrr ya guys…^_^

2) Lakukan Pijatan

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

cara yang satu ini juga penting, karena ampuh sekali menghilangkan lelah dan membuat badan terasa lebih nyaman, bagi yang sudah menikah  lebih asyik kalau yang memijat suami atau istrinya ^_^ heheheh lebih romantis juga kan, namun kalau tidak sanggup lagi  ya gunakan kursi pemijat atau panggil tukang urut heheh tapi pijitannya tidak usah terlalu keras ya..pijitan yang ringan saja. menurut para praktisi pijat, pijat bermanfaat bagi fisik dan piskologis kita loh.. manfaat bagi fisik yaitu  mengatifkan saraf yang ada dikulit dan mengantarkan rangsangan ke otak sehingga mengeluarkan hormon endorfin untuk memberikan sensasi rileks ke seluruh tubuh. sedangkan secara psikologis, pijatan merangsang tubuh melepaskan hormon pereda nyeri yang menyebabkan rasa bahagia dan bisa mengendalikan emosi.

3) Tidur Lebih Awal

Cara Mengatasi Stress

Ajak diri sendiri dan keluarga untuk istirahat / tidur lebih awal dan jangan lupa mengaktifkan alarm untuk besok pagi ya ^_^ setelah mandi dengan air hangat dan pijatan ringan pastinya tubuh akan meminta untuk langsung tidur hehehe..pasti akan nyenyak sekali jadi jangan asyik main hp lagi ya hehehe cek sosial medianya besok aja lagi.

Saya menyarankan ini karena banyak manfaatnya dan sudah saya terapkan sendiri, beberapa manfaatnya seperti bangun dengan keadaan bugar, lebih berenergi, tidur lebih pulas, dan bisa untuk obat diet karena tidak merasa lapar lagi sehingga tidak perlu makan malam (diatas jam 21.00 WIB) ^^

4) Lakukan peregangan otot-otot tubuh saat bangun tidur

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Ini hanya langkah /cara setelah bangun tidur, berbeda dengan pijatan pada poin diatas. cara ini bisa kita lakukan untuk pengganti olah raga jadi cocok bagi yang tidak sempat olah raga. peregangan otot-otot tubuh saat bangun tidur seperti membuat gerakan mengangguk kepala kebawah dan keatas, menggelengkan kepala kiri dan kanan, memutar kepala kira dan kanan, mengayunkan bahu keatas dan kebawah, lakukan 4-12 kali. atau bisa ganti dengan gerakan olah raga ringan. ini bermanfaat untuk membuat otot lebih lemas dan tidka kaku.

5) Jangan lupa senyum

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Cara ini juga penting ya !!! senyum membuat hari-hari kamu akan lebih menyenangkan, menumbuhkan sisi positif, dan bisa jadi sedekah/pemberian untuk orang lain. senyum tidak mesti ketika bertemu orang lain tapi kamu bisa senyum didepan kaca hehehe senyum untuk diri sendiri. dan yakinkan diri kamu bahwa hari ini akan lebih bahagia dan beruntung dari hari kemarin.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Stress Zaman Now

6) Buatkan Secangkir Minuman Hangat

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Minuman hangat dapat mengencangkan usus sehingga membantu pencernaan, minum air putih hangat saat bangun tidur (kondisi perut kosong) dapat mencegah penuaan dini, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi rasa sakit bagi yang sedang menstruasi karena melemaskan otot perut sehingga mengurangi rasa nyeri.

Kemudian saat sarapan kamu bisa buatkan secangkir teh hangat, kopi hangat atau coklat hangat. hmmmmm sangat enak dan nambah good mood kamu kan..^_^

7) Dengarkan musik yang kamu suka (hindari musik yang melow) di pagi hari

Cara Mengatasi Stress

Musik yang kita dengar dapat menggerakkan emosi. jika saya lebih suka musik yang bersemangat untuk didengarkan dipagi hari. Beberapa para ilmiah sudah menemukan bahwa musik bisa memberikan efek yang nyata bagi bagian otak seperti memori dan visual. jadi bisa meningkatkan mood dan suasana hati, membantu lebih fokus,  dan melepaskan stres.

8) Fikirkan hal-hal yang positif sedang menunggu Anda

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Jika semua cara diatas sudah kita lakukan, baiknya sambil bergegas atau menyiapakan sesuatu,  kita pun harus memikirkan hal-hal yang positif sedang menunggu kita hari ini. jangan biarkan mood kamu berubah dengan adanya fikiran negatif yang mengganggu. rileks, dan enjoy aja ya.

9) Rencanakan Kembali Tabungan Liburan Anda (Saving Money)

Cara Menghilangkan Lelah Setelah Liburan Panjang

Nah….ini cara terakhir yang penulis anjurkan. untuk menghargai diri sendiri atau ada yang ingin membuat orang tercinta bahagia baiknya pintar-pintar lah dalam mengelola keuangan, gunakan tabungan khusus untuk berjalan-jalan atau gunakan liburan dengan budget yang sudah kita tabung. jadi mulailah rencanakan kembali tabungan liburan anda untuk liburan berikutnya. jangan lupa langsung pilih tempat dan budgetnya ya ^_^

Irawati Ilyas
the authorIrawati Ilyas
writer