Tuesday, December 11, 2018
InspirasiTravel

Fakta Unik Burj Khalifa – Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung yang terinspirasi dari sebuah bunga

Siapa yang tidak tahu gedung tertinggi di dunia saat ini (2010 – 2017; sekarang)? tentu semuanya sudah tahu bahwa Burj Kalifa adalah gedung tertinggi yang sudah memecahkan rekor dunia. Gedung yang memiliki tinggi kurang lebih 828 meter juga memiliki lift dengan jarak tempuh terpanjang di dunia. Tentu saja Buj Kalifa memiliki banyak lantai sehingga dapat memberikan pelayanan lift tertinggi di dunia  pula.  Selain fakta-fakta tersebut, ternyata Burj Kalifa memiliki dek observasi tertinggi di dunia. Serta lengkap sudah rekor yang dimiliki oleh Burj Kalifa dengan lantai diduduki (di huni) tertinggi di dunia. Luar biasa bukan?

Perbandingan gedung-gedung tertinggi di dunia

Gedung Burj Kahlifa ini di beri nama oleh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab. Pembangunan gedung Burj Kalifa ini di mulai pada tahun 2004 hingga selesai pada tahun 2010. Bill Baker adalah seorang arsitek di balik pembangunan gedung tertinggi di dunia tersebut. Dengan segala kerendahan hati nya ia mengatakan bukan karena ketinggian dari gedung itu yang membuat nya menarik untuk membangun gedung tersebut, dan ia pun berharap rekor gedung tertinggi bisa terpecahkan oleh gedung yang lebih tinggi lagi di kemudian hari nya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mencoba menguraikan lebih banyak fakta unik yang dimiliki oleh Burj kalifa. Berikut sedikit penelusuran kami tentang gedung tertinggi di dunia ini.

  1.  Seperti yang sudah di uraikan di atas bahwa ketinggian Burj Khalifa mencapai 828 meter  atau dengan kata lain sekitan 2.716,5 kaki yang berdiri tegak di kota Dubai. Jika di bandingkan dengan menara Eiffel, maka tingginya adalah 3 kali lebih tinggi dari menara Eiffel dan dua kali lebih tinggi daripada Empire State Building.
  2. Berat beton gedung yang satu ini setara dengan 100.000 gajah. Kemudian berat total aluminium yang digunakan pada gedung Burj Khalifa setara dengan lima pesawat A380.
  3. Membutuhkan air sekitar 15 juta galon setiap tahun nya.
  4. Lift di Burj Kalifa bisa mencapai lantai ke-140, dan ini merupakan lift dengan jarak tempuh terjauh. Untuk kecepatannya bisa mencapai 10 meter per detik sehingga tidak heran jika lift ini merupakan lift yang tercepat di dunia. Dibutuhkan waktu hanya sekitar satu menit untuk tiba pada dek observasi yaitu di lantai 124. Menakjubkan bukan?
  5. Dari Burj Khalifa kita dapat melihat daratan hingga sampai 95 kilometer jauhnya.
  6. Pada puncak tahap pembangunan Burj Kalifa, ada berkisar 12.000 pekerja yang bekerja untuk membangun gedung tersebut setiap hari nya.
  7. Dibutuhkan lebih dari 110.000 ton beton, 55.000 ton baja, dan butuh berkisar 22 juta jam untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini.
  8. Penggalian pondasi gedung ini dimulai pada bulan Januari di tahun 2004. Setelah 6 tahun kemudian, Burj Khalifa resmi di buka, tepatnya pada bulan Januari tahun 2010.
  9. Gedung Burj Khalifa terinspirasi dari bunga Hymenocallis.
Photo bunga Hymenocallis

Nah itu dia beberapa fakta unik tentang Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia. Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Writer
Amateur writer who always love learning about language, culture, photography, Aceh traditional dance and kindness.