Thursday, November 15, 2018
BudayaHumorTravel

5 Nama Tempat dan Desa Terpanjang di Dunia

Bahkan Lidah pun Harus Pandai Bersilat Untuk Mengucapkannya

Pernahkah kita membayangkan ada desa atau sebuah tempat yang memiliki nama yang cukup panjang? Ternyata usut punya usut ada banyak nama-nama  desa yang memiliki nama terpanjang di dunia. Jangankan untuk mengucapkannya, untuk mengejanya saja membutuhkan “energi” yang sangat besar sekali.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa nama desa atau kampung terpanjang di dunia. Kita akan mulai dari yang terpanjang hingga yang tidak begitu panjang, akan tetapi tetap aja panjang sih hehehe. Penasaran? Mari simak di bawah ini.

Taumata

Atau dengan nama yang panjangnya: Taumatawhakatangi­hangakoauauotamatea­turipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu. Berkisar 85 huruf, iya begitulah nama tempat yang terpanjang di dunia ini. Nama tempat ini diambil langsung dari bahasa Māori, dalam bahasa Inggris berarti  “The summit where Tamatea, the man with the big knees, the climber of mountains, the land-swallower who travelled about, played his nose flute to his loved one”. Taumata adalah sebutan versi pendek dari nama tempat ini.

Tempat ini tidak memiliki sesuatu yang istimewa,  hanya sebuah papan nama tempat tersebut dan sabana yang sedikit berbukitan. Yes, nothing to do right there. Tempat ini berlokasi di North Island, New Zealand, tidak begitu jauh dari Indonesia tentunya.  Sebagai informasi tempat ini sudah tercatat sebagai  Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia secara ofisial tentunya.

Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch

Foto from Youtube

Llanfair adalah sebuah desa besar nan indah yang terletak di pulau Anglesey di Wales. Nama desa ini juga sering di kenal dengan sebutan Llanfair PG. Awalnya nama panjang dari desa ini di berikan sebagai bentuk promosi saja pada tahun 1860 an. Bentuk panjang dari nama desa ini adalah: “Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch” yang mana kita akan kesulitan dalam mengucapkannya. Bentuk panjang dari nama desa ini terdiri dari 58 huruf, yang terjemahan bahasa Inggrisnya  “Saint Mary’s Church in a hollow of white hazel near the rapid whirlpool of the church of Saint Tysilio with a red cave”. Di sana orang-orang menggunakan bahasa Wales, dengan suasana yang sejuk serta bersih, desa ini cukup asyik untuk di kunjungi di saat liburan anda. Jika anda ingin ke Eropa, pastikan anda berkunjung ke tempat ini. Untuk video nya silakan check via you tube di sini.

 

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagung-amaugg

 

Nama tempat yang satu ini adalah sebuah nama danau di Amerika Serikat. Terdiri dari 45 huruf,  “Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg” berasal dari bahasa Algonquian, Nipmuc salah satu suku (penduduk) asli di Amerika Serikat yang dalam bahasa Inggris nya “Fishing Place at the Boundaries — Neutral Meeting Grounds”.  Uniknya, ada pula yang memberi terjemahan yang bersifat humor yaitu “You fish on your side, I’ll fish on my side, and nobody fish in the middle”. Sekarang, danau ini lebih di kenal dengan sebutan danau Webster.

 

Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein

Tempat yang ke empat ini memiliki 44 huruf yang berlokasi di North West, Afrika Selatan. Merupakan nama tempat terpanjang yang ada di Afrika. Dari banyak yang review di google map, tempat ini hanya jalan yang berlumpur dan tidak memiliki apapun kecuali ladang. Tidak ada tanda-tanda, tidak ada sesuatu yang special untuk di lakukan, namun kita hanya bisa melihat sebuah ladang yang luas.  Terjemahan dari “Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein” dalam bahasa Inggris nya “Two-Buffalos-Shot-Totally-

Baca Juga :  Tips Menjalankan Puasa Dengan Aktivitas dan Pilihan Makanan Sehat

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä

Terdiri dari 35 huruf dan merupakan nama tempat yang berlokasi di Finlandia. Nama tempat ini tidak memiliki arti tersendiri dan tidak di ketahui persis berasal dari mana. Äteritsiputeritsipuolilautatsi – baari di lain sisi merupakan sebuah nama bar di Finlandia.

Menurut rumor, pemilik bar ini ingin mendaftarkan nama bar nya, namun sudah tidak tersedia lagi.  Ia juga mencoba menggabungkan dua nama bar tersebut akan tetapi sudah dimiliki oleh bar lain. Karena frustasi, si pemilik tersebut mendaftarkan nama pub tersebut dengan nama yang dia yakin tidak ada seorang pun tahu artinya. Akhirnya bar ini memiliki nama tempat yang panjang di Finlandia dan akhirnya tutup pada tahun 2006. Sumber bisa di lihat dari alchetron.com.

Nah itu dia 5 nama tempat terpanjang di dunia versi beuget.com pada kali ini. Cukup menginspirasi bukan? Jika teman-teman ingin menciptakan nama tempat yang panjang di Indonesia, seperti nya bisa di coba tuh. Selain menjadi nama tempat yang unik, tentu akan mengundang pengunjung ke daerah kamu.

 

Dzulgunar M. Nasir
the authorDzulgunar M. Nasir
Writer
Amateur writer who always love learning about language, culture, photography, Aceh traditional dance and kindness.